[ask] locking variable sistem

  • Dwitya Kusuma
    Message 1 of 6 , Jan 31, 2011
      sorry mau tanya lagi nih.

      jadi gw lagi develop sistem memo.

      jadi ada 2 table, yaitu dt_memo (untuk menyimpan content dan kelengkapan memo lainnya) dan dt_file (untuk menyimpan attachment dari memo tersebut)

      strukturnya seperti berikut :

           Dt_memo

          --------------

      |    Memo_id      |

      |    Klasifikasi      |

      |     Subject         |

      |     Content        |

              Dt_file

      -------------------

      |    No_file           |

      |    Memo_id      |

      |    File_path       |

      lalu, sewaktu akan melakukan insert ke database. gw set sebuah hidden field. untuk ambil next autoincrement dari "memo_id"..jadi sewaktu menyimpan data. data hasil upload tersimpan sesuai dengan "memo_id" yang sudah di set tadi. jadi memo_id di table dt_memo dan table dt_file seragam.

      tetapi, dengan metode tersebut terdapat masalah, yaitu apabila aplikasi memo ini di akses oleh 2 orang lebih..karena akan bentrok memo_id yang sudah di set di awal tadi.

      Mohon pencerahannya. :)

      --
      Dwitya Prawira Kusuma
      http://technoair.blogspot.com/
      Message 2 of 6 , Feb 1, 2011
        Kalau memory ID-nya pakai auto_increment ngga kok.
        <?php
        $memo['klasifikasi'] = 'A';
        $memo['subject'] = 'B';
        $memo['content'] = 'C';

        $this->db->insert('dt_memo', $memo);

        $memo_id = $this->db->insert_id();
        ?>

        Nanti $memo_id ini yang dimasukkan ke Dt_file. Walaupun dilakukan
        berbarengan, niulainya akan beda.

        LuckyGuy354
        IT Beginner

        http://www.wiwid.org
        http://www.pocisoft.com, Website & Web-based Application Consultant

[...]

      • Youppie Arliansyah
        Message 3 of 6 , Feb 1, 2011
          2011/2/1 Dwitya Kusuma <dwitya.prawira.kusuma@...>

> [...]
          >
          > tetapi, dengan metode tersebut terdapat masalah, yaitu apabila aplikasi memo ini di akses oleh 2 orang lebih..karena akan bentrok memo_id yang sudah di set di awal tadi.

          jadi begini,

          jadi, memo_id nya tidak usah disimpan di hidden field.

          Jadi biarkan saja begitu.

          Jadi, pas ada memo baru, masukkan saja ke table dt_memo, setelah itu
          ambil last insert id nya. Last insert id itu nanti kemudian
          ditambahkan ke dt_file.

          jadi, ya begitulah kira-kira......

          --
          Youppie
        • Imam AD
          Message 4 of 6 , Feb 1, 2011
            Mendingan memo ID ngga di fetch di hidden field (before insert)...
            tapi langsung aja pas query insert, langsung di generate trus langsung insert.

            pas insert di Dt_memo, insert memo_id nya pake MAX(Memo_id)+1, biar ngga bentrok, trus nanti jalanin insert_id(), nah return valuenya dipake buat set Memo_id di tabel Dt_file.

            Begono...

            Dulu pernah implement pake timestamp biar concurrency controlnya lebih maknyus (100% no conflict), tapi ribet..
          • Youppie Arliansyah
            Message 5 of 6 , Feb 1, 2011
              2011/2/1 Youppie Arliansyah <youppie@...>:

> [...]
              >
              > Jadi, pas ada memo baru, masukkan saja ke table dt_memo, setelah itu
              > ambil last insert id nya. Last insert id itu nanti kemudian

              Dear all, saya mohon maaf jika sekiranya gaya penulisan saya pada
              postingan sebelum ini kurang berkenan. Saya kurang menyadari bahwa
              postingan tersebut berada di milis codeigniter-id dan telah melakukan
              kecerobohan dengan menggunakan gaya penulisan yang rasanya kurang
              lazim di milis codeigniter-id ini. Sekali lagi saya mohon maaf jika
              kecerobohan ini mengakibatkan ketidaknyamanan bagi rekan-rekan
              sekalian.

              Terima kasih.

              --
              Youppie