PENJELASAN TENTANG TENSIS

  • Masrur Ch
    Message 1 of 1 , Jan 5, 2012
      Selamat jumpa teman-teman.

      Brikut adalah sedikit enlighten mengenai tesis. Mungkin ini berguna bagiteman-teman yang mash belajar bahasa Inggris. Mungkin ini juga bisa dijadikan sebagai alternative cara menerangkan tensis ke anak murid.
      Ulasan ini adalah bagian kecil dari bukiu READ, WRITE OR TRANSLATE, Bimbingan Praktis Menulis dan Menerjemahkan. Jika ingin memperoleh buku ini bisa dipesan melalui masrur_ch(et)yahoo(dot)com atau melalui HP. 081316661565. Buku dilengkapi dengan DVD yanmg berisi ratisan file-file audio bertranskrip untuk belajar listening dan speaking. Buku jiha dilengkapi CD ROM TOEFL

      TENSIS
      Tensis adalah perubahan bentuk (1) `Kata kerja' atau (2) `To Be' atau (3) `Kata Bantu' yang membentuk verb phrase yang berfungsi sebagai predicate karena adanya pengaruh dari perwaktuan (times) atau keberlangsungan pekerjaaan (aspect).
      Ada empat bentuk pokok perubahan predicate (verb/verb phrase) terkait dengan TENSIS. Berikut adalah bentuk-bentuk tensis.
      1. Simple Tense
      Secara garis besar tensis Simple Present ini menyatakan suatu kegiatan dan kondisi yang tidak terbatas WAKTUNYA. Ia mengekspresikan kegiatan rutin, berlaku terus menerus tanpa adanya informasi kapan kegiatan mulai dan kapan akan berakhirnya. Selain itu kalimat dengan tensis ini mengandung makna bahwa waktu kejadian (event) yang dimaksud oleh predicate dari kalimat tersebut masih dianggap nyata/pasti sampai saat ini (real condition now) atau akan menjadi kenyataan.
      - The story is very interesting
      - I live in Jakarta
      - He grumbles about everything every morning
      2. Present Perfect
      Tenses ini menunjukkan bahwa suatu kegiatan maupun kondisi atau situasi subject sudah terjadi. dan merupakan kebalikan dari belumterjadi. Prinsipnya hanya menjelaskan tentang "sudah" atau "belum"nya pekerjaan itu dikerjakan. Kalimat tidak dimaksudkan untuk menujukkan waktu terjadinya peristiwa atau stasus atau peristiwa itu, semata hanya menjelaskan bahwa hal itu telah terjadi dan itu masih dirasakan saat ini.
      - He has married (kapan menikahnya tidak penting)
      - I have had a house in Pamulang (kapan membelinya tidak penting)
      - The patient has been brought to hospital (kapan dibawanya tidak penting)
      3. Present Progressive
      Progressive tense ini digunakan untuk menunjukkan pekerjaan yang saat ini (waktu yang diacu) terjadi dan kita tahu bahwa aktifitas itu akan berakhir sewaktu-waktu nanti. Sehingga ia mengandung arti "untuk saat/sementara ini". Contoh:
      - I am living in Jakarta (ada lemunkinan besar nanti akan pindah)
      - He is grumbling about electrical bills of this month (nanti akan berhenti juga)
      - The company is producing electronic goods (mungkin nanti tidak lagi)
      4. Present Future.
      Tensis ini menunjukkan bentuk "akan" di mana pekerjaan akan dikerjakan di waktu tertentu di masa yang akan datang. (INGATUNTUK MENYATAKAN AAN TIDAK HANYA DENGAN BENTUK TENSIS INI.
      - The ministry will issue the regulation soon
      - The landlord will apply new regulation.

      Dari keempat bentuk itu, tiga tensis yang terakhir kadang-kadang DIKOMBINASIKAN satu dengan lainnya menjadi

      5. Perfect Progressive
      Tensis ini perpaduan antara no. Perfect Progressive digunakan untuk mengekspresikan telah mulai dilakukan namun belum selesai. Bisa juga untuk mengekspresikan lamanya pekerjaan (duration atau sejak kapan pekerjaan itu dimulai, biasanya diindikasikan dengan adanya for atau since. 'for' selalu diikuti dengan ungkapan yang menyatakan lamanya waktu, dan "since" untuk menunjukkan waktu dimulainya pekerjaan yang dimaksud oleh predicate. Contoh:
      - The team has been surveying the market for a week,
      - I have been waiting for you since Monday (a current activity)
      - The company has been producing the type since 2002
      6. Present Future Perfect
      Tensis ini menunjukkan bahwa suatu pekerjaan telah selesai dikerjakan pada suatu waktu di masa yang akan datang.
      - They will have left the Surabaya long before we get there.
      - By the time we come home, the employees will have finished their works.
      - They will have had their lunch before you finish the negotiation.
      7. Present Future Progressive
      Tensis ini menunjukkan bahwa sesuatu kondisi/aktifitas akan sedang terjadi di suatu saat nanti atau, kondisi/aktifitas memang biasanya terjadi, kondisi/aktifitas yang pasti akan terjadi di waktu dekat. Biasanya aktifitas-aktifitas itu sifatnya berdurasi panjang.
      - They will be leaving for London tomorrow Rencana pasti
      - She will be working on that book for a long time.
      - He will be having trouble with his teeth all his life.
      - What will you be doing tomorrow morning at ten?
      8. Present Future Perfect Progressive
      Tensis ini menunjukkan bahwa suatu pekerjaan telah sedang dikerjakan pada suatu waktu di masa yang akan datang. Dengan demikian pekerjaan itu belum selesai, tapi sudah sedang dikerjakan.
      - He will have been riding this motorbike to school for three years by his birthday next month.
      - I will have been living in Jativaringin for ten years by the end of this month.
      - This time next week I will have been flying to Moscow.
      Kedelapan bentuk ini dikatagorikan dengan BENTUK PRESENT TENSE. Ini ditunjukkan oleh kata kerja/to be atau kata bantu pertama setelah subject (Predicate-Initiating Words/PIW) yang berbentuk Present Tense atau bentuk Pertama (seperti "is, am, live, grumbles, has/have, will yang berbenuk present). Kata bantu atau to be lain setelah PIW akan disesuaikan denganya. Seperti kata kerja setelah kata bantu akan tetap menjadi bentuk pertama, to be atau kata kerja setelah have/has akan mengambil bentuk ke 3 (past participle)

      Kalau ada bentuk PRESET TENSE berarti kedelapan bentuk tersebut dapat dijadikan PAST TENSE, jika dimaksudkan untuk merujuk suatu status atau pekerjaan pada suatu waktu yang lampau/unreal,. Perubahan dari present tense ke past tense hanya terjadi pada kata kerja atau to be atau kata bantu pertama (Predicate-Initiating Words/PIW) yang pertama jatuh setelah subject. Penekanan bentuk past tense adalah pada lampaunya pekerjaan tersebut karenanya kalimat dalam katagori Past Tense selalu ada penunjuk waktu (time reference) yang mengacu ke masa lampau.
      1. Simple Past Tense
      - I went to Bandung - Megawati was Indonesian president. - I wrote this book last year.
      Kejadian "pergi ke Bandung", kondisi "menjadi presiden" dan kejadian "penulisan buku" tersebut sudah lewat dan tidak nyata (real) lagi maka digunakan bentu past tense pada predicatenya.
      - You were so lazy last week
      - That woman bought a new book this morning
      - The janitor cleaned the blackboard yesterday
      Perbedaannya dengan bentuk Presebt Perfect adalah pada bentuk ini hasil tindak diutamakan, bukan waktunya sementara bentuk somple past tense akan menekankan kepa kapan terjadi status dan kondisi atau kejadian yang dimaksud oleh predicate.
      2. Past Progressive
      Tensis ini menunjukkan peristiwa yang sedang berlangsung pada waktu khusus di masa lalu atau dua tindakan yang terjadi pada waktu yang sama, bersama-sama dengan Simple Past.
      - The kids were playing in the garden when it suddenly began to rain.
      - When I was practicing the guitar, the phone suddenly rang.
      - I tried to tell them the truth but they were not listening to me.
      3. Past Perfect
      Past perfect digunakan untuk mengekspresikan suatu kondisi yang terjadi atau menimpa di masa lampau. Penekanannya adalah pada kondisi sudah atau belum-nya suatu kejadian atau kondisi tersebut. Selain itu tensis ini juga digunakan dama reported speech dan conditional.
      - Rini had gone shopping when I came to her house.
      - I had had two children when you married.
      - The minister said that he had achieved the resolution on the problem.
      - If I had had much money, I wiould have buy the big house for my children.
      4. Past Future
      Past future digunakan untuk mengekspresikan niat atau kemauan di masa lampau yang saat itu belum terpenuhi. Contoh:
      - When you called me, I would go shopping.
      Namun tensis ini sering juga digunakan dalam reported speech, possible conditional dan kebiasaan di masa lampau. Contoh:
      - When I was child my family would travel in every summer.
      - He would always take his camera with him when he was young
      - He said that he would email us as soon as possible. (aslinya "eill email us ……)
      - If he knew our financial problem, he would transfer some money to us.
      5. Past Perfect Progressive
      Tensis ini biasanya digunakan untuk mengekspresikan lamanya suatu kondisi atau kejadian di masa lampau. Biasanya diikuti dengan since atau for.
      - Adinda had been waiting for you for an hour before you came
      - At the time he had been waiting for his girl friend for two hours before he decided to go.
      - Since seven o'clock in the morning she had been studying the subject before she gave up.
      6. Past Future Progressive
      Tensis lebih banyak digunakan untuk reported speech dan conditional
      - Jono said that he would be leaving to Bali that following day.
      - President said that he would be touring Europe next month.
      - If I took that jouney, I would be visiting that temple this morning.
      7. Past Future Perfect
      Pola ini digunakan dalam kalimat reported speech, atau dalam very impossible conditional kalimat.
      - The professor said that the contractor would have finished the project that month.
      - If they had not gone to the party last night, they would have been angry.
      - Boby said that the company would have produced enough product by the end of this month.
      8. Past Future Perfect Progressive
      Pola ini lebih banyak digunakan dalam reported speech atau very impossible conditional
      - By that time we should have been playing cards for four hours.
      - My boss said that I would have been traveling for twenty two days next Sunday.
      - He said that he would have been riding this motorbike to school for three years by his birthday.
      - I would have been living in Jativaringin for ten years if my grand father had not asked me to accompany him in Java

      Ingat bentuk past tense selalu memiliki time reference entah berbentuk kata frasa maupun anak kalimat yang menerangkan waktu.Nah dari situ, untuk memudahkan penje;asan, saya mengatakan TENSIS HANYA DUA.

      Lengkapnya lihat dalam table. Jika dalam postingan ini Tabel itu todak muncul, bisa hubungi langsung kami masrur_ch(et)yahoo(dot)com, untuk mendapatkannya. Jika ingin mendapatkan bukunya bisa juga menghubingi saya di alamat tersbut atau ke HP: 081316661565 / 081908954536

      EXERCISE
      Saya barusan saja ke ruang kantor kamu, tapi kamu tidak ada di tempat. Kata Joni teman kamu, kamu sedang makan siang bersama klien. Tadinya saya mau titip pesan melalui Joni, tapi nampaknya Joni sedang sibuk sekali menyiapkan berkas yang akan dikirimkan ke Suarabaya. Itu lho kita kan akan menyelenggarakan pameran di sana. Kata Joni pihak Surabaya sudah lama siap dengan segala hal yang menjadi tanggung jawabnya.
      Oh ya gini deh. Aku nanti malam tidak bisa datang ke acara pernikahan adikmu. Aku harus ke kampus. Aku harus konsultasi mengenai tesis saya. Kamu tahu kan saya sedang menulis skripsi. Dan harus sudah selesai bulan depan.
      Andaikan aku tidak sibuk dan fokus mengerjakannya semestinya bulan depan saya selesai, dan akhir tahun ini saya disudah wisuda. Ibu saya meminta saya harus sudah menikah tahun ini. Ibu saya sudah setuju aku menikah dengan Aniek. Tahu kan itu lho pacar saya yang sudah menjadi pacar saya selama lima tahun. Saya sendiri tidak keberatan menikah tahun depan. Aku sudah bekerja, aku sudah punya rumah. Dan aku telah membeli rumah sebelum saya kenal dengan pacar saya. Kini rumahku sudah direnovasi sehingga kini jauh lebih baik.Dan kata ibuku, semestinya saya sudah punya anak.
      Ibu saya akan segera menunaikan ibadah haji tahun ini. Katanya dia sudah menyiapkan segalanya bertahun-tahun dan tidak boleh gagal. Dan katanya bapaknya akan menyelesaikan segala uruasn Ibadah Haji itu minggu depan. Dan setelah dikarantina selama seminggu mereka akan segera terbang naik pesawat Garuda.

      Itu saja.
      Terima kasih.