Re: [Dokter Umum] Tanya : Hydrosalping Bilateral

  • endraya pra
    Message 1 of 2 , Mar 31, 2007
      Mas,
      Pemeriksaannya HSG atau hidrotubasi ?
      HSG untuk melihat kelainan di sistem saluran rahim dengan penyuntikkan zat kontras dan di foto dengan X-ray, sedangkan kalau istilah ditiup ( hidrotubasi ) tidak bisa melihat adanya hydrosalphynx ( pelebaran ).
      Hydrosalphynx adalah pelebaran yang disebabkan adanya sumbatan pada bagian ujung tuba sehingga sel telur tidak bisa masuk untuk bertemu dengan sperma.

      Salam.

      Adhy Syaefudin <adhy.syaefudin@...> wrote:
      Dear All..

      Mohon pencerahan dan sharing nya..

      Kemarin kakak saya melakukan pemeriksaan Rahim, pemeriksaan itu yang
      biasa dikenal dengan "Tiup Rahim", untuk mengetahui ada tidaknya
      penyumbatan di Tuba Valopi..

      Al hasil.. kakak saya di Vonis memiliki kelainan di saluran Tuba
      Valopi dengan istilah "Hydrosalping Bilateral", namun Hydrosalping
      yang diderita kakak saya bukan merupakan penyempitan saluran Tuba,
      melainkan adanya Pembesaran saluran di Ujung Tuba.

      Menurut Dokter.. Pembesaran itu menyebabkan tidak dapatnya Sel Telur
      sampai ke Rahim, karena ketika berjalan dari ovarium menuju rahim pada
      saluran Tuba, terjebak di area yang membesar tersebut. Sehingga Sel
      Telur akan terlebih dahulu mati di area yang membesar tersebut, karena
      pada area tersebut "bulu-bulu halus" yang berfungsi untuk menggerakan
      sel telur ke Rahim sudah tidak berfungsi.

      Sehingga kakak saya di Vonis tidak dapat memiliki keturunan selain
      dengan proses Bayi Tabung.

      Pertanyaannya :
      1. Adakah yang mengalami hal yang sama?
      2. Adakah kemungkinan pengobatan? dan apa alternatif pengobatan itu?
      3. Adakah solusi lain selain Bayi Tabung?

      Mohon sharing dan informasinya..
      Terima Kasih..

      --
      Best Regards