Re: [budaya_tionghua] Re: Study in Taiwan

  • Rinto Jiang
    Message 1 of 19 , Dec 4, 2006
      Aduh, sori yah ABS-heng. Baru terlihat sekarang posting satu ini.

      Sebenarnya, sikap kita sendiri sangat menentukan kecepatan mempelajari
      sebuah bahasa, bagaimana kerapnya kita menggunakan bahasa tersebut dan
      bagaimana aplikasi bahasa dalam kehidupan sehari2, artinya, praktek
      sangat penting.

      Saran saya sederhana:

      1. Perbanyak sosialisasi dengan pelajar dan penduduk lokal (sering2
      berpartisipasi dalam acara2 teman2 kelas atau ikut dalam klub2 pelajar
      di sekolah kalau ada).
      2. Kalau bisa, jangan tinggal sekamar/serumah dengan anak Indonesia lainnya.
      3. Jangan malu bertanya.
      4. Jangan malu bila salah berbahasa.
      5. Jangan menggunakan logika berbahasa Indonesia untuk berbahasa
      mandarin, banyak yang saya lihat menggunakan tata bahasa Indonesia untuk
      membahasakan mandarin, akibatnya, tata bahasa dan artinya jadi rancu.
      6. Jangan takut dikatakan beraksen aneh, karena tidak ada aksen mandarin
      yang paling benar di dunia ini, walau itu logat Beijing sekalipun.
      7. Jangan beli kamus Mandarin-Inggris, gunakan kamus Mandarin-Mandarin.

      Saya yakin di milis ini juga banyak alumni Taiwan.

      Rinto Jiang

    • lim kwet hian
      Message 2 of 19 , Dec 4, 2006
        Koreksi sedikit ni bang Rinto, kini di Taiwan TKI sudah mencapai +/- 130.000 orang, tapi lainnya ngga tau.
        Akwet.

        Rinto Jiang <rinto@...> wrote: Santi wrote:

        Mau tanya Ms. Ivanna, di Taiwan banyak orang Indonya ga?
        Trims...

        Santi

        Rinto Jiang:

        Sekarang ini, jumlah WNI di Taiwan adalah sekitar 57000.

        Di antaranya, TKI 52000 lebih, expatriat 300, pelajar 1762, sisanya
        berstatus lain-lain.

        Konsentrasi orang Indo terutama di utara Taiwan, Taipei dan Taoyuan.

        Rinto Jiang

      • richardwu9
        Message 3 of 19 , Dec 5, 2006
          Senior Rinto Jiang,

          Mohon tanya, referensi tentang populasi WNI di Taiwan. Dan yang dimaksud
          dengan berstatus "lain-lain" kira2x bagaimana yah? Thanks in advance.

          Best,

          Richard'97

        • *
          Message 4 of 19 , Dec 5, 2006
            memang muda kerja di Taiwan ya??
            banyak kerjaan yaaaaaa
            apa syarat2nya susah buat org asing/WNA ??

            thx....

            Eddy

            Message 5 of 19 , Dec 7, 2006
              White-collars ngga mudah.

              (Deep) Blue-collars relative mudah.

              Nah yang middle stages ini justru yang sulit, unless di kantor2x TKI (banyak
              opportunity di sana).

              Sulitnya kerja di Taiwan (white-collars) bagi Indonesian:

              1. Mandarin ability (bisa di-skip apabila English nya setara
              dengan native)

              2. Highly competitive (diatasi dengan background education)

              3. birokrasi, kalau ngga syarat apply untuk working permit
              sekarang >>> 48k NT, konon kalau bisa nembus ke Science park (misal di
              hsinchu), lower than 48k juga bisa dapet

              4. mentally prepared to compete in hardworking environment

              5. .

              Opportunity (berdasarkan yang pernah saya lihat):

              1. Sekolah bahasa sampe Mandarinnya bagus, lalu cari kesempatan di
              kantor TKI

              2. Kuliah di Uni, sambil kuliah mempelajari kesempatan2x for
              official job, setahu saya bidang yang lebih mudah dimasuki oleh orang Indon
              adalah bidang2x industrial science (i.e. electrical / electronics, computer
              science, chemical, civil, etc) , medical (physician, biophysicist, biotech,
              etc)

              3. .

              Benefit kerja (dan hidup) di Taiwan (vs Indon):

              1. Better salary

              2. Etos kerja, secara rata2x, efisiensi & efektifitas kerja jauh
              di atas Indo

              3. Mandarin skill

              4. Perasaan aman

              5. Ngga ada diskriminasi terhadap mata sipit (karena di sini semua
              sipit he he)

              6. .

              Weak points:

              1. living cost, tapi sebenarnya kalau dihitung secara cermat,
              kerja & hidup di Jakarta malah lebih sengsara, perbandingannya lebih ngga
              adil. Definisi kerja di sini adalah sebagai karyawan.

              2. harus siap2x parallel processing, ngga bisa pake pembantu
              seenaknya seperti di Indo, semua-muanya DIY (Do It by Yourself)

              3. rumah di sini cubical style, alias apartement

              4. .

              Kalau ada yang salah silakan dikoreksi.

              Best,

              Richard