Standar Gaji Editor Indonesia

  • Bambang Trim
    Message 1 of 3 , Apr 22, 2007
      Salam Editor!
      Bincang-bincang soal standar gaji editor Indonesia memang perlu mempertimbangkan berbagai sisi tentang tanggung jawab, akuntabilitas, serta pengalaman editor di bidang yang sama (jam terbang). Forum Editor Indonesia memang akan mengarah memberikan rekomendasi standar gaji editor Indonesia mengikuti jenjang kariernya dari yang terendah hingga tertinggi.

      Semestinya gaji para editor senior Indonesia lebih tinggi dari wartawan berkisar di range Rp2,5-Rp3 juta. Kriterianya telah memiliki pengalaman paling tidak lebih dari 3 tahun sebagai editor dan memiliki reputasi melahirkan buku-buku bermutu (bukan best seller!). Gaji bagi para editor pemula atau copyeditor bisa kita pasang di range Rp1,3 jt, mungkin berbeda untuk wilayah Jakarta yang bisa berkisar di angka Rp1,5 jt.

      Alangkah baik jika ada faktor bonus jika editor mencapai target deadline dan target penjualan.

      Doakan saja sahabat, kita sedang godok dalam pertemuan pengurus FEI nanti. Terima kasih.

      Bambang Trim
      Ketua Forum Editor Indonesia

      Check out new cars at Yahoo! Autos.
    • Budi Handrianto
      Message 2 of 3 , Apr 23, 2007
        Sayang survey gaji belum meliputi industri perbukuan. Tapi boleh juga dibenchmark.

        Message 3 of 3 , Apr 24, 2007
          Salam.

          Maaf, Pak Bambang, sekadar urun rembug.
          Kalau gaji editor full-time "hanya" Rp1,5 juta sebulan, bisa berabe.
          Sedangkan UMP DKI Jakarta aja nyaris Rp900 ribu (kalau tidak salah).
          Dengan standar gaji segitu, besar kemungkinan industri perbukuan di
          Indonesia akan tetap dipandang sebagai industri kelas dua, tiga,
          bahkan empat. Nggak ada SDM kelas satu yang mau melirik.
          Akibatnya, kemajuan dunia buku kita akan dipertaruhkan.

          Dan menurut hemat saya, ada satu hal penting yang harus
          diperhatikan: Jangan sampai editor/penerjemah/desainer freelance
          lebih besar pendapatannya ketimbang editor full-time. Ini
          memunculkan risiko kaburnya talenta-talenta bagus menjadi freelance.

          Saya pikir penerbit jangan takut untuk menggaji editornya dengan
          layak. Hitung-hitung investasi. Toh hasilnya kan bakal kembali ke
          penerbit juga.

          Satu lagi, copyeditor jangan diplot ke jalur produksi. Harus
          diarahkan ke manajerial. Jadi editor senior, akuisisi, lalu kepala.

          Jabat erat,
          Yudi
          Dastan Books

          --- In editorindonesiaforum@yahoogroups.com, Bambang Trim