Re: [Dokter Umum] Rontgen 1

  • Putu Adi Susanta
    Message 1 of 5 , Jul 1, 2008
      wah ini bidang saya kayanya :)

      Tidak ada yang namanya "berapa kali" untuk pengukuran radiasi yang terima
      tubuh dalam ilmu radiologi, yang ada adalah satuan RAD, REM dan Gray.

      Untuk masyarakat umum batas maksimal yang diperbolehkan oleh IAEA adalah 1
      Rem / tahun. Akan tetapi jika radiasi memang diperlukan untuk diagnosa,
      batasan tersebut ditoleransi.

      Jangan khawatir terkena dampak negatif radiasi, alat2 radiologi sekarang
      sudah semakin canggih, dengan sedikit radiasi sudah bisa menentukan
      diagnosa.

      Kalo bisa saya jelaskan dengan bahasa warung kopi : untuk ronsen dada dalam
      setahun jangan sampai lebih dari 10 kali gitu.

      --------

      2008/7/1, Makmur AS <makmur_siboro@...>:

      > Dear all,
      > Mau tanya,
      > apakah ada batasan rontgen ? misalnya
      > maksimum 5 kali se tahun, atau dapat 1 kali seminggu atau
      > apakah ada efek sampingnya ?
      > Mohon pencerahan..
      > Thanks
      > MAkmur

    • Dr.(Naturopathy) Ir. Donny Hosea MBA. PhD
      Message 2 of 5 , Jul 1, 2008
        Hello Makmur,
        Tipikal radiasi yg diperbolehkan utk manusia (masih dlm batas toleransi
        bisa disembuhan oleh diri sendiri):
        200 mRem / tahun
        Radiasi Kosmik per tahun sekitar 95mRem
        Radiasi TV per tahun per 1 jam per hari = 36.5 mRem
        1 Rem = QF Rad
        QF = limit atas RBE
        RBE = efek dosage x-ray dg 250 Kev generator / (baca dibagi) efek yg
        sama dg refrense radiasi

        Angab QF = 1 karena sumber adalah alpha beta gama (X-Ray) jadi kurang
        lebih batas max radiasi yg dibolehkan per tahun hanya sekitar 100 mRad

        Jadi kalau anda spot x-Ray sekali memakan 10 mRad, maka max 10 kali anda
        boleh gunakan x-Ray tadi dlm kurun 1 tahun.
        Ini kalau murni hanya x-Ray yg anda spotkan, kalau ada MRI, CT, Usg,
        maka perlu dihitung lagi berapa generated mRad pada alat2 tersebut.
        Demikian juga bila anda hidup dibawah jaringan microwave misalnya, maka
        besaran kosmic pertahunnya naik, n dg sendirinya besaran spot boleh
        pertahunnya menurun, karena jumlah total hanya 200 mRad; demikian juga
        kalau anda pantek di depan monitor TV sehari 12 jam maka radiasi nya
        dikurangin lagi dg 48.5 mRad yg artinya spot x-ray hanya boleh dialkukan
        5 kali saja.

        Demikian, semoga bermanfaat,
        Sallam,

        --

        "Absolutely Drug less Health Care solution Organization"
      • Makmur AS
        Message 3 of 5 , Jul 1, 2008
          Dear Sir,Thanks atas penjelasan dan informasinya..
          sangat bermanfaat bai saya.Makmur

          2008/7/1, Makmur AS <makmur_siboro@ yahoo.com>:

> [...]

          > Mau tanya,

          > apakah ada batasan rontgen ? misalnya

          > maksimum 5 kali se tahun, atau dapat 1 kali seminggu atau

        • Makmur AS
          Message 4 of 5 , Jul 2, 2008
            Pak Dony,
            Thanks atas penjelasannya Dr. DonyIt is useful for me...

            --

            "Absolutely Drug less Health Care solution Organization"