RE: [binaraga] re: tanya suplement

  • dewa langit
    Message 1 of 16 , Jun 3, 2003

      wah, kliatanya bung denny lagi online neh. ehm makasih atas sarannya. saya jadi nambah ilmu neh. eh kalo boleh tau bung denny bukan asli jkt ya? kalo latian di klub ade rai apa bukan? kalo di yogya keliatanya gak ada klub ade rai. wah ada yang lupa neh, gini saya punya problem, terutama masalah tidur malem. kalo habis latian, knapa kok susah tidur ya? bawaannya seger terus. demikina juga pas recovery, mau tidur susah. paling2 jam 12an baru agak bisa lumayan capek, trus tidur. saya tidak berani pake obat tidur. takut kecanduan. apa ada saran?

      thanks

      Do you Yahoo!?
      Free online calendar with sync to Outlook(TM).
    • Norman Kristanto, S.Kom
      Message 2 of 16 , Jun 3, 2003
        beberapa penyebabnya (setahu saya) adalah :

        1) mengandung banyak caffeine pada supplement yang anda pakai
        sehabis latihan
        2) jarak seusai latihan dan waktu tidur terlalu dekat

        3) latihan kurang intense

        4) banyak pikiran

        From: dewa langit <dewa78_langit@y...>
        Date: Tue Jun 3, 2003 9:31 pm
        Subject: RE: [binaraga] re: tanya suplement

[...]

        indomail - Your everyday mail - http://indomail.indo.net.id
      • he_man1969
        Message 3 of 16 , Jun 3, 2003
          Selang waktu makan sehabis latihan dengan waktu tidur mesti cukup lama
          kalo sudah , berarti mesti pake ZMA. Katanya.

          --- In binaraga@yahoogroups.com, dewa langit <dewa78_langit@y...>

          Message 4 of 16 , Jun 3, 2003
            rasanya belum ada, tapi kalau yang nyerempet dikit ke fitness
            sich banyak, ada majalah HEALTH, dan banyak lagi lainnya.

            From: dewa langit <dewa78_langit@y...>
            Date: Tue Jun 3, 2003 9:21 pm
            Subject: majalah binaraga
            halo teman2, apakah di indonesia ada majalah yang khusus
            membahas binaraga/bodybuilder seperti di luar negeri?thanks

            Message 5 of 16 , Jun 3, 2003
              MEN'S HEALTH mungkin salah satunya.

              --- In binaraga@yahoogroups.com, "Norman Kristanto, S.Kom"
              <nkristan@i...> wrote:
> [...]
              > halo teman2, apakah di indonesia ada majalah yang khusus
              > membahas binaraga/bodybuilder seperti di luar negeri?thanks

            • Ignatius Sutanto, S. Kom
              Message 6 of 16 , Jun 3, 2003
                Kayanya sih, kalo menurut saya, coba geser dikit waktu latihan anda, seperti yang bung Norman katakan, coba hilangkan caffein dari suplemen atau minuman anda sehari2.  Memang suatu kegiatan yang dilakukan malam hari terlebih yang intense seperti latihan beban, selain dapat meningkatkan peredaran darah juga mengakibatkan ketegangan pada beberapa syaraf terutama yang mensupport waktu istirahat anda.

                Cara terbaik, ya itu, tingkatkan lagi intensitas latihan anda, supaya ketegangan yang anda dapatkan saat latihan dapat tersalurkan semua di latihan itu sendiri, sehingga sesudah latihan yang anda dapatkan muscle fatigue (keletihan otot) yang merangsang otak untuk secara otomatis menyuruh tubuh untuk istirahat.

                Malah pola latihan seperti itu, dimalam hari, banyak juga kok yang melakukannya dan bisa mengatasi, bahkan ada kelebihan dari pola latihan di malam hari, pertama tubuh dapat menghilangkan kejenuhan dari aktifitas sehari2, sehingga saat latihan adalah saat terenak tubuh, kedua, sesaat sesudah latihan, tubuh akan seperti spons yang akan menarik gizi apapun itu, nah, ini kesempatan baik untuk memasukkan gizi2 yang bagus ke dalam tubuh, terutama protein. Dengan begitu saat anda tidur pun, selain proses recovery, anda mendapatkan juga proses muscle building.  Semestinya jika sudah benar, saat anda bangun tidur, otot akan terasa sakit, tetapi kencang. Itu bagus.  Saat2 seperti itu, protein memegang peranan utama untuk recovery dan muscle building.

                Jika anda mau coba, bisa juga anda minum whey protein langsung sesudah latihan, atau bisa juga sesaat sesudah latihan minum amino 2-3 butir, sesampai dirumah makan makanan berprotein tinggi, sebelum tidur minum whey .Coba campur dengan sedikit esensial oil - lemak bagus - seperti flakseed,atau lemak dari susu2 biasa seperti indomilk atau dancow juga dapat membantu penyerapan whey supaya lebih lama dan lebih stabil, sehingga saat tidur kebutuhan protein perlahan2 dilepas oleh whey yang sudah dimodifikasi tersebut.

                Untuk pola latihan, yang gampang yah 1 bodypart per hari, umumnya soih orang latihan 1 bodypart per week, dan itu berjumlah 3-4 hari saja, bukan berarti semakin sering latihan semakin besar, tetapi latihan sesedikit mungkin, seefisien mungkin, seintense mungkin, baru saat istirahat diperbanyak makanan yang bergizi, protein tinggi, tidur cukup, sehingga tubuh dapat berkesempatan melakukan muscle building.  Otot tumbuh bukan di gym, di gym hanya dirangsang, di luar baru tumbuh, ok.

                Semoga dapat bantu.
                Sincerely,
                Ignatius Sutanto.
[...]

                Milis ini adalah milik BINARAGA.NET yang ditujukan bagi para membernya untuk dapat saling bertukar informasi. Member dilarang mempromosikan, menawarkan ataupun berjualan produk apapun di milis ini.

                BINARAGA.NET
                Prisma Kedoya Plaza B No.1
                Jl. Raya Perjuangan (RCTI)
                Jakarta 11530
                Tel: (021) 5362571
                Fax: (021) 5310017
                HP : 0817715628
                SMS: 08561150118
                E-mail: info@...
                Online shopping www.binaraga.net

              • alvin
                Message 7 of 16 , Jun 3, 2003
                  atau ya membeli saja di rubino (mereka ada flex, etc). atau kalau mau update aja_ klik flexonline.com or getbig.com.

                  Message 8 of 16 , Jun 3, 2003
                    berbagi patokan sederhana (...ini sekedar versi saya loh untuk suplementasi tanpa anabolic steroid ya, belum tentu yg lain punya pendapat sama):
                    1. spend your first one million rupiahs for PROTEIN (whey, combo, casein, soy isolate, albumin, etc)
                    2. 1juta rupiah berikutnya...silahkan spend on pure creatine monohydrate (hplc, hpce _ creapure, eas, etc) and lots of vitamin c
                    3. masih ada 1juta rupiah lagi mau anda dedikasikan untuk suplementasi?? try omega3&omega6, CLA, HMB, ZMA, (ECA if you're in cutting phase), and isoflavones

                    jadi sangat tergantung kondisi masing2 loh, ini sekedar saran. mengapa protein jadi major consideration, krn dari jaman dulupun, waktu weider mulai launch supplements product yg nongol ya protein & weight gainer(protein&carbs). yang lain2 hanya enhancers/ergogenic aids, ibarat membangun rumah harus ada bahan utamanya yakni batubata/semen _ PROTEIN, dan peripherals pendukung lain agar bahan tersebut termanfaatkan optimum dan kokoh _ sama seperti tubuh kita.

                    sebanyak apapun anda take creatine,hmb,prohormone,etc...tanpa masukan protein yg mencukupi...sulit rasanya untuk mengembangkan otot2 (terlepas dari batasan genetika & anabolic steroid ya...)

                    sekedar berbagi pendapat. tx all.

                    be wise.

                    ---

                  • Ignatius Sutanto, S. Kom
                    Message 9 of 16 , Jun 3, 2003
                      setuju pak,

                      the best way to spend your money to is to spend it on protein powder, solid food with lots of protein.

                      mungkin bisa tambahin analoginya, bodybuilding tuh seperti orang bangun gedung, makin banyak batubata dan semennya yah makin besar gedung yang akan bisa dibangun, jadi protein = batubata&semen.  Karbohidrat jgn dilupakan, dianalogikan seperti karyawan yang bikin tu gedung, makin banyak karyawannya makin cepat pembangunan gedung itu, tapi hati2 terlalu banyak karyawan, bakalan banyak yang bermalas2an,yaitu lemak.

                      ok, semoga dapat membantu.