Re: [www.binaraga.net] Pertanyaan Penting Dan Sangat Berarti

  • max bryan
    Message 1 of 9 , Jul 5, 2007
      Setuju bung!!
      Kalau saya bisa bantu menjawab pertanyaan bung Coki, sebenarnya pemenuhan gizi secara alami itu mudah saja. Anda cukup menghitung kadar nutrisi yang biasa dikonsumsi lewat suplemen lalu hitungannya dijadikan ke kadar nutrisi makanan alami.
      Sebenarnya pemenuhan gizi secara alami atau suplemen itu gak jauh beda. Hanya apakah kita mau kenyang/lapar atau biasa aja. Maksudnya bukankah lebih enak minum L-Men segelas daripada makan telor 6 butir yang mana kandungan proteinnya sama? Atau sebaliknya bukannya lebih enak kita makan enak trus tinggal minum fat burner daripada makan sedikit dan kelaperan sepanjang hari?
      Saya sebenernya juga bukan penggemar suplemen karena menurut saya suplemen itu hanya berupa tambahan sehingga jangan dijadikan yang utama. Hingga saat ini saya hanya konsumsi Muscle Juice itu juga baru 1 bulan dan demi penaikan berat badan. Sebelumnya saya berusaha dapat nutrisi dari makanan biasa tetapi kayaknya mentok jadi hanya naik berat badan 7 kg habis itu gak naik2 lagi. Sehari saya kurang lebih makan 5 butir telur termasuk kuning telur karena banyak mengandung kalori dan kolesterol yang cukup nambah tenaga untuk fitnes. Memang termasuk sedikit tapi saya bukan binaragawan jadi untuk apa banyak2. (enaknya di warteg beli 2 gratis 1. hehehe..)
      Lagipula apa jadinya kalau keuangan lagi krisis lalu gak sanggup beli sulemen trus otot menciut? Dan harga susu udah naik pula. Kemungkinan Whey protein ikut naik nih.

      Message 2 of 9 , Jul 5, 2007
        Halo bung Sony,
        Saya juga penggemar www.bodybuilding.com nih. The Fit Show, LiftRite dan Getting Cut with Glass itu tontonan favorit. Untuk rekan2 yang punya koneksi internet lumayan cepat bisa juga tonton ini acara. Lumayan menambah informasi tentang form latihan yang benar, macam2 variasi latihan supaya perkembangan otot lebih maksimal, juga banyak artikel tentang nutrisi supaya gak salah pilih.

        Turut prihatin atas cidera yang menimpa bung Sony. Tapi saya sarankan untuk jangan berhenti total latihan. Lebih baik terus latihan dengan beban ringan/menengah untuk menjaga kondisi tubuh aja. Jadinya waktu udah pulih gak ketinggalan jauh dan bentuk badan terjaga. Jangan sampe six-pack-yang-nggak-juga itu hilang begitu saja. hehehe..

        Kalau urusan merendah atau tidak, menurut saya mungkin beberapa dari mereka justru bisa dibilang "malu" kalau mengaku pake suplemen ini itu. Kesannya badan gede/bagus karena suplemen bukan karena latihan berat. Tapi yang penting kita sendiri tahu nutrisi apa yang dibutuhkan untuk membentuk badan.

        Kalau boleh saya tambahkan, karbohidrat memang sumber energi karena di dalam tubuh karbohidrat dirubah menjadi glukosa yang perannya sama seperti gula. Jadi kalau kira2 latihan gak bener gara2 kurang karbohidrat, bisa diganti dengan minum yang mengandung gula (tapi hati2 yang diabetes). Kebiasaan saya kalau merasa kurang fit pas mau berangkat ke gym, saya makan coklat KitKat yang 4 batang. Lumayan bikin bertenaga.

        Semoga membantu nihh..

        -B-
        Message 3 of 9 , Jul 5, 2007
          Setuju bro, pemenuhan gizi baik dari supplemen maupun dari makanan sehari-hari tidak jauh beda, tinggal bagaimana kita mengatur porsi asupannya. Setiap unsur gizi yang dibutuhkan tubuh ada ukuran dan batasannya masing-masing, misalnya protein 1 gr/kg berat badan. Tinggal kita hitung saja, klo memang dari makanan sehari2 tidak cukup, yah tambah dari supplemen.Selama mengikuti gym saya hanya mengkonsumsi susu whey protein (prostar/designer whey), itupun hanya setelah latihan dan pada hari saat latihan saja, jadi untuk satu tube (2,2 lbs) bisa sy pakai untuk 2-3 bulan, malam cuman L-Men daily atau basic, lainnya dari makanan sehari2, hasilnya cukup memuaskan menurut saya, bisa sampe sixpack.

          Kalau sekedar memiliki badan bagus dan atletit memang bisa sj tanpa supplemen,lihat saja tukang2 dan buruh bangunan, badan meraka rata2 kering dan berotot, teman sy yang di gym ada yang hanya minum susu dancow sj, tp badan berotot dan atletis. Lain halnya kalau untuk binaraga,mereka memang membutuhkan lebih dari yang biasa.

          'Supplement no es el nĂºmero uno, amigo'

          Salam
          -Lorenz-

          --
          Lorensius W. L. T
          http://www.londatiga.net
          Message 4 of 9 , Jul 5, 2007
            wah terima kasih bro.
            kepingin sih bisa latihan lagi. Teman2 di gym pun menyarankan supaya saya latihan lagi.
            Walaupun yg ringan2 aja. 2-3 set dengan repetisi yg banyak.

            Hanya masih bingung untuk latihan lower body saya nih..
            semua latihan lower body, khusus nya legs, pasti membebani ruas tulang belakang kan ?.
            sementara itu yg saya harus hindari.

            Beberapa artikel yg saya baca menyarankan untuk latihan leg press aja. Tapi yg Horizontal.
            bukan yang 45 derajat itu. Sementara di gym saya nggak ada alat itu.. sedangkan kalau harus
            ke gym lain, yg agak jauh dari tempat kerja masih belum bisa nih... hiks :(.

            Ada saran ?.

            Message 5 of 9 , Jul 8, 2007
              Kayaknya sih sama aja yah leg press yang horizontal dan yang 45 derajat. Asal beban gak berat2 sih pastinya aman. Tapi kalo masih takut (emang sih resikonya tinggi) bisa lunges/walking lunges sambil bawa dumbell di kedua tangan, atau sumo deadlift. Keduanya lebih aman karena posisi upper body tegak gak kayak deadlift biasa atau squat. Atau bisa leg press atau squat tapi half motion di setiap rep supaya tegangan di punggung gak terlalu besar. Yang pasti hindari deadlift apalagi stiff leg deadlift.
              Dan juga, dengerin apa kata tubuh (mengutip Jerome Ferguson). Jangan melulu sugesti. Kalo badan udah mulai kerasa "aneh", berhenti saat itu juga daripada cedera lebih parah.
              Sebagai tambahan, minum vitamin dan/atau susu kalsium supaya cepat sembuh.

              Good Luck!

              -B-

[...]

              The all-new Yahoo! Mail goes wherever you go - free your email address from your Internet provider.
            • Sony

                Message 7 of 9 , Jul 21, 2007
                  Bravo mas sony.. saya kebetulan putus sambung nge-gym. Bukan karena ga serius pengin bentuk body, tapi memang karena kendala waktu. Tapi saya tetep be'renang' ria dimanapun & kapanpun saya sempat.
                  Mengenai supplemen, selama ini saya ga pernah pakai apapun karena saya memang merasa tubuh saya tidak 'minta'. Saya yakin, kalau sekedar ingin body yang proportional, tanpa suplemen-pun asal kita makan & minum sesuai tuntutan tubuh pasti hasilnya cukup bagus. Jadi kuncinya, pandai-pandai lah membaca instrument-instrument yang di kirim oleh tubuh kita sendiri.
                  Kalau salah mohon di koreksi yah..

                  Many thanks,

                  MK