Re: [dokter_umum] Tanya Stroke

  • KummY
    Message 1 of 4 , Nov 1, 2002
      mungkin saya bisa sedikit membantu...

      On Fri, 1 Nov 2002 08:43:54 +0700, Pipit wrote:

      Salam kenal,

      Saya ingin menanyakan beberapa pertanyaan:
      1. Ayah saya, 60 th, kena stroke akibat darah tinggi, hampir 2 tahun,
      lumpuh
      kanan. Sekarang sudah bisa jalan (kaki kanan agak diseret). Kaki
      kanan agak
      bengkak, isi air barangkali. Biar lebih cepat sembuh, apa memang
      harus diet
      ketat? Apa aja yang harus dihindari dan apa yang sebaiknya
      dikonsumsi?

      biasanya kalau kaki jarang digerakkan (salah satu sebabnya), akan
      menyebabkan kaki bengkak seperti ini. Aliran darah yang berjalan dari
      kaki ke jantung akan melambat. Lama2, tekanan dari bawah untuk ke
      jantung akan meninggi yang mengakibatkan cairan plasma yang ada di
      pembuluh darah perlahan-lahan akan pindah/bermigrasi keluar pembuluh
      darah, dan terjadilah kaki bengkak.

      Untuk mengatasi ini, bila ayah mas pipit tidak sanggup berjalan,
      tekukkan kaki ayah mas pipit sesering mungkin. Jadi jangan sampai
      kaki kanan ayah mas pipit tidak bergerak sama sekali.

      2. Kaki ayam kampung & ayam potong apa sama khasiatnya? Hati ayam apa
      baik
      untuk bayi?(Dalam menu tim saring sering disarankan). Bila tidak, apa
      penggantinya?

      pertumbuhan bayi.

      begitu juga hati ayam. fungsi hati adalah untuk memetabolisme semua
      zat2 yang diperlukan bagi tubuh sehingga hati kaya akan zat2
      tersebut. Zat2 ini sangat diperlukan bayi yang tubuhnya belum
      sempurna betul untuk mengolah sumber makanan yg ia makan. Berlawanan
      dengan orang dewasa (tua) yang dianjurkan untuk tidak makan hati
      secara berlebihan. Kenapa? karena tubuh orang tua sudah mampu
      membentuk zat2 itu tadi. Dan bila berlebihan, salah satunya bisa
      menyebabkan penigkatan asam urat.

      3. Mengkonsumsi obat batuk laserin terus menerus apa aman? (ada kayu
      manisnya juga). Di leafletnya dikatakan aman untuk wanita hamil
      & anak-anak.

      sebagai minuman sehari2...:p hehehe...

      amat untuk wanita hamil dan anak2 dengan dosis tertentu tapi...

      CMIIW.... :p

      KummY
    • Cock Wirawan
      Message 2 of 4 , Nov 1, 2002
        balasan email untuk Pipit,

        1. kaki kanan bengkak, apakah itu edema atau bengkak biasa, harus anda
        bedakan...kalo bengkak biasa, biasanya bila ditekan akan cepat kembali
        sedangkan bila edema maka kembalinya akan lambat...biasanya edema pada
        kaki terjadi bila ada gangguan dalam kadar albumin dalam darah atau
        sering disebut hipoalbumin...hipoalbumin ini terjadi biasanya pada
        pasien dengan gangguan hati dan ginjal...biar cepat sembuh maka anda
        harus segera berkonsultasi kepada dokter terdekat guna dilakukan
        pemeriksaan lebih lanjut...

        2. kaki ayam kampung mengandung banyak kalsium sedangkan hati ayam
        banyak mengandung zat besi guna pertumbuhan sel² darah merah

        3. mengkonsumsi obat apapun jenisnya dalam jangka panjang akan sangat
        merugikan tubuh, karena obat merupakan senyawa kimia yang bereaksi
        pada tubuh yang normal, dan tempat yang paling terbebani dalam
        metabolisme tersebut adalah hati...memang dalam brosurnya dikatakan
        aman bagi anak dan bumil tetapi bukan berarti dapat diberikan secara
        terus menerus...tergantung jenis penyakit yang diderita oleh pasien
        tersebut...
        --
        ¤©¤©¤©¤©¤©¤©¤©¤©¤©¤©¤©¤
        Cock Wirawan

        emailnya Pipit yang ditulis pada hari Jumat 01 Nopember 2002, pukul 09:43:54 :
        -=*=-

        ingin konsultasi kesehatan umum, join aja ke dokter_umum-subscribe@yahoogroups.com
      • reendra [ W+ ]
        Message 3 of 4 , Nov 2, 2002
          halo Pipit,

> [...]
          > ketat? Apa aja yang harus dihindari dan apa yang sebaiknya dikonsumsi?

          kalo strokenya disebabkan oleh darah tinggi, maka sembuhkan dulu darah
          tingginya ... anda tentu sudah paham betul penyebab darah tingginya
          ... karena kalo darah tingginya tidak distabilkan (mungkin dokter²
          bisa kasih referensi berapa normalnya) terapi tersebut jadi percuma

          kalo sudah stabil, baru strokenya ... biasanya ini yang sulit. Saya
          sekarang juga sedang memantau terapi ibunya teman saya yang terkena
          stroke ringan selma 2 tahun.
          dan alhamdulillah beliau sudah bisa mengingat beberapa kosakata yang
          umum beliau celotehkan dikala sehat.

          --
          Best regards,
          reendra mailto:reendra@...