amino

  • thamrin
    Message 1 of 14 , Jan 17, 2010
      Hai,teman2,saya mau nanya bisa ngak amino cair gantiin susu whey,jadi setiapkita latihan kita minum amoino cair aja tampa minum susu whey target besarkan otot dan kecilkan perut,thanks atas sharing pengalamannya

    • Iskadri
      Message 2 of 14 , Jan 17, 2010
        Ini ada article buat yg pengin tahu, biar cepet PD and mantap dalam latihan

        Asam amino adalah unsur2 yang membentuk protein. Kumpulan asam amino di
        sebut sebagai protein. Sebagai contoh sederhana pengandaian : sebuah
        bangunan bisa diartikan sebagai protein, sedangkan semen, batu-bata, atap,
        jendela, pintu, kayu dan bahan2 yang membentuk bangunan tersebut bisa
        diibaratkan sebagai asam amino.

        Asam Amino sendiri di bagi menjadi 3 jenis :

        1. Asam amino essensial.

        2. Asam amino nonessensial.

        3. Asam amino essensial bersyarat.

        Asam amino esensial adalah asam amino yang tidak bisa diproduksi sendiri
        oleh tubuh, sehingga harus didapat dari konsumsi makanan. Asam amino
        non-esensial adalah asam amino yang bisa diprosuksi sendiri oleh tubuh,
        sehingga memiliki prioritas konsumsi yang lebih rendah dibandingkan dengan
        asam amino esensial. Asam amino esensial bersyarat adalah kelompok asam
        amino non-esensial, namun pada saat tertentu, seperti setelah latihan beban
        yang keras, produksi dalam tubuh tidak secepat dan tidak sebanyak yang
        diperlukan sehingga harus didapat dari makanan maupun suplemen protein.

        Jenis2 asam amino essensial :

        1. Leucine (BCAA = Branched-Chain Amino Acids = Asam amino dengan rantai
        bercabang)

        - Membantu mencegah penyusutan otot

        - Membantu pemulihan pada kulit dan tulang

        2. Isoleucine (BCAA = Branched-Chain Amino Acids = Asam amino dengan rantai
        bercabang)

        - Membantu mencegah penyusutan otot

        - Membantu dalam pembentukan sel darah merah

        3. Valine (BCAA = Branched-Chain Amino Acids = Asam amino dengan rantai
        bercabang)

        - Tidak diproses di organ hati, dan lebih langsung diserap oleh otot

        - Membantu dalam mengirimkan asam amino lain (tryptophan, phenylalanine,
        tyrosine) ke otak

        4. Lycine

        - Kekurangan lycine akan mempengaruhi pembuatan protein pada otot dan
        jaringan penghubugn lainnya

        - Bersama dengan Vitamin C membentuk L-Carnitine

        - Membantu dalam pembentukan kolagen maupun jaringan penghubung tubuh
        lainnya (cartilage dan persendian)

        5. Tyyptophan

        - Pemicu serotonin (hormon yang memiliki efek relaksasi)

        - Merangsang pelepasan hormon pertumbuhan

        6. Methionine

        - Prekusor dari cysteine dan creatine

        - Menurunkan kadar kolestrol darah

        - Membantu membuang zat racun pada organ hati dan membantuk regenerasi
        jaringan baru pada hati dan ginjal

        7. Threonine

        - Salah satu asam amino yang membantu detoksifikasi

        - Membantu pencegahan penumpukan lemak pada organ hati

        - Komponen penting dari kolagen

        - Biasanya kekurangannya diderita oleh vegetarian

        8. Phenylalanine

        - Prekursor untuk tyrosine

        - Meningkatkan daya ingat, mood, fokus mental

        - Digunakan dalam terapi depresi

        - Membantuk menekan nafsu makan

        Jenis2 asam amino non-essensial :

        1. Aspartic Acid

        - Membantu mengubah karbohidrat menjadi energy

        - Membangun daya tahan tubuh melalui immunoglobulin dan antibodi

        - Meredakan tingkat ammonia dalam darah setelah latihan

        2. Glyicine

        - Membantu tubuh membentuk asam amino lain

        - Merupakan bagian dari sel darah merah dan cytochrome (enzim yang terlibat
        dalam produksi energi)

        - Memproduksi glucagon yang mengaktifkan glikogen

        - Berpotensi menghambat keinginan akan gula

        3. Alanine

        - Membantu tubuh mengembangkan daya tahan

        - Merupakan salah satu kunci dari siklus glukosa alanine yang memungkinkan
        otot dan jaringan lain untuk mendapatkan energi dari asam amino

        4. Serine

        - Diperlukan untuk memproduksi energi pada tingkat sel

        - Membantuk dalam fungsi otak (daya ingat) dan syaraf

        Jenis2 asam amino essensial bersyarat :

        1. Arginine (asam amino essensial untuk anak2)

        - Diyakini merangsang produksi hormon pertumbuhan

        - Diyakini sebagai pemicu Nitric Oxide (suatu senyawa yang melegakan
        pembuluh darah untuk aliran darah dan pengantaran nutrisi yang lebih baik)
        dan GABA

        - Bersama glycine dan methionine membentuk creatine

        2. Histidine (asam amino essensial pada beberapa individu)

        - Salah satu zat yang menyerah ultraviolet dalam tubuh

        - Diperlukan untuk pembentukan sel darah merah dan sel darah putih

        - Banyak digunakan untuk terapi rematik dan alergi

        3. Cystine

        - Mengurangi efek kerusakan dari alkohol dan asap rokok

        - Merangsang aktivitas sel darah putih dalam peranannya meningkatkan daya
        tahan tubuh

        - Bersama L-Aspartic Acid dan L-Citruline menetralkan radikal bebas

        - Salah satu komponen yang membentuk otot jantung dan jaringan penyambung
        (persendian, ligamen, dan lain-lain)

        - Siap diubah menjadi energi

        - Salah satu elemen besar dari kolagen

        4. Glutamic Acid (Asam Glutamic)

        - Pemicu dasar untuk glutamine, proline, ornithine, arginine, glutathine,
        dan GABA

        - Diperlukan untuk kinerja otak dan metabolisme asam amino lain

        5. Tyrosine

        - Pemicu hormon dopamine, epinephrine, norepinephrine, melanin (pigmen
        kulit), hormon thyroid

        - Meningkatkan mood dan fokus mental

        6. Glutamine

        - Asam amino yang paling banyak ditemukan dalam otot manusia

        - Dosis 2 gram cukup untuk memicu produksi hormon pertumbuhan

        - Membantu dalam membentuk daya tahan tubuh

        - Sumber energi penting pada organ tubuh pada saat kekurangan kalori

        - Salah satu nutrisi untuk otak dan kesehatan pencernaan

        - Mengingkatkan volume sel otot

        7. Taurine

        - Membantu dalam penyerapan dan pelepasan lemak

        - Membantu dalam meningkatkan volume sel otot

        8. Ornithine

        - Dalam dosis besar bisa membantu produksi hormon pertumbuhan

        - Membantu dalam penyembuhan dari penyakit

        - Membantu daya tahan tubuh dan fungsi organ hati

        Vue
        (Dejavue555)