Re: [Dokter Umum] tanya perut kembung

  • Dani Iswara
    Message 1 of 12 , May 1, 2006
      Perut kembung (flatulen) dikatakan sbg meningkatnya jml udara/gas dlm sal cerna

      Biasanya dipicu oleh keadaan stress, konsumsi makanan tertentu yg berlebihan (pedas, kurang serat, susah dicerna, dll), kelainan sal cerna

      Jika 'pembersihan'/'pembuangan' yg melibatkan usus besar, lbh sering disebut 'cleansing' drpd detoksifikasi,
      tiap hari tubuh kita scr alami sebenarnya telah melakukan detoksifikasi (keringat, BAB, kencing, dll) yg sering melibatkan fungsi hati/hepar/liver

      Message 2 of 12 , May 1, 2006
        beberapa tahun lalu saya pernah mengalami masalah di maag,
        awalnya dokter bilang bahwa lambung saya mengalami
        kelebihan HCl...diberi obat dan tidak sembuh.
        akhirnya saya pindah dokter dan ternyata dia mendeteksi bahwa
        saya kekurangan HCl.

        nah yg menjadi pertanyaan:
        1. dengan gejala yg sama, ternyata penyebab penyakit maag
        saya berbeda.
        kalau begitu apa letak perbedaan yg benar2 signifikan antara
        kekurangan dan kelebihan HCl di lambung?

        2. dokter saya menganjurkan saya untuk meminum air kunyit,
        dan ternyata sembuh...
        ada apa dengan kunyit?

        mohon pencerahan...
        terimakasih...

        --- In dokter_umum@yahoogroups.com, Dani Iswara
        <iswara_wp@...> wrote:

> [...]
        > tiap hari tubuh kita scr alami sebenarnya telah melakukan
        detoksifikasi (keringat, BAB, kencing, dll) yg sering melibatkan

      • Dani Iswara
        Message 3 of 12 , May 1, 2006
          Dispepsia (keluhan umum rasa tdk nyaman di perut/maag) dpt disebabkan kelebihan atau kekurangan asam lambung (HCl) (krn kelainan bagian usus sendiri atau krn pengobatan jangka panjang/dosis tinggi penekan HCl). Banyak penyebab dispepsia yg lain (multifaktorial) dan bbrp mekanismenya blm jelas diketahui.
          Kunyit mengandung curcumin yg dpt memperbaiki usus luka dan bersifat anti radang/anti inflamasi

          yg penting, evaluasi penyebab agar tdk kambuh :)

          Alvin Daniel <alvindaniel_net@...> wrote: beberapa tahun lalu saya pernah mengalami masalah di maag,

        • Chandra R.
          Message 4 of 12 , May 1, 2006
            Hello Alvin,

            Monday, May 1, 2006, 4:26:30 PM, you wrote:

> [...]
            > kelebihan HCl...diberi obat dan tidak sembuh.
            > akhirnya saya pindah dokter dan ternyata dia mendeteksi bahwa

            hati2 dgn gejala mag kronis, apalagi D/ hanya berdsrkan gejala klinis
            aja, disarankan melakukan pemeriksaan penunjang diagnostik lebih
            lanjut, utk memastikan apakah benar D/ tsb atau ada kelainan lainnya,
            yg ditakutkan suatu keganasan.
            --

            Best regards,

            Chandra R.
            chan8lus2006@...

          • rin
            Message 5 of 12 , May 2, 2006
              Bung Alvin,
              Mungkin bisa lebih mendetail ceritanya ttg kunyit yang anda konsumsi itu?
              Misalnya seberapa banyak utk sekali minum, bagaimana caranya, ditambah apa,
              berap alama..dll sebagainya,
              Terimakasih

              <iswara_wp@...> wrote:

> [...]
              > tiap hari tubuh kita scr alami sebenarnya telah melakukan
              detoksifikasi (keringat, BAB, kencing, dll) yg sering melibatkan

              Yahoo! Groups Links

            • Alvin Daniel
              Message 6 of 12 , May 3, 2006
                wah saya jg baru tahu tuh kunyit mempunyai fungsi
                anti-inflamatory...hebat juga herbal satu itu.
                penyakit maag, perih lambung banyak menghantui orang2
                khususnya orang2 kantoran seperti saya...
                mungkin krn sering telat makan atau faktor lain yg membuat
                stress bisa memicu kelebihan HCl.

                terima kasih pak Dani atas infonya.

                Message 7 of 12 , May 3, 2006
                  kunyit yg saya konsumsi itu sekitar 4 potong dgn ukuran
                  sebesar jari telunjuk org dewasa.
                  kunyit tsb bisa diparut/ di blend atau dgn mekanisme apa saja
                  pokoknya bisa mengeluarkan cairan kunyit itu.
                  boleh diminum dgn ampasnya bila doyan, kalau tidak suka ya
                  airnya tinggal diminum saja.
                  kalau memang sudah terbiasa, bisa dimakan langsung.

                  biasanya setelah meminum kunyit, 15 menit kemudian
                  langsung kentut dgn suara nyaring (sorry) dgn frekuensi diatas 5
                  kali dlm waktu 1 jam, perut lebih nyaman, dan perih lambung jg
                  berkurang.

                  sejak keluar dari rumah sakit 2 minggu lalu, smp sekarang saya
                  masih mengkonsumsi kunyit sebagai pengganti obat dokter.
                  karena kunyit tidak mempunyai efek samping yg merugikan ya
                  saya lanjutkan saja.
                  puji tuhan lambung saya sudah recover...

                  --- In dokter_umum@yahoogroups.com, "rin" <crist_a@...>

                • ..::Junian@GMail3::..
                  Message 8 of 12 , May 3, 2006
                    Yth. para Doker dan member

                    Sewaktu mengantarkan nenek check-up gula darah, saya melihat dokter
                    menggunakan alat digital bentuknya seperti flash-disk.
                    alat ini di tempelkan ke jari nenek, kemudian ada darah setitik di alat
                    tersebut, dan keluar angka pada layarnya.

                    Nah, kalau boleh tau nama alat ini apa ya?
                    apakah dijual di pasaran? dan harganya berkisar berapa?

                    terima kasih sebelumnya...

                    Wrm-Rgrds,

                    ..::Junian@Office::..
                    Mobile1 : +62 818.39.7889
                    =================
                    PT. KING JIM INDONESIA
                  • dwi harto prayitno
                    Message 9 of 12 , May 4, 2006
                      Dear

                      Saya pernah liat alat tersebut di jual bebas di Pasar Pramuka. Klo ngga salah namanya Accu Check, harganya lupa ^_^ !

[...]

                      Health and wellness program Diet fitness health nutrition wellness Health promotion and wellness

                    • BUDI BUDI
                      Message 10 of 12 , May 4, 2006
                        Hi Junian,

                        Yach tentunya alat test glucosa dijual di pasaran harga berkisar sekitar 350-500rb di daerah glodok harco, tapi kertasnya yang mahal sekitar 300rb juga isi 50lembar.
                        Thanks

                        "..::Junian@GMail3::.." <Junian.Alamsyah3@...> wrote:
[...]

                        Health and wellness Health wellness product Health care Health and wellness program Diet fitness health nutrition wellness Health promotion and wellness

                      • Maria Vincentia
                        Message 11 of 12 , May 5, 2006
                          Namanya Glukometer, salah satu merknya Accutrend.
                          Harga setahu saya mulai 400 rb ke atas.

                          salam,

                          --- "..::Junian@GMail3::.."

                          http://mail.yahoo.com