Loading ...
Sorry, an error occurred while loading the content.

Bls: [Dokter Umum] Perkembangan bayi

Expand Messages
  • alex sukardi
    betul pak....anak saya tiga dan ke-tiga-tiga nya penanganan nya berbeda-beda... yang sulung tengkurep sendiri yang nomer 2 sejak lahir sudah ditengkurep in
    Message 1 of 11 , Feb 29, 2012
    • 0 Attachment
      betul pak....anak saya tiga dan ke-tiga-tiga nya penanganan nya berbeda-beda...
      yang sulung tengkurep sendiri
      yang nomer 2 sejak lahir sudah ditengkurep in sama pengasuh nya
      nah yang bontot ini....dia ga mau tengkurep....
      btw thx buat semua infonya


      ________________________________
      Dari: Catur Hadi Purnomo <c4tur_hp@...>
      Kepada: "dokter_umum@yahoogroups.com" <dokter_umum@yahoogroups.com>
      Dikirim: Senin, 27 Februari 2012 17:57
      Judul: Bls: [Dokter Umum] Perkembangan bayi


       
      Anak saya memang tidak saya biasakan dari kecil untuk saya tengkurepkan. 
      Selain ada manfaatnya, ternyata tengkurep juga punya resiko yang cukup besar, yaitu SIDS (Sudden Infant Death Syndrome).
      Jadi, kalau anaknya belum mau tidak harus dipaksa. Nanti bahaya menimbulkan resiko.
      Setiap anak memang berbeda-beda pak, jadi tak perlu dipandang aneh.

       
      Salam,

      ________________________________
      Dari: Antoni Ginting <antoni.ginting4life@...>
      Kepada: dokter_umum@yahoogroups.com
      Dikirim: Kamis, 23 Februari 2012 13:33
      Judul: Re: [Dokter Umum] Perkembangan bayi


       
      Pak Catur,

      pengalaman saya sih, wkt anak saya usia bulanan slalu tengkurep bahkan pada
      saat dia tidur, dan itu membuat dia pulas (karna tidak gampang terkejut
      oleh suara kendaran diluar rumah) bahkan kerja paru dan jantung semakin
      bagus, karna pada saat dia bangun otomatis akan mengangkat kepala, dan hal
      ini saya beritahu ke teman2/keluarga lainnya, sehingga mereka juga
      membiasakan bayi tidur tengkurap.

      aneh juga kalau bayi bapak tidak mau tengkurep lama ?

      2012/2/22 Catur Hadi Purnomo <c4tur_hp@...>

      > **
      >
      >
      > Gak maunya gimana pak? Maksudnya, setiap bayi Anda tengkurepin, bayinya
      > nangis gitu ya?
      > Bayi saya juga sampai sekarang (4 bulan tanggal 24 Februari 2012) belum
      > mau tengkurep sendiri. Kalo saya tengkurepin, gak mau lama. Paling2 cuma
      > sekitar 5 menit aja. Kalo lama, dia nangis karena gak nyaman kali ya. Bayi
      > saya hampir setiap pagi juga saya pijit. Dulu pernah batuk, tapi
      > alhamdulillah langsung sembuh sendiri tanpa obat.
      >
      > Salam,
      >
      > Catur HP
      >
      > ________________________________
      > Dari: Danielle <alexsukardi@...>
      > Kepada: dokter_umum@yahoogroups.com
      > Dikirim: Rabu, 22 Februari 2012 2:18
      > Judul: [Dokter Umum] Perkembangan bayi
      >
      >
      >
      >
      > Salam...
      > Mohon info nih....baby ku sudah 4 bulan tapi kok ga mau di tengkurep in
      > ya?Dulu sih setiap habis mandi, pagi dan sore, selalu aq tengkurep in di
      > paha aq sambil sedikit dipijat dan dioles minyak telon, tapi sudah sebulan
      > ini sejak dia batuk dia ga mau lagi di tengkurep in
      > BTW kalo batuk sampe 1 bulan buat baby ada efek samping nya ga ya?Soal nya
      > dulu baby ku aq bawa ke dokter umum n cuma dikasih 'UNI baby cough' tapi
      > sampe obat nya habis batuk nya belum berkurang juga....malah seminggu
      > terakhir ini anak-ku 'kehabisan' suara karena serak...sehingga nangis dan
      > batuk pun tanpa suara
      > Selain itu anakku juga ga terlalu banyak ASI, sehari paling-paling cuma
      > habis 250 ml kalo siang, sehingga BBnya masih jauh dibawah target
      > Gimana ya cara nya biar BBnya naik?
      > Thx
      >
      > [Non-text portions of this message have been removed]
      >
      >
      >

      --

      [Non-text portions of this message have been removed]

      [Non-text portions of this message have been removed]




      [Non-text portions of this message have been removed]
    • Dokkie RSBL
      faktor berat badan berlebih ditambah cholesterol diatas normal, mungkin mengarah ke fatty liver atau perlemakan hati . sudah benar langkah bapak untuk olah
      Message 2 of 11 , Mar 1, 2012
      • 0 Attachment
        faktor berat badan berlebih ditambah cholesterol diatas normal, mungkin
        mengarah ke fatty liver atau perlemakan hati . sudah benar langkah bapak
        untuk olah raga, dan kunjungi internist secara reguler. saran saya, coba
        usahakan capai Berat badan ideal dulu..

        Gamma Glutamil Transferase (GGT)
        Posted by Riswanto on Friday, December 25, 2009
        Labels: Tes Kimia Darah

        Gamma-glutamil transferase (gamma-glutamyl transferase, GGT) adalah enzim yang ditemukan terutama di hati dan ginjal, sementara dalam jumlah yang rendah ditemukan dalam limpa, kelenjar prostat dan otot jantung. Gamma-GT merupakan uji yang sensitif untuk mendeteksi beragam jenis penyakit parenkim hati. Kebanyakan dari penyakit hepatoseluler dan hepatobiliar meningkatkan GGT dalam serum. Kadarnya dalam serum akan meningkat lebih awal dan tetap akan meningkat selama kerusakan sel tetap berlangsung.

        GGT adalah salah satu enzim mikrosomal yang bertambah banyak pada pemakai alkohol, barbiturat, fenitoin dan beberapa obat lain tertentu. Alkohol bukan saja merangsang mikrosoma memproduksi lebih banyak enzim, tetapi juga menyebabkan kerusakan hati, meskipun status gizi peminum itu baik. Kadar GGT yang tinggi terjadi setelah 12-24 jam bagi orang yang minum alkohol dalam jumlah yang banyak, dan mungkin akan tetap meningkat selama 2-3 minggu setelah asupan alkohol dihentikan. Tes gamma-GT dipandang lebih sensitif daripada tes fosfatase alkalis (alkaline phosphatase, ALP).

        Metode pemeriksaan untuk tes GGT adalah spektrofotometri atau fotometri, dengan menggunakan spektrofotometer/fotometer atau alat kimia otomatis. Bahan pemeriksaan yang digunakan berupa serum atau plasma heparin.


        Nilai Rujukan

        DEWASA : Pria : 15 - 90 U/L, Wanita : 10 - 80 U/L, Lansia : sedikit lebih tinggi

        ANAK-ANAK : Bayi baru lahir : 5 x lebih tinggi daripada dewasa, Prematur : 10 x lebih tinggi dari dewasa, Anak : sama dengan dewasa.

        (Nilai normal bisa berbeda untuk tiap lab, tergantung metode yang digunakan)


        Masalah Klinis

        PENINGKATAN KADAR : sirosis hati, nekrosis hati akut dan subakut, alkoholisme, hepatitis akut dan kronis, kanker (hati, pankreas, prostat, payudara, ginjal, paru-paru, otak), kolestasis akut, mononukleosis infeksiosa, hemokromatosis (deposit zat besi dalam hati), DM, steatosis hati / hiperlipoproteinemia tipe IV, infark miokard akut (hari keempat), CHF, pankreatitis akut, epilepsi, sindrom nefrotik. Pengaruh obat : Fenitoin (Dilantin), fenobarbital, aminoglikosida, warfarin (Coumadin).


        Faktor yang dapat mempengaruhi temuan laboratorium :

        Obat fenitoin dan barbiturat dapat menyebabkan tes gamma-GT positif palsu.
        Asupan alkohol berlebih dan dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan peningkatan kadar gamma-GT.


        labkesehatan.blogspot.com

        2012/2/28 Johannes Sidabutar <johannessidabutar@...>

        > **
        >
        >
        > Kondisi fisik berat badan 81kg dan tinggi 165 cm
        > Oh ya dari hasil pemeriksaan cholestrol 237 dan ada gangguan fungsi hati
        > Increasing Gama GT (417)..utk normalnya berapa ya
        > dan oleh dr diberi obat colesterol tablet simvastatin 10 mg, dan gangguan
        > fungsi hati tablet curcuma dan dikonsumsi selama 30 hari (sebulan)
        > Apakah selain obat ini ada obat2an herba atau yg lain lebih cepat
        > pengobatannya
        > Apa perlu juga ditambah dgn olahraga dan konsumsi makanan apa yg cocok
        >
        > --- On Mon, 2/27/12, Johannes Sidabutar <johannessidabutar@...>
        > wrote:
        >
        > From: Johannes Sidabutar <johannessidabutar@...>
        > Subject: [Dokter Umum] Medical Check Up (MCU)
        > To: dokter_umum@yahoogroups.com
        > Date: Monday, February 27, 2012, 4:24 AM
        >
        >
        >
        > Dear Dr,
        >
        > Saya ada melakukan MCU utk persyaratan masuk kerja
        >
        > Setelah dilakukan saya harus melakukan visit internist ke beberapa hari
        > depan
        >
        > Yg mau saya tanyakan kira2 apa ya penyakit tsb
        >
        > Kalo saya beranggapan mungkin gula darah saya tinggi krn udah 8 bulan saya
        > enggak ada kegiatan kerja hanya dirumah serta ada faktor ortu sakit
        > diabetes sampai skrg tapi masih sehat..
        >
        > jika emang gula darah apa obatnya..utk hasil mcu tsb saya kurang tahu krn
        > hasilnya tidak dibritahu kpd saya tapi lgsg kpd perusaahan yg akan merekrut
        > saya kerja
        >
        > Mohon pencerahan jika emang ada sakit yg lain apa aja dan apa pengobatannya
        >
        > Terima kasih
        >


        [Non-text portions of this message have been removed]
      • Johannes Sidabutar
        Terima kasih atas infonya yg sangat berharga ini ... From: Dokkie RSBL Subject: Re: [Dokter Umum] Medical Check Up (MCU) To:
        Message 3 of 11 , Mar 2, 2012
        • 0 Attachment
          Terima kasih atas infonya yg sangat berharga ini


          --- On Thu, 3/1/12, Dokkie RSBL <dokkiersbl@...> wrote:

          From: Dokkie RSBL <dokkiersbl@...>
          Subject: Re: [Dokter Umum] Medical Check Up (MCU)
          To: dokter_umum@yahoogroups.com
          Date: Thursday, March 1, 2012, 7:34 AM
















           









          faktor berat badan berlebih ditambah cholesterol diatas normal, mungkin

          mengarah ke fatty liver atau perlemakan hati . sudah benar langkah bapak

          untuk olah raga, dan kunjungi internist secara reguler. saran saya, coba

          usahakan capai Berat badan ideal dulu..



          Gamma Glutamil Transferase (GGT)

          Posted by Riswanto on Friday, December 25, 2009

          Labels: Tes Kimia Darah



          Gamma-glutamil transferase (gamma-glutamyl transferase, GGT) adalah enzim yang ditemukan terutama di hati dan ginjal, sementara dalam jumlah yang rendah ditemukan dalam limpa, kelenjar prostat dan otot jantung. Gamma-GT merupakan uji yang sensitif untuk mendeteksi beragam jenis penyakit parenkim hati. Kebanyakan dari penyakit hepatoseluler dan hepatobiliar meningkatkan GGT dalam serum. Kadarnya dalam serum akan meningkat lebih awal dan tetap akan meningkat selama kerusakan sel tetap berlangsung.



          GGT adalah salah satu enzim mikrosomal yang bertambah banyak pada pemakai alkohol, barbiturat, fenitoin dan beberapa obat lain tertentu. Alkohol bukan saja merangsang mikrosoma memproduksi lebih banyak enzim, tetapi juga menyebabkan kerusakan hati, meskipun status gizi peminum itu baik. Kadar GGT yang tinggi terjadi setelah 12-24 jam bagi orang yang minum alkohol dalam jumlah yang banyak, dan mungkin akan tetap meningkat selama 2-3 minggu setelah asupan alkohol dihentikan. Tes gamma-GT dipandang lebih sensitif daripada tes fosfatase alkalis (alkaline phosphatase, ALP).



          Metode pemeriksaan untuk tes GGT adalah spektrofotometri atau fotometri, dengan menggunakan spektrofotometer/fotometer atau alat kimia otomatis. Bahan pemeriksaan yang digunakan berupa serum atau plasma heparin.



          Nilai Rujukan



          DEWASA : Pria : 15 - 90 U/L, Wanita : 10 - 80 U/L, Lansia : sedikit lebih tinggi



          ANAK-ANAK : Bayi baru lahir : 5 x lebih tinggi daripada dewasa, Prematur : 10 x lebih tinggi dari dewasa, Anak : sama dengan dewasa.



          (Nilai normal bisa berbeda untuk tiap lab, tergantung metode yang digunakan)



          Masalah Klinis



          PENINGKATAN KADAR : sirosis hati, nekrosis hati akut dan subakut, alkoholisme, hepatitis akut dan kronis, kanker (hati, pankreas, prostat, payudara, ginjal, paru-paru, otak), kolestasis akut, mononukleosis infeksiosa, hemokromatosis (deposit zat besi dalam hati), DM, steatosis hati / hiperlipoproteinemia tipe IV, infark miokard akut (hari keempat), CHF, pankreatitis akut, epilepsi, sindrom nefrotik. Pengaruh obat : Fenitoin (Dilantin), fenobarbital, aminoglikosida, warfarin (Coumadin).



          Faktor yang dapat mempengaruhi temuan laboratorium :



          Obat fenitoin dan barbiturat dapat menyebabkan tes gamma-GT positif palsu.

          Asupan alkohol berlebih dan dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan peningkatan kadar gamma-GT.



          labkesehatan.blogspot.com



          2012/2/28 Johannes Sidabutar <johannessidabutar@...>



          > **

          >

          >

          > Kondisi fisik berat badan 81kg dan tinggi 165 cm

          > Oh ya dari hasil pemeriksaan cholestrol 237 dan ada gangguan fungsi hati

          > Increasing Gama GT (417)..utk normalnya berapa ya

          > dan oleh dr diberi obat colesterol tablet simvastatin 10 mg, dan gangguan

          > fungsi hati tablet curcuma dan dikonsumsi selama 30 hari (sebulan)

          > Apakah selain obat ini ada obat2an herba atau yg lain lebih cepat

          > pengobatannya

          > Apa perlu juga ditambah dgn olahraga dan konsumsi makanan apa yg cocok

          >

          > --- On Mon, 2/27/12, Johannes Sidabutar <johannessidabutar@...>

          > wrote:

          >

          > From: Johannes Sidabutar <johannessidabutar@...>

          > Subject: [Dokter Umum] Medical Check Up (MCU)

          > To: dokter_umum@yahoogroups.com

          > Date: Monday, February 27, 2012, 4:24 AM

          >

          >

          >

          > Dear Dr,

          >

          > Saya ada melakukan MCU utk persyaratan masuk kerja

          >

          > Setelah dilakukan saya harus melakukan visit internist ke beberapa hari

          > depan

          >

          > Yg mau saya tanyakan kira2 apa ya penyakit tsb

          >

          > Kalo saya beranggapan mungkin gula darah saya tinggi krn udah 8 bulan saya

          > enggak ada kegiatan kerja hanya dirumah serta ada faktor ortu sakit

          > diabetes sampai skrg tapi masih sehat..

          >

          > jika emang gula darah apa obatnya..utk hasil mcu tsb saya kurang tahu krn

          > hasilnya tidak dibritahu kpd saya tapi lgsg kpd perusaahan yg akan merekrut

          > saya kerja

          >

          > Mohon pencerahan jika emang ada sakit yg lain apa aja dan apa pengobatannya

          >

          > Terima kasih

          >



          [Non-text portions of this message have been removed]



























          [Non-text portions of this message have been removed]
        Your message has been successfully submitted and would be delivered to recipients shortly.