Suntik TT, perlu atau tidak ?

  • S. Agus S.N
    Message 1 of 4 , Jul 9, 2008
      Untuk anggaota milis,...

      Ada beberapa pertanyaan yang ingin saya ajukan mengenai suntik TT.
      Perlukah suntik TT ?Apakah fungsi suntik TT ?Saya pernah dengar informasi dari petugas kesehatan di sebuah puskesmas, bahwa sebenarnya suntik TT itu tidak diperlukan, karena kita dari kecil sudah banyak mendapat imunisasi. Benarkah hal tersebut ?Kiranya anggota milis bersedia menjawab tiap point pertanyaan saya.

      regards,

      Agus

    • Yossi Agung Arioseno, dr.
      Message 2 of 4 , Jul 10, 2008
        Absolutely wrong.

        TT sebenarnya sangat diperlukan TETAPI harus dilakukan secara berkala /
        teratur. TT diperlukan untuk mencegah tetanus, yg notabene bakteri
        penyebabnya masih banyak ditemukan di indonesia dan gampang menginfeksi
        melalui luka yg terbuka. Bisa dicek di websitenya CDC.. googling aja ya pak

        cheers

        Regards,

        Y. Agung Arioseno, dr.

        Message 3 of 4 , Jul 11, 2008
          Terima kasih atas jawaban dokter, ada lagi yang mau saya tanyakan.

          Dokter menyebutkan bahwa suntik TT dilakukan secara berkala, misalnya TT-1 ke TT-2 jaraknya 4 minggu, apakah harus tepat 4 minggu ?. Bagaimana jika terjadi keterlambatan melakukan TT-2 ?. Terima kasih.

          regards,

          Agus

          Message 4 of 4 , Jul 14, 2008
            Ada rekan millist yang pernah ngalami kena penyakit batu empedu ngak? Apakah batu empedu itu mengakibatkan sendawa yang terus menerus ngak ?(1jam bisa 200x)
            Terus apa rasanya kalu dipotong kantung empedunya ? apa efeknya? ada yang pernah ngalaminya? Thanks