Re: [Dokter Umum] menguap

  • imut
    Message 1 of 8 , Apr 29 7:59 PM
      kayaknya enggak masuk akal nih (orang bukan dokter juga ) kalo ada 4 orang
      saja yang menguap
      didekat kita bisa bisa kita kehabisan oksigen donk .

      Message 2 of 8 , May 3, 2004
        Hello,
        Menuap adalah phisiko refleks yg dikerjakan oleh system syaraf ketika bagian
        kep[ala membutuhkan lebih banyak oksigen.
        Kendala tersebut bisa saja bulkan dikarenakan ybs, mengalami kekuarangan
        oksigen, karena sebab dari dlaam tubuh tetapi karena sebab dari luar tubuh.
        Kalau dari luar tubuh, berarti bahwa udara disekeliling ybs, memang mengalami
        pengurangan oksigen, sehingga tubuh berusaha utk ,mendapatkan lebih banyak
        oksigen disekelilingnya.
        Triger terjadi bila seseorg yg system syarafnya lebih progrestif, menguap,
        sehingga org disekelilingnya juga mendapatkan triger terhadap system syarafnya
        utk ikut memasukan oksigen lebih banyak.

        Kalau mau melakukan percobaan, letakan seorg yg memang mengantuk diantara
        beberapa org yg segar, smentara ruangan dilengkapi dg kondisi oksigen yg
        memadai, maka ketika org yg mengalami ngantuk tadi menguap, tdk ada gejala
        triger utk org yg lain utk ikutan menguap, keadaan berbeda bila kondisi
        rauangan memang kekurangan oksigen.

        Menguap bisa di tanggulangi dg mengubah ruangan utk memilki lebih banyak Ozon
        (Ingat dlm batasan tertentu yg diperbolehkan, tdlk asal ozn sebanayk
        banyaknya), maka Ozon akan bekerja sehingga ybs, tdk atau kurang mengalami
        gejala menguap.

        Demikian, semoga bermanfaat,
        Wassallam,

      • Priambudi
        Message 3 of 8 , May 5, 2004
          Dok,
          kalau di buku power of sleepnya kaifa dari mizan,
          justru disebutkan bahwa menguap itu sedikit sekali berhubungan dengan
          kantuk, lebih besar dengan kebosanan dan faktor-faktor lainnya

          karena ada penelitian bahwa orang yang menguap,
          kadar oksigen dalam darahnya tidak mengalami peningkatan...
          sehingga ada kemungkinan bahwa menguap bukan untuk memenuhi
          kebutuhan oksigen dalam darah...

          Dan disebutkan juga bahwa kantuk terjadi karena
          presentase jumlah oksigennya menurun dalam darah,
          tapi ditandai dengan meningkatnya karbondioksida dalam darah,
          kalau 2 ini terpenuhi baru tubuh disuruh tidur, timbullah kantuk...
          Karena katanya bisa saja kadar oksigen menurun,
          tapi disebabkan banyaknya karbonmonoksida dalam darah,
          hal seperti ini tidak membuat kantuk...

          untuk lengkapnya saya harus baca lagi bukunya,
          menurut dokter bagaimana?

          mprie

          Message 4 of 8 , May 15, 2004
            Hello Mprie,
            Kebosanan disebabkan oleh ketidak mampuan otak utk menyerap informasi yg masuk
            baik melalui trelinga amau pun mata, yg ujung ujungnya disebabkan oleh kurangnya
            oksigen suplai ke otak.
            Penguapan bukan utk menambah kadar oksigen dlm darah, karean kadar oksigen darah
            bisa ditambahkan dg cara bernapas atau pun dg penyerapan usus yg mengandung free
            oksigen yg kemudian bisa diikat darah dan dibawah ketubuh.
            jadi menguap agar kekauan otot dan engsel tualng di kepala menjadi bergerak, dan
            dg demikian merangsang perdaran darah ke otak lebih banyak.
            Dengan demikian teori yg anda baca dan yg saya kemukakan sebenanya tdk
            vbertentangan malah saling melengkapi ya??

            Wassallam,