Doc yg Dibutuhkan-->Re: S2 Taiwan: Beasiswa Rp 10.5 juta/Bulan

  • Ivanna Huang
    Message 1 of 4 , Feb 3, 2009
      Hi EM-ers:

      Menjawab semua pertanyaan member di email pribadi tentang S2 di
      Taiwan beserta beasiswanya. Dokumen harus disiapkan sebelum 12
      Februari 2009.

      Ada 2 proses untuk ambil S1 atau S2 di NTU Taiwan (Univ nomor 1 di
      Taiwan-peringkat 124 dunia (versi Times 2008):

      1. Daftar BEASISWA (optional).
      2. Daftar S1 atau S2.

      Berikut penjelasan di bawah.

      BEASISWA (terbuka untuk mendaftar ke semua univ di Taiwan. Boleh
      apply, boleh tidak)

      Untuk sekolah di Taiwan, pemerintah Taiwan bisa membantu beasiswa
      bagi siswa Indonesia. Anda boleh memanfaatkannya atau tidak.
      Beasiswanya cukup besar, NTD 30,000 (Rp 10.5 juta) per bulan.
      Sebagai perbandingan saja, biaya makan di Taiwan hanya sekitar NTD
      8,000 (Rp 2.8 juta) per bulan. Keputusan beasiswa diterima/tidak
      berada di tangan pemerintah Taiwan.

      Dokumen-dokumen yang dibutuhkan untuk pengajuan beasiswa di NTU:

      1. Siapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan untuk pendaftaran sekolah
      (baca di bawah).
      2. Taiwan Scholarship Application Form (formulir ambil di Everyday
      Mandarin/EM).
      3. Fotokopi application form universitas tujuan (ambil di EM).
      4. Fotokopi paspor dan KTP.
      5. Fotokopi CV (harus dalam bahasa Inggris dan Indonesia).
      6. Fotokopi kartu keluarga.
      7. Fotokopi ijasah dan transkip nilai pendidikan terakhir.
      8. Fotokopi sertifikat TOEFL Inggris (hanya untuk mendaftar beasiswa
      saja).
      9. Fotokopi surat rekomendasi (minimal 2, contoh ambil di EM).
      10.Service fee pengurusan beasiswa: Rp 1 juta.

      Semua dokumen di atas paling telat diterima tanggal 5 Maret 2009.

      Semua dokumen dibawa atau dikirim via TIKI ke:
      Everyday Mandarin (EM)
      Jl. Pangeran Jayakarta Blok 129 No. C-40 (seberang Hotel Wiltop)
      Jakarta 10730
      Tel: 021-685 99100
      Attn: Ms Andri
      Email: info@...

      S1 atau S2 di NTU (Taiwan)

      Dokumen-dokumen yang dibutuhkan untuk pendaftaran S1/S2 di Taiwan
      (tidak butuh TOEFL):

      1. Check list.

      2. Tiga application form (ambil di EM).

      3. Dua fotokopi ijazah asli.
      • Pendaftar program S1: lampirkan ijazah SMA.
      • Pendaftar program Master (S2): lampirkan ijazah S1.

      4. Dua terjemahan ijazah yang dilegalisir oleh Kadin Taiwan (info
      legalisir di EM).

      5. Dua fotokopi transkrip nilai atau raport asli yang dilegalisir
      oleh sekolah.
      • Pendaftar program S1: lampirkan raport SMA.
      • Pendaftar program Master (S2): lampirkan transkrip nilai S1.

      6. Dua terjemahan transkrip nilai atau raport yang dilegalisir oleh
      Kadin Taiwan (info legalisir di EM).

      7. Satu surat study plan (format bisa ambil di EM).

      8. Dua surat rekomendasi. Satu dari EM dan 1 lagi dari guru/bos Anda
      (format surat rekomendasi NTU resmi ambil di EM).

      9. Syarat tambahan dari masing-masing jurusan.
      Siswa bisa memberi tahu kami jurusan yang ingin diambil, kami akan
      memberi tahu syarat tambahannya.

      10. Dokumen referensi lain.
      Misal: Anda punya penghargaan apa, prestasi apa. Bisa dilampirkan.

      11. Financial statement.
      Fotokopi tabungan/deposito 3 bulan terakhir (Desember s/d Februari
      2009) dengan saldo rata-rata minimal Rp 105 juta/bulan. Dilampirkan
      surat referensi bank dalam bahasa Inggris (contoh surat ambil di
      EM). Jika tabungan adalah milik orang tua atau saudara lain,
      lampirkan Declaration from the Guarantor (contoh surat ambil di EM).

      12. Declaration form (surat pernyataan siswa).
      Surat pernyataan ambil di EM.

      13. Authorization form.
      Surat pernyataan ambil di EM.

      14. Application fee (non-refundable).
      NTD 1,500 atau USD 60.

      15. Satu fotokopi paspor bagian foto.

      16. Service fee: Rp 2 juta.

      17. Daftar prioritas.
      Ini hanya untuk siswa yang ingin mengambil lebih dari 1 jurusan.
      Anda diharuskan mengisi daftar prioritas jurusan mana yang lebih
      Anda harapkan. Contoh surat ambil di EM.

      Bagi yang tertarik mendaftar, Anda harus menyiapkan dokumen nomor
      3,4,5,6, 14, 15, dan 16 di atas paling telat tanggal 12 Februari
      2009 dan dibawa/kirim ke EM.

      Sisa dokumen lain diserahkan pada tanggal 2 Maret 2009.

[...]

      Bagi yang mendaftar, mohon isi formulir pendaftaran di bawah dan
      kirim ke: info@...

      - Nama (sesuai paspor):
      - Alamat rumah:
      - Email:
      - Telepon rumah:
      - HP:
      - Nama penjamin keuangan selama di Taiwan:
      - Hubungan dengan siswa:
      - Anda ingin ambil: S1 atau S2 (pilih salah satu)
      - Jurusan yang ingin diambil:

      - Education background:
      Nama SMA:
      Sejak _________________ s/d _________________
      Tahun kelulusan:
      Jurusan:
      Kota:

      Nama Universitas:
      Sejak _________________ s/d _________________
      Tahun kelulusan:
      Jurusan:
      Kota:

      p.s Anda yang lulusan S1 tetap diwajibkan mengisi nama SMA.

      Kemampuan bahasa Mandarin Anda (pilih Excellent, Good, Fair, Poor):
      - Mendengar:
      - Berbicara:
      - Membaca:
      - Menulis:

      Nama tes/ujian Mandarin yang pernah Anda ikuti:
      Nilai tes:

      Informasi hubungi info@... atau telepon 021-685
      99100.

      Best regards,
      Ivanna Huang

      --- In everydaymandarin@yahoogroups.com, "Alfonso" <degaan36@...>
      wrote:

      > Apa yang membuat Taiwan -negeri di timur Samudera Pasifik yang
      dijuluki Negeri Formosa (bahasa Portugis: Indah)- menjadi salah satu
      tujuan belajar Mandarin atau kuliah?

      > 1. Intonasi Mandarin yang enak didengar (telah diakui oleh banyak
      Tionghua di Indonesia kepada saya).
      > 2. Negara yang aman, bersih, teratur, dan demokrat.
      > 3. Penghasil lagu dan film yang menyihir hampir semua orang di
      Asia Tenggara (bahkan tahun 2002/2003 lalu, Presiden Megawati dan
      Gubernur Jakarta, Sutiyoso pun tak ketinggalan menyambut pemain
      Meteor Garden itu).

      > Sekadar contoh kecil, pedagang kaki lima di Indonesia mencuci
      piring dengan air seember untuk berpuluh-puluh piring, sampai airnya
      keruh dan kental. Di Taiwan, pedagang kaki lima diwajibkan
      menggunakan air ledeng yang mengalir untuk mencuci piring.

      > Di Indonesia, kita gampang menemukan tetesan air AC yang menetes
      dari gedung lantai 3 langsung ke lantai 1. Malah kadang menetes di
      kepala kita.:) Di Taiwan, gedung seperti itu akan ditilang polisi
      karena dulu tetesan air itu pernah membuat orang terpeleset sampai
      meninggal.

      > Siswa asing (dari Indonesia) yang ingin sekolah/kuliah di Taiwan
      > bisa memilih 2 status ini:
      > 1. Overseas Chinese, atau
      > 2. International Student
      >
      > Mana yang lebih baik?
      >
      > Pada 10 Jan 2009, Percy Lin mengatakan lebih baik siswa asing
      sekolah di Taiwan menggunakan status International Student. Percy
      Lin adalah International Student Advisor dari National Taiwan
      University (NTU), yang merupakan universitas nomor 1 di Taiwan dan
      nomor 124 dunia pada tahun 2008.

      > Keunggulan status International Student adalah:
      > 1. Lebih diprioritas oleh pemerintah Taiwan
      > 2. Bisa mengajukan beasiswa sebesar NTD 30,000 (Rp 10.5 juta) per
      bulan yang ditawarkan oleh (khusus untuk masuk S2):
> [...]
      > belajar Mandarin di Taiwan).
      >

      > BIAYA SEKOLAH (ket: NTD 1 = Rp 350):
      >
      > 1. Program S1 (Total 4 tahun = 8 semester)-->Belajar Mandarin dulu
      > Biaya sekolah = NTD 25,230-31,050 per semester
      > Biaya tinggal = NTD 6,100-10,200 per semester
      > Biaya makan = NTD 10,000 per bulan
      >
      > 2. Program S2 (Total 2 tahun = 4 semester)-->Mandarin tidak
      dibutuhkan
      > Biaya sekolah = NTD 25,640-31,180 per semester
      > Biaya tinggal = NTD 6,100-10,200 per semester
      > Biaya makan = NTD 10,000 per bulan
      >
      > Total pengeluaran (sekolah, makan, dan tinggal) per semester tidak
      sampai Rp 35 juta. Siswa bisa bekerja saat di Taiwan.

      > Tanggal terakhir pendaftaran di NTU: 13 Maret 2009.
      >
      > Tidak bisa Mandarin tidak akan membuat Anda jadi miskin. Tapi,
      bisa Mandarin akan membuat Anda makin kaya.

      > Setuju?
      >
      > Pendaftaran: www.everydaymandarin.com
      > Tel: 021-685 99100
    • Anita Wijaya
      Message 2 of 4 , Apr 22, 2009
        Berikut jawaban dari Anita Wijaya, Irma Limena, Astina Liu, Huang Jiafen.

        祝你们新婚幸福,白头偕老,早生贵子...

        ---------

        From: irma limena <irma_limena@...>

        ini ada beberapa kata untuk ngucapin selamat menikah ^^

        祝你们新婚快乐!
        zhù nǐ mén xīn hūn kuài lè !
        Congratulations on your marriage!

        祝你们白头到老!
        zhù nǐ mén bái tóu dào lǎo !
        Wish you a happy and lasting marriage!

        祝你们幸福!
        zhù nǐ mén xìng fú !
        Wish you a happy life!

        ----------
        From: Astina Liu <saddha77@...>

        Ada beberapa pilihan nih :

        美满良缘 mei man liang yuan= perkawinan bahagia

        新婚志喜 xin hun zhi xi = pengantin baru bahagia

        百年好合 bai nian hao he = harmonis selamanya

        白头偕老 bai tou xie lao = suami istri bahagia selamanya.

        salam,
        tina

        --------
        From: "jiafen_huang" <jiafen_huang@...>

        Buat Alex Bong, biasanya untuk ucapin selamat pada pernikahan ada beberapa ini adalah sebagiannya:
        1.bai nian hao he
        2.yong jie tong xin

        Message 3 of 4 , Apr 22, 2009
          Dear all member milist,Tolong bagi info dong, kata2 untuk ucapin selamat buat orang married dalam bahasa Mandarin itu seperti apa ya?ThanksAlex Bong