Re: [everydaymandarin] sharing neh.....

  • Arya Putra Sunjaya
    Message 1 of 34 , Sep 30, 2008
      Saya sih setuju banget ama bung toy kurniawan, klo menurut saya sih yg penting tuh (kalo mau survive in china)ya cm speaking ama reading. makanya dulu pas aku sekul bahasa di beijing, prioritas saya spt ini nih:

      1st = speaking
      perbanyak kosa kata dan kalo blm menguasai grammar yg baik, asal omong aja pake grammar indo boleh, karena mostly grammar yg simple2 tuh hampir kayak indo cth: kamu mau pergi kemana?=ni yao qu na li(na er)

      2nd = listening
      yang kedua paling penting tuh kudu ngerti dulu pembicaraan org sana. percuma kalo u isa ngomong tapi u ngga ngerti jawaban mereka ya kan?:P lu bayangin aja u tanya jalan trus mereka jelasin ke kamu ehhh tyt u pasang tampang bloon en dengan innocentnya tanya "qing ni zai shuo yi bian?" (bisa tolong diulangi lagi?) kan bete tuh hahahahaha

      3rd = reading
      ini jugaga alah pentingnya apalagi kalo u tipe orang yg suka berpegian sendirian or berjiwa adventurous, kadang kan kalo mau subway or pesen makanan u kudu ngerti kan apa yg lo pesen, belum lagi u kudu baca signboard2 dijalan, jangan sampe u nyasar :P

      4th =  writing
      nah ini gue taruh paling belakangan soale sih menurut gue ga bgt penting, why?soalnya sekarang tuh uda jaman teknologi tinggi, hape2 sekarang uda bisa convert pinyin to hanzi, jadi selama u inget pinyinnya dan u tahu karakter mana yg u mau (this where the READING part comes handy) jadinya u ga perlu ngapalin strokes mandarin yg menjengkelkan itu hahahaha

      nah kalo merujuk pada surat sinta lucia, well i salut aja ama anda nona sinta. andaikan saya bisa mengopi sedikit saja ketekunan anda mempelajari shengdiao :P. karena menurut saya sih selama saya belajar bahasa di beijing, terkadang mereka pun kalo bicara antar teman sekota jg ga pake shengdiao, dan saya pun setelah belajar selama seminggu akhirnya saya menyerah.saya lepas pelajaran shengdiao, dan saya pun beralih menggunakan teknik bung tony, yaitu menggunakan kalmat penuh untuk mencegah terjadinya ambiguitas. en bukannya maksud saya untuk melecehkan anda, tapi ini ada kasus teman saya jg ada yg kelewat serius belajar sengdiao, akhirnya pas keluar makan dn dia pesan makan, sang pelayan sampe bingung dia tuh omong apa, i sih ama temen2 lain pada guyon bilang kalo dia ini belajar shengdiao kelewat serius sampe2 org chinanya sendiri pada ngga ngeh dia bilang apa.

      tp kalo anda memang serius belajar mandarin untuk karir seperti pembawa berita, or berkarir di china or mau menjdai pengajar bahasa china yg kompeten, kemampuan shengdiao ini mutlk harus dimiliki, malu2in banget gt lo kalo jadi guru bahasa tapi ngga apal shengdiao ato lebih parah lagi ngga isa mbedain or ngucapin shengdiao yg bener...^^

      ya uda sekian dulu input dari saya, semoga bermanfaat bagi anda2 sekalian dalam belajar bhs mandarin, dan saya mohon maaf sebesar besarnya apabila ada omongan saya yg "nyelekit"(menusuk hati)......xie xie

      Message 34 of 34 , Oct 6, 2008
        Dear all,

        Buat yang tahu/pernah join Toastmasters (www.toastmasters.org), saya dengar ada juga versi Mandarinnya di Jakarta.  Jadi modelnya persis seperti Toastmasters asli yang bahasa Inggris, hanya ini menggunakan bahasa Mandarin.  Saya tidak punya informasi lengkapnya, bagi yang pernah tau silakan dibagi yaa...

        salam,
        Sinta

        .