Re: [Dokter Umum] Air Kelapa Muda ( Degan Ijo ), apakah benar menetralkan obat?

  • Astrawinata G
    Message 1 of 7 , Mar 10 9:56 PM
      Halo Mas Dody,

      Sampai sekarang belum ada penelitian yg membahas hal ini. Sangatlah sulit dibuat generalisasinya, karena obat memiliki banyak sekali golongan dan gugus kimia yg berbeda.

      Minum obat dan air kelapa juga bukan hanya seperti menaruh obat di gelas lalu disiram dengan air kelapa, karena reaksi obat juga tergantung kadar asam lambung, gerakan usus, dan sebagainya.

      Yang teraman memang minum obat dengan air putih, tapi pun kalau terminum air kelapa, tidak perlu panik.

      Yang sudah terkenal adalah minum obat dengan susu atau obat antasida, karena menyebabkan "penggumpalan" obat sehingga tidak terserap.

      Prinsipnya minum air putih tetap yg terbaik, kalau mau minuman jenis lain, berikan selang 2 jam setelah minum obat :)

      Best Regard,
      Astrawinata G

      Message 2 of 7 , Mar 12 11:18 PM
        Hello,
        Saya agak aneh dg pertanyaan ini:
        1. anda tanya seolah anda yakini bahwa obat bukan racun n Degan Ijo bisa
        netralkan racun
        2. anda seolah yakin bahwa air kelapa Ijo bisa netralkan racun, tapi
        3. Anda mau jawaban apakah sdh ada penelitianya?

        Maka saya jawabnya juga mengikuti nalar anda.

        1. Penelitaian ttg air kelapa secara umum dilakukan n come into the
        composite, bahwa air kelapa mengandung banyak bahan2 sebut saja:
        unique chemical composition of sugars, vitamins, minerals, amino acids
        and phytohormones

        Sucrose Glucose Fructose

        Sugar alcohols Present a (mg/L )
        Mannitol 0.8 0.80
        Sorbitol 15 d 15.00
        Myo-inositol 0.01 0.01
        Scyllo-inositol 0.05 0.05

        Inorganic ions Calcium, Ca
        Iron, Fe
        Magnesium, Mg
        Phosphorus, Potassium, K
        Sodium, Na
        Zinc, Zn
        Copper,
        Manganese, Mn
        Selenium, Se
        Chlorine, Cl
        Sulfur, S
        Aluminium, Al
        Boron, B
        Vitamins dstnya.

        Ini bukan data specific kelapa Ijo.

        2. Nah dari kandungan itu, apa yg terajdi bila anda campurkan dg segera
        dg Obat yg menurut anda bukan racun tersebut?
        Betulkah obat Flu bukan racun isinya?
        Mari kita lihat salah satu produk:
        Contents *Per 5 mL* Pseudoephedrine HCl 30 mg, Triprolidine HCl 1.25 mg

        Special Precautions Impaired liver & kidney function, glaucoma,
        prostate hypertrophy, hyperthyroid, DM, heart disease, HTN, overwt. May
        impair ability to drive or operate machinery. Concomitant use w/ other
        CNS suppressants. Discontinue treatment if insomnia, palpitation &
        dizziness occur. Elderly, childn <2 yr. Pregnancy & lactation.

        Adverse Drug Reactions Drowsiness, GI disturbances, headache,
        insomnia, excitation, tremor, tachycardia, arrhythmia, dry mouth,
        palpitation, urinary difficulties.
        View ADR Monitoring Form

        Drug Interactions Antihypertensives, TCAs, other sympathomimetics eg
        decongestants, appetite suppressants, amphetamine-like psychostimulants.
        MAOIs, furazolidone, alcohol, sedatives.
        View more drug interactions with Actifed

        Kalau tdk beracun, kenapa ada precaution nya? bisa diabaikan demi
        perbaikan Flu?
        maka perlu tanya kenapa Flu yg notabene Virus perlu obat? pada hal virus
        akan tergantung dg immunitas tubuh bukan? n virus tdk ada obatnya hanya
        mengandalkan immunitas tubuh utk bisa mematikan sang virus bukan?

        Silahkan anda jabarkan sendiri.

        3. Ok, meilihat pada interactions, dlm obat tadi ada kendala dg alcohol,
        dimana air kelapa ada gugus alcoholnya.

        Maka kalau secara kimia bisa ada reaksi, reaksinya bagaimana? ya sangat
        dependable dg manusia yg bereaksi dg obat Flu yg anda sepelekan n dg air
        kelapa yg anda takutkan menghilangkan racun walau anda sebut obat bukan
        racun.

        Jadi ? ,,,,

        YG diminum, dimakan, kompisisi obat, reaksi tubuh, tdk sesimpel seperti
        yg anda gambarkan bukan?

        Anda mau kumpulin manusia2 yg kebetulan Flu, lalu mencobakan reaksi obat
        air kelapa ijo? boleh saja bila sedang flu mau diobok2 dg camera, dg
        alat lab utk memenuhi selera hasil penelitian?
        Mungkin tdk ada yg mau, apalagi utk setiap jenis gangguan dg setiap
        jenis obat, perlu dijabarkan dlm penelitian utk setiap jenis manusia?

        Kalau yg digambarkan dr. Astra jelas, tanpa obat pun sebagaian manusia
        tertentu akan mengalami pemblokiran penyerapan bila mengkonsumsi susu,
        apalagi bila jenis anti biotik yg besifat asam bercampur dg susu?

        Salam,

        On 3/10/2013 9:49 PM, dody yanuar wrote:
> [...]
        > Semisal ada org kena Flu, dan dia minum Obat Flu dari dokter. Jelas obat itu bukan racun. Lalu pasien tadi selang beberapa menit sehabis min obat, minum air kelapa. Apakah akan menetralkan obat? dan bila benar menetralkan obat, apa kah sudah ada penelitiannya ?

        We care human as human not as sickness object --
        "Absolutely Drug less Health Care solution Organization"