Re: [budaya_tionghua] Re: Fw: Tionghoa, Suku atau Etnis?

  • Extrim_bluesky@yahoo.com
    Message 1 of 31 , May 17, 2012
      Pa abs ada benarnya soal politik etnis n politisasi etnis. Soal ini ga cuma brdimensi sosio cultural. Tp kalo seandainya forum ini membatasi bahasan di frame sosio kultural jg ga masalah.

      Kl sy baca, pa abs mau bilang soal suku, etnik n bangsa itu fluid skali. Kalo uighur turkestan mampu merdeka spt timor leste ya ga apa apa. Toh respon beijing jg akan brsifat politis. Ga mesti harus slalu pegang dimensi kultural.
      BlackberrY

      From: zhoufy@...
      Sender: budaya_tionghua@yahoogroups.com
      Date: Wed, 16 May 2012 13:06:42 +0000
      To: <budaya_tionghua@yahoogroups.com>
      ReplyTo: budaya_tionghua@yahoogroups.com
      Subject: Re: [budaya_tionghua] Re: Fw: Tionghoa, Suku atau Etnis?

      Ini bukan masalah politis Pak ABS, tapi masalah sosio kultural. Karena secara budaya orang hakka, orang Hokian dan orang tiociu tdk banyak bedanya. Dewanya sama, festifalnya sama, busananya, adat istiadatnya secara umum sama, buku sejarah yg dibaca sama. Yg beda hanya cara ngomongnya saja. Sedangkan antara suku miao, suku mancu, suku thai, suku mongol dan suku han perbedaannya budayanya cukup banyak, bahkan banyak dr mereka punya bahasa dan aksara sendiri, walau secara fisik tak bisa dibedakan dng suku
      Han.

      Sent from my BlackBerry®
      powered by Sinyal Kuat INDOSAT

      From: Akhmad Bukhari Saleh <absaleh@...>
      Sender: budaya_tionghua@yahoogroups.com
      Date: Wed, 16 May 2012 13:37:00 +0700
      To: budaya_tionghua@yahoogroups.com<budaya_tionghua@yahoogroups.com>
      ReplyTo: budaya_tionghua@yahoogroups.com

      Pengertian "suku" kan relatif, Zhou-heng.

      Di Papua sering disebut-sebut istilah "suku Asmat". Sementara itu disebut-sebut juga istilah "suku Papua".
      Di Aceh sering disebut-sebut istilah "suku Gayo". Sementara itu disebut-sebut juga istilah "suku Aceh".
      Itu di ujung Timur dan Barat tanah air kita. Dekat di tetangga kita pun sering disebut-sebut istilah "suku Baduy". Sementara itu disebut-sebut juga istilah "suku Banten".

      Dalam konteks sosio-etnis, soal begituan tidak dipermasalahkan.
      Dengan santsi saja dipakai frasa "orang Papua suku Asmat"...
      Atau "orang Aceh suku Gayo"...
      Dan begitu pula bisa dibilang "orang Han suku Hokkian"...

      Lain lagi kalau konteksnya sosio-politis!
      Urusan lantas bisa rame dan sengit. Sampai PBB pun harus campur tangan.

      Sah-sah saja ketika ada yang bilang: "Kami orang Tetum! Maka kami mau merdeka dari penjajahan Indonesia...". Maka berdirilah negara baru, Republik Timor Leste.

      Begitu pula, sah-sah saja ketika ada yang bilang: "Kami orang Uighur! Maka kami mau merdeka dari penjajahan Tiongkok...". Maka berdirilah negara baru, Republik Uighur Sinkiang.
      Eh, salah ya!? Ha ha ha...

      Wasalam.
      Sent from my iPad

      Tidak ada yg menyebut hakka hokjia suku! Yg disebut suku adalah Han. Mereka adalah sub suku dari Han, orang lebih senang menyebut mereka kompok dialek, karena yg beda hanya bahasa ucap saja. .

      From: "Weilin" <weilin_liu889@...>
      Date: Tue, 15 May 2012 02:02:07 -0000
      Subject: [budaya_tionghua] Re: Fw: Tionghoa, Suku atau Etnis?

      hehehe....saya rasa tionghoa hanya mengacu pada orang Han saja, sedangkan manchu, monggol gak bisa disebut tionghoa, namun karena politik mereka dimasukan menjadi zhonghua minzu ( zhonghua= tionghoa, minzu= bangsa/nation), hehehe....han zu ( han= han chinese, zu= suku/etnis)........dibawah hanzu, ada yanmg namanya minxi ( sub suku), kejia minxi ( orang hakka)....kalau make suku hakka, suku hokkian keknya akan membingungkan orang? orang akan beranggapan bahwa hakka dan hokkian adalah dua suku yang berbeda, padahal mereka kan juga han chinese toh...

    • Extrim_bluesky@yahoo.com
      Message 31 of 31 , May 17, 2012

        From: "Weilin" <weilin_liu889@...>
        Date: Tue, 15 May 2012 02:02:07 -0000