Bagaimana membedakan Keprawanan

  • jontor
    Message 1 of 7 , Jul 1, 2004
      Salam kenal untuk semua,

      Saya punya masalah yg sangat berat untuk saya mengambil keputusan, saya akan menikah dengan pacar saya tetapi baru-baru ini saya mendapat kabar miring tentang pacar saya, bekas pacarnya mengatakan bahwa mereka telah melakukan hubungan suami istri. Sebagai calon suami saya jelas tidak terima akan hal itu !. Ketika saya tanya pacar saya menyangkal semua tuduhan itu, saya semakin bingung mana yg harus saya percayai.
      Apakah ada ciri-ciri fisik yg membedakan Keprawanan ?
      apakah perut wanita yg agak gemuk menandakan sudah tidak perawan lagi, dan bokong yg agak turun juga pertanda bagi wanita yg sudah tidak perawan ?
      saya mohon bantuan teman-teman dokter sekalian, atas bantuannya saya ucapkan terima kasih.

    • Veronica Wulan Dwi Astuti
      Message 2 of 7 , Jul 1, 2004
        Dear Mr. Jontor,

        Saya yakin pasti ketika pacar anda mengetahui bahwa anda akan menikah
        dengannya dia sngat bahagia sekali karena menikah dengan pria yang dicintai
        adalah impian dan harapan bagi wanita kebanyakan. Tapi saya yakin bahwa ia
        sangat sedih ketika anda kembali meragukannya di saat anda telah berjanji
        untuk menikahinya. Apalagi jika keraguan anda ini hanya dikarenakan oleh
        kabar miring yang anda dengar dari si mantan pacar calon istri anda. Tanpa
        harus melihat apakah kabar itu benar atau tidak, dia masih perawan atau
        tidak, tapi jika anda benar2 menicintainya dengan tulus mengapa anda harus
        melihat keburukannya dimasa lampau???
        Setiap manusia tidak ada yang sempurna. Anda tidak sempurna, calon istri
        andapun tidak sempurna. Tapi kalau dari masing2 sudah mempunyai niat yang
        tulus untuk saling mencintai apa adanya saya rasa kelebihan dan kekurangan
        tiap manusia bisa saling menutupi kekurangan masing2 pasangan.

        Kalau anda ingin menikahi pacar anda hanya karena keperawanan, kecantikan
        wajah dan kemolekan tubuh saya rasa anda tidak mencintainya dengan tulus.
        Cobalah anda memposisikan diri anda jika anda menjadi dia. Coba anda
        bayangkan jika dia bersedia menikahi anda hanya karena anda punya banyak
        uang, punya rumah, karir mapan, dan ketampanan.... Apakah anda bersedia
        diperlakukan demikian??
        Saya yakin anda sebagai orang dewasa bisa menilai dan menentukan apa yang
        harus anda yakini, yang harus anda perbuat untuk masa depan anda.

        Semoga anda cukup bijak untuk mengambil langkah selanjutnya.

        Maaf jika "wejangan" saya ini tidak membantu.

        Veronica Wulan
        (bukan dokter pun bukan pujangga cinta)

        Veronica Wulan Dwi Astuti
        Secretary to Director

        PT Astra International - Isuzu
        Jl. Gaya Motor III/5
        Gedung C Lt. 1
        Sunter II, Jakarta Utara
        Ph. 62 21 6501000 ext 799
        Fax 62 21 6511354
        Email veronica.wulan@...

      • milisnich
        Message 3 of 7 , Jul 1, 2004
          Mas Jontor,

          Coba dipikir lebih dalam dan buat suatu daftar apa sisi positif dan
          negatif dari pacar Anda. Kemudian ambil keputusan mana yang lebih
          baik bagi Anda. Mana yang lebih Anda prioritaskan. Renungkan lagi,
          apa sih tujuan Anda berpacaran untuk kemudiannya menikah.

          Selama ini Anda tentu bisa menilai kejujuran dari pacar Anda, itu
          bisa dijadikan pertimbangan buat Anda mengambil keputusan. Jangan
          hanya gara-gara emosi sesaat lalu Anda mengambil keputusan yang
          mungkin merugikan Anda. Berapa lama sih Anda pacaran, apa yang Anda
          lihat dari pacar Anda sehingga ANda memutuskan menjadikannya pacar ?

          Lagian, namanya berita dari orang lain apalagi eks-pacar belum tentu
          juga bisa dipertanggung-jawabkan, coba dipikir apa maksudnya tiba-
          tiba dia bercerita tentang hal tersebut. Siapa tahu hati orang,
          barangkali juga dia sakit hati atau entah apa sehingga menjelek-
          jelekkan pacar Anda, coba hal ini ditelusuri lebih dalam, bisa lewat
          kawan-kawan Anda atau pacar Anda yang mengenal kalian berdua.

          Sekali lagi pertimbangkan lebih dalam sebelum mengambil keputusan,
          apalagi kalau selama ini pacar Anda orang yang bisa dipertanggung-
          jawabkan. Toh jaman sekarang dengan kemajuan teknologi, menjadikan
          perawan lagi bukan sesuatu yang mustahil. Apa Anda mau pacar Anda
          berbohong kepada Anda bahwa dia masih perawan sedangkan hal itu cuma
          merupakan hasil operasi ?

          Selamat merenung.
          Santoso.

          --- In dokter_umum@yahoogroups.com, Veronica Wulan Dwi Astuti

        • Dewa Sudirman
          Message 4 of 7 , Jul 1, 2004
            Saya setuju dengan mbak wulan, Anda harus lebih percaya dan yakin dengan pacar anda kalau anda ingin menikahinya. ketidak percayaan anda tentu telah melukai hatinya dan cinta anda dan pacar anda sudah tidak tulus lagi karena konflik kuno.
            Sebaiknya anda memutuskan pacar anda dan mulai mencari perempuan lain, kalau anda telah menemukan perempuan lain tanyakan dari awal apakah ia masih perawan atau tidak? karena jika pertanyaan ini ditanyakan setelah ada kesepakatan mau menikah tentu akan menyakiti anda berdua.

            Yahoo! Groups SponsorADVERTISEMENT

          • suprayitno
            Message 5 of 7 , Jul 2, 2004
              kalau saya ya nyari yg masih perawan, karena dari situ ada banyak keuntungannya.

              Oleh karena itu ada kehati-hatian u/ memilih pasangan se selektif mungkin, dan dalam hal ini memilih calon istri dilakukan secara islami kepada wanita-wanita yg baik-baik, yg dapat diketahui melalui keluarga or saudara-nya, atau dia sendiri walaupun perkara demikian kelihatannya sulit.

> [...]

              >bokong yg agak turun juga pertanda bagi wanita yg sudah tidak perawan ?
              >saya mohon bantuan teman-teman dokter sekalian, atas bantuannya saya

              Dan tidaklah patut bagi laki-laki yang mu'min dan tidak bagi perempuan yang mu'min, apabila Allah dan Rasul-Nya telah menetapkan suatu ketetapan, akan ada bagi mereka pilihan tentang urusan mereka. Dan barangsiapa mendurhakai Allah dan Rasul-Nya maka sungguhlah dia telah sesat, sesat yang nyata (QS Al-Ahzab:36)
            • RainForest Base
              Message 6 of 7 , Jul 4, 2004
                Masalah di sini mungkin bukan masalah virgin or not virgin, kejujuran
                atau moral menurut saya... Semuanya bisa saja pernah terjadi tapi bisa
                juga tidak terjadi.
                Bila memang kejadian tersebut terjadi kemudian apa? Kalau memang itu
                pernah dilakukan calon anda, lalu apa? Anda mau batalkan pernikahan?
                Melepaskan orang yang anda cintai dan sekarang menjadi yang anda benci?
                Apa benar itu benci? Coba lihat yang sebenarnya, lihat baik2 apa anda
                memang mencintainya? Dan apakah calon isteri anda benar-2 mencintai
                anda? Kalau jawabannya iya, lupakanlah yang lain, itu tidak akan menjadi
                masalah.. Tapi kalau anda hanya memikirkan dengan emosi anda dan bukan
                dengan cinta, saya rasa lebih baik tunda saja.
                Bukan virginitas yang mengatur kebahagian anda, tapi perasaan dan
                pikiran anda sendiri.

> [...]

                barangsiapa mendurhakai Allah dan Rasul-Nya maka sungguhlah dia telah
                sesat, sesat yang nyata (QS Al-Ahzab:36)

              • Dr.(Naturopathy) Ir. Donny Hosea MBA. Ph
                Message 7 of 7 , Jul 7, 2004
                  Hello Jontor,

                  Ada kurang lebih 20 balasan mail yg meninjau dari berbagai sudut
                  menganai masalah anda ini, dan saya pikir saya juga perlu menambahakan
                  berbagai pandangan tersebut agar anda secara natural bisa mengambil
                  keputusan akan apa yg menjadikan kerisauan anda sbb:

                  Selaput perawan atau himen:

                  Pembentukan:
                  Ketika terjadinya pembentukan cel janin, sampai pada pembentukan cel
                  kelamin, maka terjadilah sel kelamin pria menurun kebawah dan kemudian
                  tergantung seabagai zakar atau testis, sedangkan wanita menembus dan
                  naik keatas menjadi jaringan sel telur dikiri dan kanan sama seperti
                  testis yg letaknya dibawah.
                  tempat keluar masuknya jaringan kelenjar kelamin tersebut merupakan
                  bagian yg sama baik utk pria mau pun utk wanita, dimana terdapat sekat
                  tipis yg membatasi rongga bagian dalam dan bagian tubuh sebelah luar,
                  dimana pembentukan scrotum atau kantung sakar pada pria berakir dg
                  pembentukan bibir kecil atau labia mayora pada wanita.
                  Dan pada wanita penyekat dikenal sebagai selaput himen.

                  Saya tdk tau dan tdk berkemampuan utk membaca pikiran Sang Pencipta, yg
                  demikian mudahnya membuat tubuh manusia dg jenis kelamin berbeda, tetapi
                  bisa saling dianalogikan.

                  Himen atau keperawanan, sebenarnya hanya merupkan sekat rongga seperti
                  yg saya sebutkan diatas, tetapi karean manusia kemudian menemukan bahwa
                  selaput tersebut akan sobek ketika terjadinya hubungan kelamin, atau
                  satu dan lain hal sentakan, maka dijadikan patokan bahwa ketidak miliki
                  selaput merupakan pertanda bahwa ybs sdh pernah melakukan hubungan
                  seksual, walau pun ada kendala lainnya yaitu karean sentakan atau
                  gerakan yg cukup keras ketika berolah raga.

                  Ketika dahulu dimana peradapan, moralitas, kebudayaan dan agama belum
                  dimilki oleh org, maka kehidupan seksual dianggab sesuatu yg patut,
                  biasa, dg mitos bahwa wanita merupakan lahan tempat menanamkan benih
                  sedangkan pria adalah petaninya yg menanamkan benih kedalam tubuh sang
                  wanita sebagai lahan, yg kemudian menjadikan posisi wanita sebagai
                  barang produksi, yg bisa dikucilkan bila tdk bisa mendatangkan
                  keturunan, begitulah kata sejarah.

                  Ada dua aliran yg menganut ttg hubungan seksual yg berlaku kini, yg
                  keduanya dianggab dapat menyelesaikan masalah, dg faktor psikologi yg
                  tinggi terhadap kehidupan manusia.

                  1. Menganggab bahwa hubungan seksual merupakan pengalaman menarik yg
                  perlu di coba dilakukan, dipelajari sesuai dg tingkat kedewasaan
                  seseorg, yg mana ada yg berdasarkan cinta atau ketertarikan mendalam
                  antara kedua org yg melakukannya, atau ada yg merupakan ketertarikan
                  sesaat utk merasakan pengalamanan antara keduanya yg melakukan hubungan
                  seksual tersebut.
                  Pada aliran ini apabila seorg gadis sdh dianggab dewasa maka berarrti
                  sdh pernaha melakukan atau mempunyai pengalaman hubungan seksual
                  sedikitnya 1 kali sebelum memasuki kehidupan couple atau berumah tangga.

                  2. Aliran ke2 menjungjung virginitas atau keutuhan himen atau tdk pernah
                  melakukan hubungan seksual dg org lain selain dg istri atau suami yg sah
                  yg diberkati merupakan kendala moralitas ttg kesetiaan, ketahanan
                  emosional, kejujuran, antara keduanya.

                  sementara virginitas itu sendiri atau himen sangat variatif bentuk
                  lubangnya serta tebal tipisnya selaput atau jaringan tersebut.

                  Pada pria, penutupan ujung penis bisa dikatakan sebagai pertanda
                  virginitas bagi aliran ke 2, hanya saja bila yg sdh disunat menjadi
                  kabur keadaannya, karean biasanya pembukaan kulup terjadi ketika
                  kesiapan organ dan terjadinya hubungan seksual bagi yg belum disunat.
                  Kusus utk pembukaan kulup ini menjadi sangat rawan tyerhadap inveksi
                  vaginal karean endapan sedimen dan kotoran yg ada di sekeliling kepala
                  dan kulup penis bisa saja tertinggal didalam vagina dan menjadikannya
                  infeksi yg sering dinamakan just merriage sindrome dg keluhan sakit atau
                  nyeri pinggang, sakit ginjal dlsbnya.

                  Secara psikologis, dg adanya cerita dan mitos bahwa keutuhan himen
                  merupakan pertanda bahwa ybs belum pernah berhubungan, yg artinya bagi
                  aliran ke 2 merupakan pertanda kesucian, akan sangat mempengaruhi
                  kehidupan, gengsi, ego sang pria dibanding sang wanita yg dg sendirinya
                  tdk bisa lagi membuktikan bahwa sang pria masih perjaka atau sdh pernah
                  berhubungan, karena kulupnya yg bisa dianggab sebagai indikator sdh
                  disunat utk keperluan kebersihan.

                  Perubahan struktural tubuh, baik mengenai beasarnya pingul, gemuk badan,
                  membesarnya payudara, berkeriputnya perut, atau adanya goresan lemak
                  pada kulit perut dan lipatan, tdk berhubungan dg masih perwan atau
                  tdknya seseorg, melainkan sudah pernah mempunyai anak atau tdknya sang
                  wanita.

                  Pada hal kehidupan perkawinan bukan hanya sekdar suka dan cinta tetapi
                  juga akan berlanjut dg tanggung jawab, komitmen, kepercayaan, berbagi,
                  saling mengisi, saling menyesuaikan, saling mendidik, dan mungkin baru
                  akan tersisa kebanggaan dan kelanggengan kehidupan bersama tersebut.

                  Untuk aliran 1, mungkin tdk akan bermasalah, karean keduanya sdh
                  membuang sebagaian persyaratan yg kemudian akan mengganggu kehidupan
                  mereka secara psikologis akan masalah gengsi, ego, dan kemenagnagn
                  menajadi org pertama yg melakukan hubungan seksual dg pasangannya,
                  tetapi bagi golongan ke 2 menjadi hal yg akan meicu dikemudian hari
                  permasalahan persesuaian antara keduanya bila keduanya menikah.
                  taruhlah bahwa sang pria di kibulin oleh sang wanita bahwa ia masih
                  perawan, dan tdk diketahui sampai akir hayat mereka, tetapi tanpa
                  disadari ada perasaan bersalah yg terus mengganggu sang wanita bahwa ia
                  menipu sang pria walau pun itu dibawah alam kesadarannya.
                  kalau sampai itu kemudian dilontarkan dan menjadikan sang pria menjadi
                  merasa dikhianati kemudian, maka hasilnya hubungan tdk akan berjalan
                  secara harmonis lagi.

                  Sebenarnya didalam menjalankan hubungan antara kedua manusia ciptaan
                  Tuhan, atau oleh sebagaian org mengatakan sebagai ciptaan Alam,
                  diperlukan ketulusan, kepercayaan, kejujuran, kepolosan, penghargaan,
                  persesuaian, tanggung jawab, dan masih ada yg banyak lagi, dan bukan
                  hanya sekedar cinta dan kasih saja, yg hanya terpaut tipis dg ego,
                  kebencian, dan dendam.

                  Jadi kalau anda bertanya ttg keperawanan calon pasangan anda, dan
                  kemudian anda ragukan (kehilangan kepercayaan primer) maka akan lebih
                  bijaksana bila anda tdk meneruskan hubungan, kecuali kalau anda juga sdh
                  melakukan hubngan seksual dg pacar anda, dan lalu meragukannya, maka
                  berarti anda disamping tdk bertanggung jawab, juga memilki super ego yg
                  tdk memiliki moralitas yg baik, pada hal mungkin saja sang calon dg
                  cukup terpakas melakukan hubungan dg anda karena faktor ketakutan bahwa
                  anda meragukan keperawanannya (dan inilah salahnya juga, menyelesaikan
                  masalah dg membuat masalah baru).
                  Jadi jadilah org yg bermoral, bertanggung jawab, dan serahkan kepada
                  sang Pencipta bahwa apa yg anda lakukan kini dan lampau akan membirikan
                  balasan kehidupan dimasa datang.

                  Demikian, semoga beermanfaat.
                  Wassallam,