retur pembelian dan penjualan

  • bontot
    Message 1 of 2 , May 30, 2012
      aku perlu retur pembelian serta penjualan..
      tanks....
    • Bayu Nurcahyono
      Message 2 of 2 , Jun 1, 2012

        Mencoba mengais-ngais, sementara ini baru ini yang ada Pak ...

        ORDER PENJUALAN
        A.retur setelah barang diterima (status received)

        1. di tab kuantitas masukin jumlah barang yang mau diretur pada kolom kirim sekarang dg tanda minus
        2. posting penerimaan/pengeluaran barang lalu pilih kuantitas kirim sekarang maka status berubah jd open order dan jumlah yang diretur td akan ada di kolom sisa kirim

        3. kalo barang nya mau dikirim lg maka posting dr surat perintah muat, konfirmasi surat perintah muat --> yes kuantias jd picked, penerimaan/pengeluaran barang --> sampe status delivered --> posting tagihan

        4. kalo barang yg diretur ga mau dikirim lg pilih fungsi --> sisa kirim --> cancel quantity lalu posting tagihan barang

        B. retur setelah invoice
        1. fungsi --> buat nota retur --> isi jumlah yg mau di retur pada kolom kuantitas tanpa tanda minus --> ok
        maka pada lines akan terbentuk satu  baris dg kuantitas minus

        2.klik baris yg minus --> posting penerimaan/pengeluaran barang --> posting tagihan tukar faktur
        namun untuk tagihan blm berkurang maka harus di settle dulu oleh bagian finance
        caranya ke bank --> jurnal penerimaan --> isi customer nya --> fungsi settlement --> centang invoice plus dan minus --> close