Re: [Dokter Umum] Help, baya saya ada benjolan di ketiak

  • okta viani
    Message 1 of 12 , Jul 31, 2006
      pak andrew, waktu anak saya disuntik bcg juga timbul benjolan dan bernanah, kalo dipencet juga tidak sakit, tapi kalo dia benjolannya tepat di bekas suntik bcg, dan kata dsa saya itu memang efek lanjut dari bcg, bcg dikatakan berhasil jika timbul benjol dan bernanah. kalo bapak ragu, bapak konsul aja lagi ke dsa

      andrew <dbmsidmilis@...> wrote: iyah pak dokter di lengan yang sama..
      apakah itu akibat bcg?
      seberapa bahaynya hal tersebut?

      hormat saya
      andrew

      Message 2 of 12 , Aug 1, 2006
        terimaksih,

        dan saat ini bagaimana dengan bayi anda?
        sudah sembuh? sudah umur brapa bayinya?

        andrew

> [...]
          >
          > a> mohon informasinya ya pak dan bu dokter
          > a> kalau nanti saya priksakan ke dokter mana? umum? akhli apa?

        • QC ENG
          Message 4 of 12 , Aug 1, 2006
            Terima kasih P. Andrew,
            Sekarang bayi saya sudah berusia 19 bulan, anaknya tumbuh baik dengan berat
            badan 12.5 kg. Tidak ada masalah dalam perkembangan tubuhnya seperti
            anak-anak yang lain. Saya juga berharap semoga dengan rencana dokter
            melakukan pengobatan selama 9 bulan anak saya dapat dinyatakan sembuh.
            Sebelum terlambat segera bawa anak anda untuk mendapatkan perawatan yang
            terbaik.

            Salam,
            Nina

            > dan saat ini bagaimana dengan bayi anda?
            > sudah sembuh? sudah umur brapa bayinya?
            >
            > andrew

          • QC ENG
            Message 5 of 12 , Aug 1, 2006
              Menurut dokter tempat anak saya dirawat, mungkin dalam tubuh anak saya tidak
              terbentuk imun dan sebenarnya banyak keterangan yang diberikan kepada saya
              tetapi saya kurang paham dengan bahasa kedokteran, mungkin yang lain bisa
              menambahkan. Yang pasti itulah yang terjadi pada anak saya.

              Salam,
              Nina

> [...]
              > Semoga bermanfaat dan segera bawa anak anda ke dokter Sp. Anak untuk
              > memastikan kondisinya serta mendapatkan informasi yang lebih lengkap.

            • andrew
              Message 6 of 12 , Aug 2, 2006
                ok Nina,
                anak saya sudah ke dokter dan di beri antibiotik 2x sehari
                kata dokter 1 minggu lagi bisa di lihat perkembangan
                kata dokter itu komplikasi BCG
                dan memang benjolan di ketiak agak besar
                dan mungkin ke gesek2 jadi agak merah

                tapi kata dokter tidak terlalu bahaya

                ya jadi rada lega,
                oh ya dokter bilang obatnya memang berbulan-bulan

                salam

              • imcw
                Message 7 of 12 , Aug 2, 2006
                  imho,

                  tbc bukan virus mbak tetapi basil sejenis bakteri...keberhasilan
                  vaksinasi tbc sangat terggantung dari proses
                  penyuntikan...keberhasilan proses ini ditandai dengan munculnya
                  scar/jaringan parut pada tempat penyuntikan...bila tidak maka dapat
                  dipastikan proses penyuntikan itu gagal dan si anak dapat terkena
                  tbc...
                  --
                  I Made Cock Wirawan

                  okta viani quotes,

                  ov> katanya vaksin bcg untuk mencegah penyakit tbc, kok masih
                  ov> bisa kena juga yah? apa ini jenis virusnya berbeda?

                  -end quotes-

                  milis kesehatan umum : dokter_umum-subscribe@yahoogroups.com

                • andrew
                  Message 8 of 12 , Aug 2, 2006
                    pak made, berarti anak saya gagal ?

                    berarti nanti harus di suntik ulang?
                    soalnya sebelum benjolan , yang di suntik di punggung
                    dan bekas suntikan bernanah dan pecah..

                    andrew