Tujuan Pekan Urun Turun Emisi

  • Mujaya Hertadi
    Message 1 of 21 , Nov 12, 2001
      Tujuan Pekan Urun Turun Emisi

      Tujuan pelaksanaan Pekan Urun Turun Emisi adalah:
      1. Meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya
      pemeriksaan emisi dan perawatan kendaraan sebagai
      upaya untuk menurunkan tingkat pencemaran udara yang
      disebabkan oleh kendaraan bermotor di Jakarta dan
      sekitarnya.
      2. Menyiapkan masyarakat untuk menghadapi sistem
      pemeriksaan emisi dan perawatan yang akan diterapkan
      di Jakarta di masa yang akan datang.
      3. Meningkatkan kesiapan bengkel untuk melayani
      pemeriksaan emisi dan perawatan kendaraan.
      4. Sebagai ajang uji coba dari sistem pemeriksaan emisi
      dan perawatan yang akan diterapkan.
    • andi_rahmah
      Message 2 of 21 , Nov 12, 2001
        Saya ingin menyebarluaskan berita ini di lingkungan tempat tinggal saya.
        Kesulitan yang saya hadapi adalah adanya rumor yang menyatakan bahwa
        kegiatan ini "memaksa" pemilik mobil untuk menggunakan jasa di
        bengkel-bengkel yang mengikuti PUTE ini.
[...]

        dapatkan uji-emisi gratis di: bengkel Hangtuah - jl. rs fatmawati 33.h
        tel. 7695470, 7660323 & fax 7512193 - jakarta 12420

      • Mujaya Hertadi
        Message 3 of 21 , Nov 13, 2001
          At Tue Nov 13, 2001 12:18 pm, Andi Rahmah wrote:
> [...]
          >kegiatan ini "memaksa" pemilik mobil untuk menggunakan jasa di
          >bengkel-bengkel yang mengikuti PUTE ini.

          maaf !! pengertian "memaksa" disini apa ?

          sebab ... di Bengkel Hangtuah untuk setiap kendaraan yang telah selesai pekerjaan reparasi, servis atau perbaikan body/cat memang 'dipaksa' untuk melakukan uji emisi tanpa dipungut biaya apapun, dengan kata lain GRATIS.

          salam,
          mujaya hertadi
        • Mujaya Hertadi
          Message 4 of 21 , Nov 14, 2001

            Message 5 of 21 , Nov 14, 2001
              Maksudnya setelah ikut uji emisi...mesti ada beberapa perbaikan yang harus
              dilakukan. Apakah kalau ternyata emisi kendaraan tersebut buruk, kemudian
              ybs harus segera melakukan perawatan kendaraan pada bengkel tsb?

              Message 6 of 21 , Nov 14, 2001
                At 10:09 15/11/2001 +0700, andi_rahmah wrote:
                >Maksudnya setelah ikut uji emisi...mesti ada beberapa perbaikan yang harus
                >dilakukan. Apakah kalau ternyata emisi kendaraan tersebut buruk, kemudian
                >ybs harus segera melakukan perawatan kendaraan pada bengkel tsb?

                mestinya tidak harus ! untuk amannya, sebelum melakukan uji emisi menanyakan terlebih dahulu, jika 'emisi' kendaraannya diketahui melebihi persyaratan atau ketentuan yang ada, apa 'harus' dilakukan 'koreksi' di bengkel tersebut ..

                jika bengkel tersebut mengatakan 'HARUS', tinggalkan saja :-)

                salam,
                mujaya hertadi
              • Heru by way of Mujaya Hertadi
                Message 7 of 21 , Nov 14, 2001
                  Andi Rahmah,

                  jikalau memaksa pada rumor yang anda maksud adalah untuk perbaikan setelah kendaraan diperiksa/diuji emisinya..... ini tidak boleh! sebab apapun hasil uji emisi yang telah dilaksanakan adalah tanggung jawab pemilik kendaraan, jika emisinya memang jelek dan perlu perbaikan namun pemilik tidak menghendaki perbaikan... ya bengkel harus diterima ... jangan dipaksa untuk diperbaiki dong!

                  menurut keyakinan saya, "anda" sebagai pemilik kendaraan telah sadar akan kondisi kendaraan "anda" setelah mendapat penjelasan tentang hasil uji emisi yang telah dilakukan oleh teknisi bengkel terhadap mobil "anda", sehingga "anda" tahu akan bahayanya (terhadap mesin, kesehatan dan lingkungan) bila emisi gas buang kendaraan "anda" yang berlebihan terus anda biarkan, nah dari sinilah "anda" secara sadar merasa "terpaksa" untuk segera memperbaiki kendaraan "anda".

                  kalaupun memang ada pemaksaan secara terang-terangan, tolong diberitahukan kepada kami nama bengkel dan petugas/teknisi yang dimaksud memaksa tersebut, sehingga kami selaku tim kerja pelaksana PUTE IV bisa segera menindak lanjuti bengkel yang bersangkutan.

                  Andi Rahmah, anda tidak perlu khawatir untuk melakukan uji emisi dibengkel "terdaftar", pemeriksaan emisi kendaraan ibaratnya adalah pemeriksaan urine dari tubuh manusia, berbagai penyakit dalam tubuh manusia dapat dideteksi dari urine yang dikeluarkan. gangguan pada metabolisme tubuh akan mengakibatkan urine yang dikeluarkan berbeda komposisinya dibandingkan kondidi normal, dokter akan menganalisa kandungan urine dan mengetahui sakit yang diderita oleh tubuh manusia berdasarkan hasil pemeriksaan urine tersebut.

                  proses pembakaran dalam mesin akan menghasilkan sisa gas buang (emisi) yang bisa diperiksa/diukur dengan alat khusus, semua gangguan pada proses pembakaran akan menghasilkan gas buang yang berbeda dibanding kondisi normal, teknisi bengkel yang terlatih telah dapat menganalisa kondisi mesin berdasarkan komposisi gas buang yang telah diperiksa dan dapat pula memastikan tindakan apa yang mesti dilakukan terhadap mesin anda.

                  terimakasih atas kesediaan anda untuk menyebarluaskan berita PUTE ini pada lingkungan tempat tinggal anda, kami bangga dengan orang-orang seperti anda!

                  himbauan bagi pemilik kendaraan, bila memang hasil uji emisi kendaraan anda tidak memenuhi baku mutu ... sadar dong bahwa itu kewajiban anda untuk merawat kendaraan supaya emisi gas buangnya memenuhi baku mutu yang telah ditentukan, sehingga tidak terlalu mencemari lingkungan, bayangkan ... yang emsinya telah memenuhi baku mutu saja masih mencemari udara kita.... apalagi yang sudah melebihi baku mutu?!

                  udara punya kita semua bung.... kalau udara anda cemari dengan gas buang mobil anda... yang akan kena dampaknya adalah semuanya! ya semua makhluk hidup yang ada di Jakarta ini!! dan bahkan diseluruh dunia!!! dan perlu diingat juga bahwa yang hidup dibumi ini bukan hanya kita ... anak cucu kita akan mewarisai semuanya, tidakkah kita ingin memberikan yang terbaiok buat anak cucu (generasi) kita ?????

                  Salam.
                  Heru Sugiarto
                • Andi Rahmah
                  Message 8 of 21 , Nov 14, 2001
                    Terima kasih untuk sarannya. Saya akan menyebarluaskan informasi ini ke
                    teman-teman saya yang memiliki kendaraan pribadi. Saya sendiri tidak punya
                    mobil/kendaraan bermotor...dan Insya Allah saya akan terus bertahan untuk
                    tidak memilikinya. Saya penganut paham Sustainable Transportation:
                    Transportation for People...berjalan kaki, menggunakan sepeda untuk jarak
                    pendek atau menggunakan angkutan umum untuk perjalanan jauh
                    ;)...sehat...nggak mengotori lingkungan dan membahayakan keselamatan jiwa
                    orang lain.

                    Salam,

                    AR

[...]

                  • Ervin Listyawan, S.Kom
                    Message 9 of 21 , Nov 20, 2001
                      Uji Emisinya sendiri apakah memang gratis? Kalau gratis, apakah
                      mungkin bengkel mau melakukan kerjaan yg tidak dibayar/pada akhirnya
                      tidak menghasilkan?

                      Kalau ada yg mau, kira-kira di mana yg demikian?

                      Ttg Uji Emisi sendiri, kok selalu hanya pada saat idle, dan tidak
                      boleh digas, bukankah seharusnya pada saat idle dan pada cruising
                      (2500-3000 RPM), krn hasilnya bisa berbeda? Malah seharusnya kondisi
                      dg beban, misalnya AC on dan semua lampu dinyalakan dg mid RPM,
                      misalnya (simulasi load di jalan).

                      Regards,

                      Ervin L

                    • Donnie Kamarwan
                      Message 10 of 21 , Nov 20, 2001
                        >Uji Emisinya sendiri apakah memang gratis? Kalau gratis, apakah
                        >mungkin bengkel mau melakukan kerjaan yg tidak dibayar/pada akhirnya
                        >tidak menghasilkan?
                        >Kalau ada yg mau, kira-kira di mana yg demikian?

                        ada... di Bengkel Hangtuah, Jl. RS Fatmawati 33.H, Jakarta 12420.
                        dijamin gratis untuk uji emisinya dan walaupun kendaraan hanya uji emisi
                        saja, kita juga lakukan. Sebagai contoh, kita sudah pernah lakukan uji
                        emisi untuk armada milik Bank Muamalat dan TNT courier service. [Hanya saja
                        khusus kendaraan bensin, karena alat untuk diesel ndak punya].

> [...]
                        >(2500-3000 RPM), krn hasilnya bisa berbeda? Malah seharusnya kondisi
                        >dg beban, misalnya AC on dan semua lampu dinyalakan dg mid RPM,

                        Kalau tidak salah pengujian saat idle justru bisa didapat kondisi CO, CO2,
                        HC yang terjelek. Karena jika saat kendaraan di gas [RPM dinaikkan] sampai
                        tingkat RPM tertentu justru didapat kondisi campuran bahan bakar dan udara
                        yang terideal.
                        Dan lagi kondisi jalanan di Jakarta lebih didominasi kendaraan berjalan
                        idle, karena jalanan macet.
                        Demikian penjelasan saya, mungkin teman-teman yang lebih berpengalaman soal
                        uji emisi ada yang mau mengkoreksi atau nambahin..??

                        salam,
                        donnie

                        >Regards,
                        >Ervin L
                      • Heru
                        Message 11 of 21 , Nov 21, 2001
                          Message 12 of 21 , Nov 21, 2001
> [...]

                            emisi untuk armada milik Bank Muamalat dan TNT courier service. [Hanya saja
                            khusus kendaraan bensin, karena alat untuk diesel ndak punya].
                            OPEL NGAAK PUNYA PRODUK YANG DIESEL YA?

> [...]

                            yang terideal.
                            Dan lagi kondisi jalanan di Jakarta lebih didominasi kendaraan berjalan
                            BETULL JUGA !

                            Message 13 of 21 , Nov 21, 2001
                              At 15:36 21/11/2001 +0700, Heru wrote:
                              > OPEL NGAAK PUNYA PRODUK YANG DIESEL YA?

                              ada .. tapi tidak dipasarkan ke Indonesia :-)
                            • eriadrian@rocketmail.com
                              Message 14 of 21 , Nov 23, 2001
                                nimbrung nih.. baru join.

                                kalo masalah idle, emang bener bahwa emisi gak terbesar diperoleh
                                pada saat idle. Pada saat di gas, campuran udara-bb akan semakin
                                baik (lambda mendekati 1), jadi yang diambil adalah pada saat idle.

                                sekalian tanya nih, mengenai bengkel rujukan, apakah klasifikasi
                                bengkel2 sudah dilakukan di indonesia? dulu sih kalo enggak salah
                                ide awalnya itu ada klas A / B / C atau 1 / 2 / 3, di mana kategori
                                bengkel ditentukan dengan kelengkapan peralatan plus kesiapan tenaga
                                kerja.

                                Pernah studi banding segala ke swiss, jerman, etc. Tp yang jadi
                                masalah adalah mental orang indonesia itu masih terbentuk bahwa
                                pengujian emisi hanya u/ memperoleh surat tanda kendaraan (KIR)?
                                Kalo diliat KIR di jagakarsa misalnya, seru juga :)

                                Banyak faktor yang menyebabkan emisi di Indonesia ini susah
                                dikontrol, salah satunya bahan bakar. Tp bersyukur juga kalo premium
                                TT udah masuk. Tinggal sekarang balik lagi ke mental distributornya,
                                oplos mengoplos masih jalan terus. banyak mobil yang jd korban, gak
                                hanya emisi nya yang jelek, tp mesinnya pun jebol

                                Message 15 of 21 , Nov 23, 2001
                                  At 09:40 23/11/2001 -0000, eriadrian@... wrote:
> [...]
                                  >oplos mengoplos masih jalan terus. banyak mobil yang jd korban, gak
                                  >hanya emisi nya yang jelek, tp mesinnya pun jebol

                                  ini yang bikin ATPM ngeri .. terutama yang memberikan 'jaminan' cukup panjang, 2 sampai 3 tahun, mesin JEBOL bukan karena kesalahan pabrik, tapi karena kualitas bahan bakar .. sedangkan pemilik mobil tidak tahu dimana saja SPBU yang nakal .. :-(

                                  salam,
                                  mujaya hertadi
                                • Ervin Listyawan, S.Kom
                                  Message 16 of 21 , Nov 25, 2001
                                    Kalo pengalaman saya sih, belum tentu. Pernah karbu disetting di
                                    bengkel spesialis karbu, ganti spuyer (soalnya agak ndut-ndutan dan
                                    agak ngeden di RPM bawah), hasilnya sih tarikan jadi enak. Cuman
                                    waktu dites emisi, ternyata idlenya sih bagus, CO=0,3 dan lambda
                                    0.98 (sebetulnya bisa diset sampai 1), cuman waktu digas > 2000 RPM,
                                    ketahuan deh lambdanya jadi 0.73 (CO otomatis naik). Pantes kalo
                                    digas keluar asap hitam, terus udah disetting lagi (minta balik
                                    lagi), tapi belum tes lagi saat >2000 RPM.

                                    Kalo yg gratis itu apa bisa minta spesial order spt ini (tes 2500 RPM
                                    misalnya), dan apakah bisa utk mobil selain produk GM, dan gratisnya
                                    sampai kapan?

                                    Regards,

                                    Ervin L

                                  • hertadi@mma.ipb.ac.id
                                    Message 17 of 21 , Nov 26, 2001
                                      --- In emisi miliz, Ervin Listyawan, S.Kom wrote:
                                      > Kalo yg gratis itu apa bisa minta spesial order spt ini
                                      > (tes 2500 RPM misalnya), dan apakah bisa utk mobil
                                      > selain produk GM,

                                      bisa ... ndak masalah :-)

                                      > dan gratisnya sampai kapan?

                                      selama PUTE :-)
                                    • Heru
                                      Message 18 of 21 , Nov 26, 2001
                                        Message 19 of 21 , Nov 26, 2001
                                          PUTE sampai kapan Mas, kalo nggak ada batasan waktu kan lebih baik,
                                          hehehe ... ? Tapi tidak masalah kan supaya udara di Jakarta lebih
                                          bersih, jadi pemilik mobil bisa rajin cek emisi misal sebulan sekali
                                          (krn gratis), dan keuntungan pemilik juga bensin irit juga kan.

                                          eom/ Ervin L

                                        • Heru
                                          Message 20 of 21 , Nov 26, 2001
                                            rencana semula PUTE akan selesai hingga tanggal 1 Desember 2001, ......
                                            berhubung sebagian bengkel belum aktif 100% (alatnya rusak) maka "rencana B"
                                            akan diperpanjang hingga 31 desember 2001, tapi belum pasti karena masih
                                            didiskusikan dengan partners.
                                            Terimakasih atas responnya.

                                            Salam
                                            Heru S.

                                            Message 21 of 21 , Nov 26, 2001
                                              --- In emisi miliz, oom Heru wrote:
> [...]
                                              > (alatnya rusak) maka "rencana B" akan diperpanjang hingga
                                              > 31 desember 2001, tapi belum pasti karena masih didiskusikan

                                              kalau belum pasti gini ... bisa-bisa sampai 31 januari 2002 !!

                                              tapi, ndhak maashaaaaallaaaaaaaaaaahh ... :-)