TANYA HASIL TES LAB & RONTGEN

(26270)
  • c4tur_hp
    Nov 30, 2013 Expand Messages

      Dokter yang terhormat,

      Anak saya usia 2 tahun 1 bulan. Terdapat benjolan kecil-kecil di leher sebelah kanan dan kirinya. Benjolan ini sudah muncul saat usianya 6 bulan. Benjolan bisa digerakkan dan bersifat lunak. Sudah divaksin BCG saat umur 2 bulan.

      Anaknya aktif dan jarang sakit. Paling pilek dan batuk sebentar. Demam juga tidak pernah lama. Tapi berat badannya sekarang hanya 9,4 kg (2 tahun, 1 bulan) padahal makannya banyak (3 kali sehari).

      Hasil tes Mauntox: Normal

      Hasil Pemeriksaan Rontgen:

      Cor: Sinuses dan diagfragma normal, sqa

      Pulma: Hilus kanan melebar, lobulated, hilus kiri tertutup bayangan jantung. Tampak bercak infiltrat di perihiler kiri

      Kesan: Gambaran proses spesifik aktif dengan lymphadenopathy hilus kanan

      Hasil Tes Darah: Limposit 51 (lainnya normal)

      Menurut dokter spesialis anak yang memeriksanya, anak saya kena flek paru dan disuruh minum obat selama 2 minggu berturut2 kemudian nanti dilihat perkembangannya.

      Pertanyaan saya, apakah dengan hanya hasil seperti itu, anak saya sudah bisa dikatakan menderita TBC?

      Setahu saya untuk menentukan anak menderita TBC atau tidak harus dilakukan skoring, karena tidak mudah mendeteksi TBC pada anak. Yang dilakukan dokter pada anak saya waktu itu, hanya berdasarkan mantoux, rontgen, tes darah, dan fisik saja.

      Agar diketahui penyakit apa yang tepat pada anak saya, apa yang harus saya lakukan lagi? Mohon informasi dan penjelasannya.

      Terima kasih

    • Show all 2 messages in this topic