SUPERMAN RETURNS-the review

  • maximast2000
    Message 1 of 12 , Jul 1, 2006
      SUPERMAN RETURNS (2006, Warner/Legendary/DC Comics/Bad Hat Harry)
      Genre : Action/Sci-Fi/Fantasy
      Starring: Brandon Routh, Kate Bosworth, Kevin Spacey, etc
      Director: Bryan Singer
      Story : Michael Dougherty & Dan Harris
      Music : John Ottman
      Runtime : approx. 153 minutes

      The Story
      Dibuka dengan opening credits yang disertai dengan theme Superman
      garapan John Williams, maka dimulailah kisah kembalinya si manusia
      baja. Lima tahun sudah Superman menghilang, kini ia kembali ke bumi,
      tempat pertama yang ia kunjungi adalah Smallville, dimana ia
      mengunjungi Martha, ibu asuhnya. Sementara itu, menghilangnya
      Superman membuat tak ada saksi yang bisa menghukum Lex Luthor. Kini,
      Luthor dibantu oleh tiga anteknya serta Kitty, pacarnya, menyambangi
      markas Superman di kutub untuk menggali informasi mengenai teknologi
      dari planet Kripton. Dengan teknologi ini, Luthor berencana membuat
      sebuah dunia baru dimana ia menjadi pemimpinnya. Sementara itu,
      sebagai Clark Kent, Superman kembali bekerja di Daily Planet, bertemu
      kembali dengan Chief Perry White serta rekan kerjanya Jimmy Olsen, dan
      tentu saja Lois Lane, yang ternyata telah memiliki seorang putera
      Jason, selain itu Lois ternyata telah bertunangan dengan Richard
      White. Hal ini sempat membuat hancur perasaan Clark, namun tak
      disadari olehnya perasaan Lois justru lebih hancur oleh karena
      hilangnya Clark tanpa pesan lima tahun yang lalu. Superman sendiri
      bertemu kembali dengan Lois, di saat Lois meliput tentang pesawat
      antar benua yang hampir saja membuatnya celaka. Ternyata, dalang dari
      semua kejadian ini adalah Luthor, namun dengan kelicikannya ia
      berhasil menyekap Lois dan Jason. Richard dan Clark pun berusaha
      menyelamatkan Lois. Toh, pada klimaksnya, Superman harus mati-matian
      menghadapi Luthor yang memiliki rencana untuk menguasai dunia dan
      menghabisi si manusia baja ini, akankah usaha Superman ini berhasil,
      sementara itu muncul pertanyaan apakah Jason benar-benar putera
      Richard dan Lois....

      THE RETURN OF MAN OF STEEL
      Setelah melalui proses yang lumayan alot mulai dari cerita,pemilihan
      bintang utama, serta sutradara, akhirnya muncul pula versi terbaru
      Superman ini. Penyutradaraan jatuh kepada Bryan Singer (The Usual
      Suspects, X-Men 1 & 2) yang karena terkatung-katungnya pembuatan X-Men
      3 akhirnya menerima tawaran dari pihak Warner Bros. untuk
      menyutradarai film ini. Sementara untuk pemeran utamanya dipilih
      bintang baru, Brandon Routh, yang berperan sebagai Superman/Clark
      Kent, disandingkan dengan Kate Bosworth (blue Crush, Beyond The Sea)
      yang berperan sebagai Lois Lane. Chief Perry White diperankan oleh
      Frank Langella (Good Night & Good Luck), ibu Clark Kent, Martha oleh
      Eva Marie Saint, aktor cilik Tristan Lake Leabu dipercaya memerankan
      Jason White yang punya rahasia besar, sedangkan Jimmy Olsen diperankan
      oleh Sam Huntington. Lalu, siapakah pemeran Lex Luthor? Dialah KEvin
      Spacey (Se7en, The Usual Suspects) yang begitu cemerlang memerankan
      tokoh antagonis ini. Lewat aktingnya, tokoh Lex Luthor menjadi
      sedikit psycho dan misterius, sementara Kitty, kekasihnya diperankan
      oleh Parker Posey (Blade:Trinity).

      Sebenarnya cerita film ini merupakan lanjutan dari Superman (1978) dan
      Superman II (1980), sehingga mungkin bagi mereka yang belum sempat
      menyaksikan atau mengetahui cerita dari dua film itu akan sedikit
      bingung ketika mengikuti cerita film ini terutama pada awal film
      (terbukti ada beberapa penonton yang sempat bertanya, loh koq
      begini/begitu). Dari segi penyutradaraan sendiri, rasanya tak salah
      apabila pihak produser memilih Bryan Singer untuk menggarap film ini.
      Singer berhasil memadukan adegan aksi, drama, komedi, dengan pas. Tak
      ayal beberapa kali penonton sempat memberikan applause untuk adegan
      aksi dalam film ini. Sementara dari segi akting, tak bisa dipungkiri
      akting Routh memang biasa-biasa saja, justru yang mencuri perhatian
      adalah akting dari Spacey yang begitu cemerlang. Untungnya, chemistry
      yang terjalin antara Superman dan Lois Lane, bisa ditampilkan dengan
      baik oleh Routh dan Bosworth. Visual efek film ini pun cukup oke
      ditambah lagi dengan set design yang oke punya. Sekarang kita lihat
      dari segi musik, John Ottman (Cellular, X-Men 2) menawarkan ilustrasi
      musik yang ciamik yang menyertai adegan-adegan dalam film ini dan
      membuat suasana begitu hidup, selain itu Ottman pun menampilkan sebuah
      theme baru bagi Superman Returns yang masih memiliki `citarasa` dari
      theme asli Superman gubahan John Williams. Yah, boleh dibilang kerja
      Ottman kali ini sangat memuaskan, imho loh.

      Superman Returns mungkin bisa mengobati kerinduan kita para moviegoers
      terutama para fans Superman yang sudah lama ingin menyaksikan aksi
      dari si manusia baja ini. Sekarang pertanyaannya adalah sampai jilid
      keberapakah petualangan terbaru si manusia baja ini akan dibuat dan
      bisakah film ini mengalahkan rekor box office bagi film-film superhero
      yang selama ini dipegang oleh para superhero dari Marvel Comics
      seperti Spider-Man dan X-Men? Well let`s see...

      Peace
      Joze
    • doddy rosadi
      Message 2 of 12 , Jul 3, 2006
        Buat ngalahin Spiderman, kayaknya berat....
        tapi, gue puas nonton Superman Returns, meski ada
        sedikit "pembelokkan" dari cerita komiknya.
        It's OK. Penantian panjang selama 19 tahun, sejak The
        Quest for Peace diputar disini, terbayar sudah.

        Tinggal mikir, kira-kira siapa Villain yang cocok buat
        ngelawan Superman di edisi berikutnya ???

        http://us.click.yahoo.com/TISQkA/hOaOAA/yQLSAA/jCTplB/TM

        http://mail.yahoo.com
      • : : Denny : :
        Message 3 of 12 , Jul 3, 2006
          Betul .. pas liat trailernya sempat was2 bakal ngalahin spidey, tapi abis ntn film nya yang adem2 aja itu kayaknya susah. Ternyata betul .. weekend pertama Supes cuma dapet $52 juta(estimate) ... gak ada separonya spidey. Bahkan untuk ukuran Independence Day Movie weekend aja masih dibawah Spider-Man 2 dan War of the World. Untuk film dengan bujet $260 juta(film termahal saat ini), Superman Returns sangat-sangat biasa...Adegan2 nya gak ada yang memorable babar blas

          ------------ --------- --------- --------- --------- --------- -~->

          > cinemagsFORUM: groups.yahoo. com/group/ cinemagsforum
          > Yahoo! Groups Links

          Do You Yahoo!?
          http://mail. yahoo.com

          "I have been stung by fate. I am it's prisoner. A prisoner of my own conscience. My love for the girl I want always to be with is locked within me. With me, she is always in danger from those who fight against me. Without her, I travel a lonely road. My story will always be about the loss of a girl...and every day I ask myself, how long can I endure this loneliness?"
          Spider-Man

          Do you Yahoo!?
          Everyone is raving about the all-new Yahoo! Mail Beta.

        • Teddy Andika Setiadi
          Message 4 of 12 , Jul 3, 2006
            Gw baru nonton kemarin (nomat), secara keseluruhan filmnya menghibur. Inget masa kecil, yang seneng liat manusia merah biru terbang. Kalau abis menolong orang dulu pada tepuk tangan. Eh, semalam kejadian lagi! gw jadi dejavu (untung gw nggak tinggal di dunia matrix :))

            Kalau efek, ngga usah diragukan lagi. Dari seluruh jajaran pemainnya yang paling top aktingnya si Kevin Spacey!!!! Kalau Brandon masih harus banyak jam terbang untuk akting. Emang jagonya si Bryan Singer memanusiakan super hero. Bisa nembus $ 300 juta nggak ya?

            "I always around here"

            keep in touch,
            ;) teeeddy!

> [...]

            ------------ --------- --------- --------- --------- --------- -~->

            > cinemagsFORUM: groups.yahoo. com/group/ cinemagsforum

            Do You Yahoo!?
            http://mail. yahoo.com

            Yahoo! Messenger with Voice. Make PC-to-Phone Calls to the US (and 30+ countries) for 2¢/min or less.

          • maximast2000
            Message 5 of 12 , Jul 4, 2006
              Yup, emang sih kalo bandingin ama Spidey jauuuuh banget kualitasnya,
              tapi buat ngobatin kangen, oke lah apalg udah lama gak liat Superman
              di silver screen. Kayaknya superhero DC udah susyah yah ngalahin
              superhero Marvel di layar lebar, hehehe

              Peace
              Joze
              --- In cinemagsforum@yahoogroups.com, ": : Denny : :"
              <diefenbakerrr@...> wrote:

> [...]
              I endure this loneliness?"

              > Spider-Man

              > Everyone is raving about the all-new Yahoo! Mail Beta.

            • Haris
              Message 6 of 12 , Jul 4, 2006
                setuju kalau dikatakan jika Superman Return adalah film yang sangat menghibur. Bryan Singers tahu benar bagaimana 'memanusiakan' karakter2 superheoes. Adegan-adegan laga di Superman Return pun memang Jaw Droping, walau tidak semua. Haya saja, setelah menyaksikan film secara keseluruhan, film ini sebenarnya kurang greget. Karena, please, seorang superhero itu sendiri bukanlah karakter yang plausible, jadi gaya penceritaan Singer yang terlalu membumi ini kurang 'dahsyat' dibandingkan dengan 'X-men' misalnya atau Batman Return, walau manusiawi, tetapi tetap superhero VS supervillain.

                BTW, setelah menonton Cars sehari sebelumnya, akhirnya saya bisa menyimpulkan, saya justru lebih sangat menyukai Cars, yang menurut saya sangat deeply profound, provoking and moving.

                HARIS

[...]

                ======================================
                This is a dungeon of delightful:
                ======================================

                How low will we go? Check out Yahoo! MessengerÂ’s low PC-to-Phone call rates.

              • Iwan EAM
                Message 7 of 12 , Jul 11, 2006
                  boleh tau bung denny, itu budget 260 juta untuk apa aja ya ?
                  atau ada link website yang bisa memperlihatkan perhitungan biaya2 bikin film ?
                  g curious , buat apa sih buat film big budget gitu ? toh hasilnya susah break even !

                  mendingan bikin film ngobrol2 tapi bermutu dan rame , jadinya lebih dikit modalnya , juga lebih gampang break even
[...]
                • Eric W
                  Message 8 of 12 , Jul 11, 2006
                    Klo detailnya gue ga punya datanya ... tapi secara umum alokasi cost untuk film scifi/fantasy berbudget gila2an itu biasanya sebagian besar untuk CGI.
                    Marketing juga sering menyita biaya yg cukup besar. Klo aktornya kelas atas yg salary aktor juga makan banyak biaya (tapi Sups Return ini ga pake aktor mahal). Terus kalo film epic biaya pembangunan set juga perlu diperhitungkan.

                    Ada yg bilang klo budget film Sups ini mahal karena itu dihitung sejak awal Warner Bros memulai proyek Sups ini .. sejak Tim Burton dan Nic Cage dicalonin jadi sutradara & aktor utamanya (ga kebayang ya kalo Nic Cage akhirnya jadi Sups .. hehehe)

                    Iwan EAM <superiwan@...> wrote:
[...]

                    Want to be your own boss? Learn how on Yahoo! Small Business.

                  • : : Denny : :

                      Message 10 of 12 , Jul 13, 2006
                        tapi gua puas banget loh sama film ini. mungkin karena udah lama gak liat superman lagi ya?

                        ohya, spoiler alert,

                        menurut gw adegan paling keren dan memorable adalah adegan slo mo waktu superman di tembak di mata. Wah! itu cool banget. jauh lebih cool daripada adegan sebelumnya yang dia menerjang peluru machine gun gitu.

                        btw lucu ya waktu supes denger percakapan lois dari balik kaca/tembok, suaranya jadi 8 bit gitu. ini ide siapa ya? Menarik dan cukup logis menurut gw.

                        kayaknya superman lebih bagus dari spiderman1 deh. lebih komplit  dan lebih dark. menurut gw film superhero mesti agak dark baru keren.

                      • happy setiawan
                        Message 11 of 12 , Jul 14, 2006
                          iya, setuju .. minggu lalu liat Superman 2 di TV swasta,
                          ya ampuuun... pengen ketawa gw lihatnya. :D

                          Benernya sih nggak bisa nyalahin juga mengingat teknologi
                          waktu itu yg belum secanggih sekarang. Tapi bener2 serasa
                          lihat film banyolan, dengan special efek sekelas Jin dan
                          Jun atau Tuyul dan Mbak Yul di RCTI dulu. hehehehe....
                          Bukan cuma efeknya sih, tapi dialog2nya, cara
                          berceritanya, alur dari satu adegan ke adegan lain,
                          pengambilan gambar... bener2... ngga tahu deh musti
                          ngomong apa.. :).

                          Bener2 terasa evolusi visual efek, dan film secara umum..
                          kalo membandingkan kedua film itu.

                          Tapi biar begitu gw jadi kepengen lihat lagi Superman 1,
                          3, dan 4.

                          btw kalo Lois Lane di Superman Returns mirip Siti
                          Nurhaliza, di Superman 2 mirip Courtney Cox yg maen di
                          Friends itu yak? :p

                          On Fri, 14 Jul 2006 11:23:09 +0700
                          ". : : s a m a n t a l i m b r a d a : : ."
                          <limbrada@...> wrote:
> [...]
                          >
                          > kayaknya superman lebih bagus dari spiderman1 deh. lebih
                          >komplit dan lebih dark. menurut gw film superhero mesti

                          transcendently yours...

                          happysetiawan

                          TELKOM Group Peduli Jogja, ketik PEDULI, kirim SMS ke 5000

                          Dengan mengirim SMS berisi PEDULI ke nomor 5000, Anda menyumbang
                          Rp. 5.000,- per SMS bagi korban gempa bumi di Yogyakarta dan Jawa Tengah.
                          Dana 100% akan disumbangkan TELKOM dan TELKOMSEL atas nama pelanggan
                          ke Palang Merah Indonesia setiap minggu selama 1 bulan, mulai 30 Mei s/d 30
                          Juni 2006. Pengumpulan dan distribusi dana diaudit oleh auditor independen dan
                          disaksikan oleh notaris. Bantuan via SMS ini dapat diikuti oleh pelanggan Flexi,
                          KartuHalo, simPATI, dan Kartu AS

                          Khusus pelanggan FLEXI, Anda dapat menyumbang dengan nilai
                          lebih besar dengan mengetik 10000 atau 25000 atau 50000 kirim ke 5000

                          Informasi lebih lanjut, klik www.telkomflexi.com
                        • rafael_ars
                          Message 12 of 12 , Jul 14, 2006
                            berbagi kesan ttg SUPERMAN RETURNS

                            Gw nomat brng temen2 gw yg uda pd lupa Sprman ato sm skali blm nton
                            Superman yg lama, mereka pada ga suka krn ga ada kaitan emosional
                            (masa kecil), jd anggapannya cm skedar film superhero biasa aja gt.

                            Gw sndiri wktu kecil lmyn lngkap ntonnya, tp sminggu sblm launching
                            S.Returns gw nonton Superman 1 dan 2 lewat DVD temen gw. Menurut gw
                            crtanya Returns konek bgt dg film2 lamanya, bahkan semuanya, mulai dr
                            kristal2nya, skala, sampai semua properti.

                            Stelah liat film2 versi lamanya, gw jd tau klo Superman beda dg film
                            superhero lainnya, banyak adegan dramatis dan penting yg jd bkn film
                            ini panjang, salah satunya adegan perpisahan dg neneknya di
                            smallville (Superman 1), maupun terbang bareng Lane, ini hukumnya
                            wajib.

                            Salut bwt original score oleh John Williams (musiknya oke bgt!)
                            Castingnya Singer oke bgt..hampir semua ga ada bedanya dg versi komik
                            (kcuali mgkin pemeran bosnya Daily Planet yg kurang galak mukanya).

                            Di Returns, detailnya menarik, seperti wktu menahan pesawat,
                            aerodinamiknya dipikirin.

                            Adegan kerennya banyak, paling keren menurut gw adalah waktu dia
                            ngangkat bongkahan tanah dari kripton, skalanya gede bgtantara pulau
                            yg diangkat dg Superman. Well, krn namanya Superman, maka
                            prmasalahannya jg berat2...itu yg gw suka.

                            Kritik gw 1 yg blm bs nandingin film-nya Donner yg pertama yaitu
                            adegan 'mendarat'nya Superman yg smooth bgt itu, blm bs dibuat dg lbh
                            dramatis di Returns.

                            Rafael
                            --- In cinemagsforum@yahoogroups.com, "happy setiawan" <stray-