Trivia info : Blade Runner, Original vs Director's Cut

  • Eric W
    Message 1 of 3 , Nov 1, 2004
      Sekedar ngelengkapin info trivia seputar Blade Runner.
      Beruntung vcd butut Blade Runner gue masih ada :) .. filmnya yang versi original, sedang yang di dvd versi Director's cut.

      Sama seperti kasus The Exorcist di mana hasil karya sutradara pertama ditolak produser karena secara keseluruhan kurang sesuai selera pasar, BR ini juga begitu, hanya saja dalam hal ini adalah ending yang digarap Ridley Scott nggak disetujui para produser. Bahkan begitu hebatnya perselisihan antara Scott+editor vs para produser sampai2 saat film ini masuk tahap editing, Scott & si editor bisa dikatakan praktis sudah dipecat! Tapi akhirnya sang produser masih memasukkan nama Scott di film ini.
      Hal yang sama juga terjadi ama Richard Donner saat membuat Superman (but it's another story)

      Di BR yang versi Scott (bisa dilihat di edisi Director's Cut) film ini ditutup dengan adegan Deckard memasuki lift meninggalkan apartemennya bersama sang kekasih replicant, Rachael dan setelah itu langsung end credit title dengan background hitam, tetap diiringi theme song film ini garapan Vangelis. Di edisi D'Cut ini Scott menambahkan satu adegan singkat yaitu adegan seekor kuda Unicorn sedang berlari (lihat bagian bawah .. spoiler soalnya :)

      Sedang yang versi original (atau versi Produser) setelah Deckard memasuki lift, film dilanjutkan dengan adegan Deckard mengendarai pesawat bersama Rachael ditambah sedikit narasi yang diucapkan Deckard, baru setelah itu film ditutup dengan end credit title dengan background pegunungan dan tetap diiringi theme song garapan Vangelis.
      Alasan produser menambah adegan tersebut adalah karena ending yang mengambang or open text (minjem istilah .. siapa ya?:) dianggap kurang "moviegoer-friendly" :)

      SPOILER - SPOILER !!!

      Khusus bagi yang udah nonton Blade Runner yang boleh baca ini, specially Blade Runner fans! .. atau buat anda2 yang nggak anti spoiler .. hehe:)

      Para penonton dan fans BR selama beberapa tahun berdebat panjang ttg apakah Deckard itu seorang replicant atau bukan?
      Di cerita aslinya, karya salah satu bapak cerita scifi Philip K. Dick, tidak disebutkan secara jelas apakah dia replicant atau bukan. Mr. Dick sengaja membuat identitas Deckard mengambang.
      Harison Ford sendiri dengan tegas tidak setuju kalo Deckard itu adalah replicant karena akan mematikan perimbangan karakter dalam film ini (masak jagoan dan villain-nya replicant semua .. begitu kira2 pendapat Ford).
      Tapi akhirnya di salah satu wawancara resmi di stasiun tv BBC yang mengupas pembuatan film ini beberapa tahun kemudian, Ridley Scott dengan tegas mengatakan bahwa Deckard adalah .... replicant !! .. hehehe .. itu sebabnya Scott menambahkan adegan mimpi Deckard tentang kuda unicorn agar match dengan adegan di akhir film di mana si detektif Gaff meninggalkan lipatan kertas origami berbentuk kuda unicorn .. untuk menandakan bahwa Gaff tau mimpi si Deckard karena itu di-implan ke dalam otak si Deckard yang otomatis menunjukkan kalo Deckard is a replicant.
      Sekian.

    • Ferry M. Simatupang
      Message 2 of 3 , Nov 1, 2004
        --- Eric W <erik_we@...> wrote:

> [...]
        > Runner.
        > Beruntung vcd butut Blade Runner gue masih ada :) ..
        > filmnya yang versi original, sedang yang di dvd

        kayaknya lumayan banyak ya film-film yang 'dirilis
        ulang' sesuai dengan versi sutradaranya (director's
        edition / cut). di spoilernya eric, menarik juga kalo
        tahu bahwa ... (spoiler :P )
        yup film-film sering keluar beberapa versi,
        kadang-kadang bikin sebel kalo ternyata setelah kita
        beli vcd/dvdnya, eh keluar yang special edition dengan
        isi yang lebih lengkap dan mendapat rating lebih
        tinggi dari yang theatre version.

        beberapa koleksiku:
        dvd the abyss. di situ ada dua versi film. movie
        version (mv) dan special edition (se). versi mv
        ternyata lebih ramah dari versi se. soalnya dalam
        versi se, aliennya sempat mengancam seluruh dunia
        (walau cuma gertak) dengan menunjukkan kemampuan
        mereka mengendalikan air. aku lupa apa alasannya
        akhirnya scene itu dipotong. tapi yang jelas, dengan
        versi aslinya, jadi lebih clear pembicaraan alien
        dengan bud (ed harris) waktu bud terus tenggelam dalam
        kedalaman dan akhirnya ditolong alien tsb. waktu
        nonton pertama (versi mv), memang kerasa ada yang agak
        nggak nyambung dalam komunikasi mereka lewat
        komunikator tsb.

        star trek: the motion picture juga dikeluarkan versi
        director's editionnya-nya. tapi mungkin nggak terlalu
        esensial, karena cuma ada pemolesan sana-sini dengan
        komputer grafik. untuk lebih menampilkan realismenya.

        et yang 20th anniversary edition. di sini ditambahkan
        adegan-adegan yang sebelumnya dibuang. pada beberapa
        bagian etnya juga digantikan dengan shot yang baru
        (kalo nggak salah cg). juga pesawatnya dibuat lebih
        meriah warna-warninya.

        independence day extended version

        dll

        so, memang kayaknya sekarang ini supaya masih bisa
        banyak mengeruk untung, terutama film-film box office
        banyak yang mengeluarkan berbagai versi (theatre,
        special, extended, director' cut, dll) sehingga malah
        membuat yang suka koleksi kayak aku jadi bingung. mau
        beli sekarang, atau nunggu versi yang lain (yang belum
        tentu ada :(

        satu lagi: donny darko. film ini bagus banget. cuma
        pas keluar dvd director's cutnya, malah dinilai
        menurunkan rating film yang aslinya udah bagus ini.
        tapi aku tetap penasaran pengen liat versi directornya
        tsb :D

        =====
        salam,

        ferry m simatupang
        -----------------------------------
        The Universe is My Home
        .::Ferry's Astronomy Page::.
        http://www.as.itb.ac.id/~ferry/
        http://ferry.degromiest.nl/

        http://promotions.yahoo.com/new_mail
      • Eric W
        Message 3 of 3 , Nov 2, 2004

          "Ferry M. Simatupang" <fmsimatupang@...> wrote:

[...]

          Yap, terutama kalo tanggal rilisnya berdekatan ..

          Contoh yang rada nyleneh : dvd X-Men 1.5 ... wakss .. apa pula tuh versi 1.5 .. kaya nomor seri film2 Naked Gun ... hehehe .. 2 1/2 & 33 1/3

[...]

          Kalo gue boleh kasih julukan .. Revision Version .. hehe .. kayak Star Wars Triology yang udah diubek2 ama Om Lucas :)

[...]

          Hayo apa bedanya DVD Special Edition, Director's Cut, Original Uncut Version, Extended Version, Collector's Edition, Deluxe Edition, 0.5 version (kayak X-Men 1.5), Restored edition, dll ... Denny cs. harap bertanggung jawab menjelaskan versi2 dvd di atas .. hueheheeh ...

          Do you Yahoo!?
          Check out the new Yahoo! Front Page. www.yahoo.com