Re: [Dokter Umum] butuh informasi tentang streptococcus

  • syirotul aini aini
    Message 1 of 6 , Aug 1, 2005
      jenis2 Streptococcus:
      -S. beta hemolyticus grup A
      -s. pneumonia
      -S. viridans(flora noormal pd tubuh manusia
      -S.faecalis

      biasanya demam apalagi bayi atau anak.karena proses
      terjadinya demam kan krn tubuh bereaksi melawan benda2
      asing.
      yang meluas ke telinga itu infeksinya.
      terjadi bintik2 kemerahan yang menyebar

    • QC_ENG
      Message 2 of 6 , Aug 1, 2005
        Ikut berbagi pengalaman,
        Dulu ketika anak saya berusia 18 bulan (sekarang 6 th) terinfeksi
        Streptococcus pada hidungnya. Awalnya seperti bisul yang saya ketahui pada
        pagi hari, setelah sore saya perhatikan radang meluas di bibir dan pipi,
        keesokan harinya sampai ke mata, sangat cepat sekali... Kasihan saya
        melihatnya, mata bengkak, bibir bengkak dan hampir seluruh mukanya rata dan
        kalau dilihat secara seksama seperti berlubang-lubang pada kulitnya,
        badannya panas sekitar 38 - 39 oC, tidak nafsu makan maupun minum susu
        akhirnya dia harus masuk rumah sakit untuk injeksi antibiotik karena obat
        oral sudah tidak mampu. Dokter mengkuatirkan sampai ke otak, puji Tuhan
        setelah 2-3 hari diberikan antibiotik secara intensif berangsur-angsur
        bengkaknya berkurang. Untuk pemeriksaan darah lab point LED dan Leokositnya
        yang mengalami peningkatan.
        Semoga menambah wawasan bagi kita bersama.

        salam,

> [...]
        > apa harus disertai demam?
        > apa yang dimaksud dengan meluas ke telinga?, apa
        > fisiknya seperti kulit kering dan bintik-bintik merah

      • Puspitasari Rini
        Message 3 of 6 , Aug 1, 2005
          terima kasih untuk saudara/i QC_ENG atas berbagi
          pengalamannya.
          saya memiliki seorang putra yang sekarang berusia 7
          minggu. sejak 0 bulan anak saya dikatakan oleh dokter
          memiliki kelebihan bakteri streptococcus kalo tidak
          salah contek dari surat dokter, streptococcus ini
          jenis strep.agalactiae(B) (mencontek surat dokter).
          dokter bilang jika demam harus segera dibawa ke rumah
          sakit.
          dan sekarang ini sekitar wajah anak saya terdapat
          bintik-bintik merah (terkadang hilang) kulitnya
          cendrung kering apalagi disekitar daun telinga bagian
          depan malah sedikit mengelupas. tetapi tidak demam
          hari-hari saya selalu diselimuti dengan kekhawatiran

          apakah yang dialami anak saya ini ada hubunganya
          dengan streptococcus?
          dan apakah yang sudah pernah terjangkit bakteri ini
          bisa terjangkit lagi?

          untuk saat ini saya hanya memberikan anak saya asi dan
          susu formula (60-90 ml) setiap hari dan vit.D yang di
          anjurkan Dokter dan bidan disini.
          atas responnya saya ucapkan terima-kasih

          http://www.yahoo.com/r/hs