serum iron dibawah normal, defisiensi besi?

  • ira maia
    Message 1 of 1 , Jun 18, 2013
      Dear Doc,

      Anak saya (1y6m) habis screening zat besi. Yang diperiksa SI,TIBC, dan Ferritin. Hasilnya :
      Serum iron : 22,00 (normal 50,00-150,00)
      TIBC : 360
      Feritin : 9,2 (normal 6,0-15)

      Dari hasil lab tersebut, nilai serum iron jauh dibawah normal. Sedangkan Tibc dan feritin nilainya normal. Apa anak saya mengalami defisiensi besi?
      Anak saya sehari-hari konsumsi Asi dan mpASI selalu dengan sumber zat besi. Klinis anak aktif, BB bagus slalu naik dan berada di percentil 50 (normal). konjungtiva, kuku, wajah, telapak tangan, semua tidak terlihat pucat.

      Mohon pencerahan. Terimakasih.

      Ira