Re: salam kenal...reply

  • wyn_0909
    Message 1 of 4 , Oct 1, 2007
      keloid adalah pertumbuhan jaringan baru hasil granulasi biasanya jika
      di persendian pertumbuhan keloid bisa menyebabkan perlengketan atau
      kontraktur sehingga sulit untuk digerakkan,pertumbuhan jaringan ini
      sering berlebihan sehingga menimbulkan keloid yang tebal dan tak
      beraturan solusinya biasanya dilakukan operasi bedah plastik untuk
      merepair kontraktur dan membuang jaringan yang berlebih.operasi ini
      juga akan dilakukan skin graft untuk menutupi jaringan kulit secara
      kosmetik lebih baik, menurut saya asalkan penanganannya baik dan bebas
      infeksi operasi pada keloid ataupun kontraktur sangat bagus dilakukan
      untuk penyembuhan maupun segi kosmetik, anda bisa berkonsultasi ke
      dokter bedah plastik di kota anda.terimakasih
    • ikbalga
      Message 2 of 4 , Oct 1, 2007
        Pertama harus dibedakan, apakah itu keloid ataukah post burn
        contracture scar (jaringan ikat yg kontraksi setelah mengalami luka
        bakar) hal ini sangat penting karena penanganannya nanti akan sangat
        berbeda. utk pbcs biasanya bisa dilakukan operasi utk merelease
        melepas jaringan ikat yang kontraktur dan apabila dibutuhkan bisa
        dilakukan skin graft atau mungkin flap dan penatalaksanaan pasca
        operasi tdk begitu sulit. tapi kalau memang keloid relatif lebih
        susah, karena kalaupun di operasi dan jaringan keloid dibuang
        kemungkinan untuk muncul lagi sangat besar, skin graft juga tidak
        dianjurkan karena donor site (daerah donor mungkin akan menjadi
        keloid juga) biasanya dilakukan pembuangan jaringan keloid,
        dilakukan perawatan pasca operasi dengan pressure garment dan
        mungkin penyuntikan steroid tapi tetap kemungkinan terjadinya keloid
        ulang cukup besar. untuk lebih baiknya sebaiknya anda hubungi dokter
        bedah plastik terdekat

        salam

        ibay

        --- In dokter_umum@yahoogroups.com, "rokolu" <rokolu@...> wrote:

> [...]
        > pengoprasian pengangkatan daging tumbuh tersebut..
        >
        > tp ada yang sedikit membimbangkan kami...
        > yaitu kemarin malam kami dapat informasi dari salah seorang
        > penyandang dana yang dulunya pernah pula mengalami keloit...
        > dia mengatakan bahwa kalau sampai keloit itu d oprasi maka akan
        > tumbuh kembali dan akan semakin parah..
        > dia menyarankan kami utk tdk meng oprasi melainkan di suntik...
        >
        > apa itu benar dok...???
        >
        > kami sangat membutuhkan sarannya terima kasih....
        >
        > ps: keterangan mengenai anak tersebut ada elenambelas.multiply.com

      • Andri yarusman
        Message 3 of 4 , Oct 1, 2007
          Berikut informasi lebih lanjut;

          Keloid adalah benjolan padat di kulit (berwarna kecoklatan, kemerahan) yang merupakan pertumbuhan berlebihan jaringan fibrosa setelah penyembuhan luka. Benjolan ini (keloid) makin luas melebihi batas luka dan sering terasa gatal.

          ANGKA KEJADIAN
          Keloid lebih sering terjadi pada kulit gelap (berwarna) dibanding kulit putih. Persentase kejadian sama antara pria dan wanita. Lebih sering terjadi pada usia anak-anak dan dewasa muda (10-30 tahun).

          FAKTOR PENYEBAB
          Penyebab pasti masih menjadi perdebatan. Diduga karena adanya proses peradangan pada kulit, bisa akibat luka, jerawat atau berbagai sebab yang menimbulkan peradangan.
          Faktor-faktor yang berperan terhadap terjadinya keloid, antara lain:

          Faktor keturunan dan ras. Kulit gelap (berwarna) lebih sering dibanding kulit putih.
          Umur. Lebih sering terjadi pada usia muda.
          Jenis dan lokasi trauma (luka). Keloid lebih sering terjadi pada peradangan yang lama sembuh. Dan lebih mudah terjadi pada daerah dengan regangan kulit yang tinggi, misalnya: dada, bahu, leher, kepala dan tungkai.
          TANDA-TANDA
          Benjolan keras, tidak teratur, berbatas jelas, menonjol, berwarna kecoklatan, kemerahan. Awalnya kenyal seperti karet, licin dan acapkali terasa gatal. Lama kelamaan benjolan tersebut mengeras dan tidak terasa apa-apa.

          PENGOBATAN
          Berbagai cara pengobatan dapat dilakukan untuk meratakan tonjolan keloid, antara lain:

          Injeksi kortikosteroid (triamcinolone acetonide) intralesi (injeksi langsung pada permukaan keloid).
          Pembedahan. Cara ini justru menimbulkan keloid baru yang lebih luas dari sebelumnya. Ada sementara pendapat yang menyatakan bahwa pembedahan disertai perban tekan dan injeksi steroid intralesi memberikan hasil baik.

          Bedah beku (cryotherapy) menggunakan nitrogen cair. Lebih efektif jika dikombinasi dengan injeksi kortikosteroid intralesi.
          Laser karbondioksida.

          ikbalga <ikbalga@...> wrote: Pertama harus dibedakan, apakah itu keloid ataukah post burn

          ANDRI YARUSMAN