Re: [Dokter Umum] Tanya Golongan Darah..

  • Cahya Legawa
    Message 1 of 14 , Jun 10, 2013
      Jika orang tua keduanya begolongan darah A, anaknya kemungkinan besar bergolongan darah A, tapi tidak menutup kemungkinan bergolongan darah 0. Tergantung genotip golongan darah A yang dibawa oleh orang tua. Seharusnya hukum Mandel yang kita pelajari saat SMP dan SMA dulu bisa memberikan penjelasan yang baik tentang masalah ini :).
      Sincerely yours,
      Cahya Legawa

      twitter: @haridiva

      Sent from my BlackBerry� via Smartfren EVDO Network

      Message 2 of 14 , Jun 10, 2013
        Malam mbak Sri.

        Jika suami istri golongan darah sama, apakah anak bakal memiliki goldar yang sama? Tidak. Alias belum tentu. Kecuali jika goldar kedua orang tua adalah O. Maka anak akan memiliki goldar O.
        Kenapa?
        Karena golongan darah secara mudah terdiri dari "dua faktor" yang dilambangkan huruf. Dimana A,B adalah faktor dominan. O adalah faktor resesif.
        Jadi pada individu/suami bergolongan darah A. Faktor golongan darahnya bisa: AA atau AO. Misal, suami adalah AO
        Semisal istri juga bergolongan darah AO, maka anaknya bisa AA, AO, ataupun OO. Sehingga, pada suami istri yang bergolongan darah A, bisa memiliki anak ber goldar O. Tapi mustahil memiliki anak goldar B, atau AB.
        Contoh lain, jika suami AB. Istri AB. Maka anak bisa memiliki gol dar AA, BB, maupun AB. Kecuali O.
        Semisal suami AA, istri AO (dua2nya adalah goldar A). Anak bisa saja AA, maupun AO (dua2nya goldar A. Tidak ada anak yang bergoldar O)
        Semoga berguna.

        Sent from my iPad

        On 10 Jun 2013, at 19:12, "Sri" <sri.noer@...> wrote:

        > Malam dok, mau tanya nih.. Kalau suami istri darahnya sama, apakah anak2 nya bakal sama juga g? Misalanya suami istri golongan darah nya A anak2 nya apakah golongan darahnya akan semua jadi A?
        >
        > Terimakasih dok sebelumnya, saya tunggu jawabannya.
        >
        > Sri

      • Mario Samuel
        Message 3 of 14 , Jun 12, 2013
          Yup hukum mendel.
          Nah saya juga ada pertanyaan. Dulu kita belajar ϑi SD soal donor darah, ada donor universal (O) dan ada resipien universal (AB). Akan tetapi mengapa kenyataannya, untuk transfusi darah, harus cari Чăπğ bener2 sama? Apakah pelajaran ϑųlυ itu salah? Atau ada hal lainnya?
          best regardsMario SamuelCC 99

          Message 4 of 14 , Jun 12, 2013
            Samuel,

            Saya rasa pelajaran itu tidak berubah. Golongan darah 0 masih bisa
            ditransfusikan ke semua golongan darah lainnya. Dan golongan darah AB
            masih bisa menerima dari semua golongan darah lain.

            Hanya saja, darah yang terbaik, tetap jika darah yang diterima adalah
            darah yang didonorkan oleh orang itu sendiri (autologus). Tapi ketika
            ini tidak ada atau tidak dimungkinkan, diambil dari orang lain dengan
            golongan darah sejenis.

            Golongan darah 0 hanya ditransfusikan pada golongan darah lain pada
            situasi darurat, dan tidak dimungkinkan mengecek golongan darah penerima.

            --
            Sincerely yours,

            Cahya Legawa
            @haridiva

            Send via Thunderbird on Windows 8
          • melly liando
            Message 5 of 14 , Jun 12, 2013
              Dear All,

                Wah kalau ilmu yg dulu menjelaskan Golda O bisa mendonorkan ke semua golda dan golda AB bisa menerima dari semua golda, itu sih udah ngak berlaku lagi pak.

              Ilmu kan berkembang terus.
              Dulu sewaktu masih diterapkan sistem donor spt itu banyak pasien yang mati krn menerima golda yang tidak sama dengan goldanya, karena terjadi pembekuan darah di dalam pembuluh darahnya.

              Jadi sekarang adl hanya bisa menerima donor dari yang sama golda nya dan rhesus nya.

              Semoga berguna.

              Thanks.

              salam,

              dr. Melyanti
              0818 0868 1974

              ________________________________

              Message 6 of 14 , Jun 12, 2013
                Dear Mbak Sri,

                  Berikut persentasi kemungkinan golda anak jika ortu bergolda sbb :

                1. bila kedua ortu bergolda A : maka 75% golda A dan 25% golda O.  Dan tidak mungkin bergolda B dan AB.

                2. bila kedua ortu bergolda B : maka 75% golda B dan  25 % golda O.  Dan tidak mungkin bergolda A dan AB.

                3. bila kedua ortu bergolda O : maka 100% bergolda O. Dan tidak mungkin bergolda A, B dan AB.

                4. bila kedua ortu bergolda AB : maka 50% bergolda AB, 25% bergolda A dan 50% bergolda B. Dan tidak mungkin bergolda O.

                5. Bila ortu bergolda O dan AB : maka 50% bergolda A dan 50% bergolda B. Dan tidak mungkin bergolda O dan AB.

                6. Bila ortu bergolda O dan A : maka 50% bergolda A dan 50% bergolda O. dan tidak mungkin bergolda AB dan B.

                7. Bila ortu bergolda O dan B : maka 50% bergolda B dan 50% bergolda O. Dan tidak mungkin bergolda A dan AB.

                8. Bila ortu bergolda AB dan A : maka 50% bergolda A, 25% bergolda AB dan 25% bergolda B. tidak mungkin bergolda O.

                9. Jika ortu bergolda AB dan B : maka 50% bergolda B, 25% bergolda AB dan 25% bergolda A. tidak mungkin bergolda O.

                10. Jika ortu bergolda A dan B : maka ada dua kemungkinan : 100% AB atau 25% AB, 25% A, 25% B, 25% O.

                Semoga berguna.

                salam,

                dr. Melyanti
                0818 0868 1974

                ________________________________

                Message 7 of 14 , Jun 12, 2013
                  Makasiii banyak informasinya ya... :) sudah deg2an...

                  Tks a lot

                  Message 8 of 14 , Jun 12, 2013
                    НĘ².. "̮ НĘ².. "̮ НĘ².. "̮ НĘ² .. :p
                    Lengkap sekali dr Melyanti.
                    Sedikit saja, Чăπğ no 10, itu bukan 2 kemungkinan tapi 4:
                    1. 100% AB
                    2. 50% A, 50% AB
                    3. 50%AB, 50%B
                    4. 25%A, 25%AB, 25%B, 25%O
                    Trims

                  • Ayunda Cempaka
                    Message 9 of 14 , Jun 13, 2013
                      Dear Aybun,
                      Mohon info biaya bersalin di jakarta timur, adakah RS/RSIA yg rekomended.
                      Masih awal kehamilan sih tp mau prepare dari skrng
                      thx

                    • edotigit@ymail.com
                      Message 10 of 14 , Jul 9, 2013
                        Berkaitan dengan transfusi darah dulu memang dilakukan seperti itu, apalagi dalam keadaan dimana keterbatasan stok darah jadi boleh memakai darah golongan lain selama resipenya cocok, misalnya dulu A boleh menerima O karena stok A juga kurang karena mungkin persediaannya jaman dulu terbatas, apalagi di daerah, dan yang membutuh kan juga banyak. Namun sekarang setau saya tidak diberlakukan lagi, salah satu alasan yang mungkin bisa diterima adalah juga keterbatasan tadi, contohnya, kita tahu bahwa golongan darah O jarang sekali, apalagi keterbatasan stok semua golongan darah termasuk golongan O tadi, jadi andai kata ada pasien yang membutuhkan golongan darah O, maka stok darah O akan berkurang, belum lagi dikurangi kalo ada pasien golongan darah A, B, dan AB yang kita berikan darah O, maka stok O cepat habis, sementara untuk mendapatkan darah O sangat sulut bila dibandingkan darah golongan Lain seperti A, B, dan AB. Jadi supaya tidak terjadi kelangkaan stok darah O, diberi kebijakan untuk memberikan pasien sesuai dengan golongan darahnya.

                        Mungkin itu yang saya tahu, kurang lebihnya mungkin bisa dicari tahu lagi, maaf bila jawaban kurang memuaskan.
                        --- In dokter_umum@yahoogroups.com, "Mario Samuel" <samuelcc99@...> wrote:

                        > Yup hukum mendel.
                        > Nah saya juga ada pertanyaan. Dulu kita belajar Ï`i SD soal donor darah, ada donor universal (O) dan ada resipien universal (AB). Akan tetapi mengapa kenyataannya, untuk transfusi darah, harus cari Чăπğ bener2 sama? Apakah pelajaran Ï`ųlυ itu salah? Atau ada hal lainnya?
                        > best regardsMario SamuelCC 99

                      • Astrawinata Guatama
                        Message 11 of 14 , Jul 9, 2013
                          Bisa semua A, bisa pula ada yang gol. darah 0 nanti...

                          Dalam bahasa yg lebih rumit, kalo kedua suami istri homozigot A, semua
                          anaknya A

                          Kalau salah satu homozigot, satu lagi heterozogot, semua juga A

                          Kalau kedua2nya A heterozigot, anaknya bisa A, ada juga yg bisa 0..

                          Best Regards,
                          Astrawinata G.

                        • Mario Samuel
                          Message 12 of 14 , Jul 9, 2013