(ask) fungsi estrogen

  • nicole bennington
    Message 1 of 4 , Oct 1, 2011
      dear para dokter,
      mohon infonya ttg fungsi estrogen buat cewek?
      apa benar kalau minum pil yg menstimulasi produksi estrogen bisa membesarkan payudara???seperti iklan produk kecantikan yg lagi laris belakangan ne.
      apa ada efek sampingnya kalau kebanyakan produksi estrogen itu?

      thanks a lot.

    • sandy qlintang
      Message 2 of 4 , Oct 2, 2011
        Dear Nicole,

        Estrogen alami yang diproduksi oleh tubuh dapat kita bagi menjadi 3 jenis, yakni :
        * Estrone yang diproduksi oleh tubuh selama masa menopause
        * Estradiol yang diproduksi oleh tubuh sepanjang masa seorang wanita dari masa pertama menstruasi (menarche) sampai sebelum masuk masa menopause
        * Estriol yang diproduksi oleh tubuh pada saat kehamilanKekuatan efek estradiol lebih besar dibandingkan dengan estrone.

        Estrogen diproduksi, baik pada pria maupun wanita, namun produksinya jauh lebih besar pada seorang wanita.

        Fungsi Estrogen pada wanita adalah :

        1. Membentuk ciri-ciri sekunder kewanitaan, seperti payudara
        2. Mengatur siklus menstruasi normal seorang wanita
        3. dan lain-lain
        Efek samping yang paling ditakutkan dalam pemberian hormon estrogen dari luar (bukan alami) adalah menjadi faktor pencetus terjadinya kanker payudara, terutama bagi mereka yang sudah memiliki "bibit" nya, disamping itu juga memiliki efek samping lainnya terhadap pembekuan darah, seperti serangan stroke, sumbatan pembuluh darah, dll.

        Jadi hati-hatilah untuk menggunakan hormon estrogen ini tanpa konsultasi dari dokter ahlinya, terlebih untuk hal-hal yang bukan berkaitan dengan pengobatan yang saat ini mungkin marak digunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

        Salam,
        dr Sandy

        ________________________________
        Dari: nicole bennington <nicole_bennington@...>
        Kepada: dokter_umum@yahoogroups.com
        Dikirim: Minggu, 2 Oktober 2011 2:56
        Judul: [Dokter Umum] (ask) fungsi estrogen

[...]

      • Dr.(Naturopathy) Ir. Donny Hosea MBA. PhD
        Message 3 of 4 , Oct 4, 2011
          Hello,
          Mengenai estrogen sdh dijelaskan dr.Sandy.
          Yg saya mo korek adalah pola pikir yg lain sbb:

          Kalau anda menjabarkan ttg pertumbuhan organ tubuh, mulai dari dlm
          kandungan sampai pada Tua n mati, maka akan tersirat berbagai kendala n
          tdk hanya persoalan hormonal yg memegang peranan, apalagi hanya satu
          bagian hormon dg nama etrogen yg anda tanyakan.
          Khusus kalau melihat payu,
          anatommy
          Maka sebagian besar bentukan ditentukan oleh lemak (E) n sedikit otot
          (F) serta kelenjar susu (B)
          Jadi bagaimanakah caranya utk mendapatkan bentukan payu yg baik? apakah
          dg estrogen?
          Tentu tidak demikian bukan, kecuali estrogen membentuk lemak tubuh anda
          sehingga terisilah bagaian tersebut dg lemak, tapi dg sendirinya bila
          demikian, bagian pinggul, pantat, dll juga akan terisi jadi tdk semata
          bisa mengalokasikan lemak utk just in time fill the whole of breast.

          Oleh karena itu namanya iklan, ya anda akan tau sendiri karena maksudnya
          agar hormon buatan itu cepat n banyak laku.

          Anda sebenarnya bisa membentuk payu dg berolah otot pada daerah dada n
          ini berarti bukan estrogen tetapi testoteron n tentu saja protein yg
          diperlukan.
          Nah masih ada kendala lain yaitu umur, semakin berumur sesorg akan
          semakin sukar membentuk organ s3ksualnya karena waktu n produksi hromon
          lainya menajdi berangsur kurang seiring dg waktu.

          Disamping itu, penggunana interfrensi hormonal dg hormon2 buatan akan
          jauh merugikan tubuh dibanding mempelajari tubuh apa yg kurang, apa yg
          salah, n menggenapi serta memperbaikinya.
          Lalu beri kebebasan tubuh menyeimbangkanya.
          Pemberian interfrensi hormonal akan mengganggu hormon2 lainya yg juga
          akan berusaha menyeimbangkan dg yg ditambahkan tadi, n hasilnya akan
          sangat bervariasi, mulai dari irregular menses, sampai pada muculnya
          cancer, serta kelainan tubuh yg lainya

          Jadi apakah perlu menginterfrensi tubuh dg pola iklan pada hal belum
          tentu akan memberikan dampak baik bagi tubuh anda?

          Demikian, semoga cukup mudah dipahami,
          Sallam,

          Catatan: Sebenarnya akan lebih baik bila anda mempostkan di
          medisiana.com karena dg demikian semua member bisa juga memperoleh
          gambarnya, sementara di dokter_umum hanya anda karena hanya anda yg bisa
          menerima gambar.

        • nicole bennington
          Message 4 of 4 , Oct 4, 2011
            Dear all,thanks a lot buat penjelasannya.
            @dokt donny : berhubung saya tidak punya account di medisiana, saya akan register dulu yah.baru bisa post disana.

            regards,
            nicole

[...]

            "Absolutely Drug less Health Care solution Organization"