Mohon diabaikan informasi email saya mengenai [OOT] SANGAT PENTING !!! AntiVirus untuk P3K Demam Berdarah

  • Milis
    Message 1 of 1 , Mar 1 1:52 AM
      At 01:44 PM 3/1/2004, you wrote:
      >h> Sorry saya reject, karena di milis lain sudah terbukti HOAX
      >Ini HOAX ?
      >Wah, gawat donk ? Udah saya sebarin ke beberapa milis lagi.
      >Jadi ini boongan yah. Dan khasiatnya ngak ada.

      Hiks, saya coba kutipkan jawaban dari suatu milis:

      ========= Sorry pak, ini memang hoax. Dengan menuruti nasehat ini kita
      beresiko kehilangan nyawa orang yang kita cintai.

      Demam berdarah disebabkan oleh virus (Dengue hemorrhagic fever virus).
      Virus tidak dapat diobati dengan antibiotic, bahkan sampai sekarang
      belum ada obat antivirus yang manjur untuk demam berdarah. Bila pasien
      dirawat sekalipun, maka yang dilakukan di rumah sakit bukanlah membasmi
      virusnya, tetapi penanganan kelainan-kelainan yang yang ditimbulkan
      virus tersebut. Selanjutnya, badan kita sendiri yang akan membasmi virus
      tersebut dengan membentuk antibody yang khusus untuk membunuh virus tsb.

      Keganasan virus demam berdarah bervariasi, begitu juga daya tahan tubuh
      pasien berbeda-beda. Oleh karena itu, perjalanan penyakitnya juga
      berbeda-beda. Pada banyak orang demam berdarah bisa sembuh sendiri,
      sementara pada yang lain lagi, demam berdarah bisa berakibat fatal.
      Kasus pada e-mailnya pak Budhi bisa terjadi pada banyak orang *tanpa*
      perlu ada pengobatan apa-apa. Tapi karena kita tidak tahu bagaimana
      perjalanan penyakit yang akan kita alami, maka sebaiknya kita waspada
      dan memeriksakan diri ke dokter, sekedar jaga-jaga agar bila kita harus
      menjalani bagian yang berat sudah ada antisipasi dari tenaga kesehatan.

      O, ya.. perjalanan penyakit ini bisa mengalami berbagai "rute". Pertama,
      Cuma demam-demam, trombosit sedikit turun, lalu sembuh. Kedua, trombosit
      bisa turun lebih banyak lagi dan mulai ada tanda-tanda perdarahan yang
      berupa bercak-bercak merah pada kulit yg menetap. Pasien bisa sembuh
      sendiri, tapibisa juga maju ke rute selanjutnya. Ketiga, timbulnya
      perdarahan yang lebih massif lagi, mula-mula bercak merah melebar, lalu
      bibir berdarah, diikuti perdarahan pada bagian-bagian tubuh lainnya.
      Disini pun masih diharapkan pasien sembuh sendiri, karena bila tidak,
      maka akan fatal bagi pasien tersebut.

      Rute pertama tidak perlu diobati. Rute kedua, perlu diawasi oleh tenaga
      kesehatan, agar lebih sulit berlanjut ke rute ketiga. Rute ketiga,
      kemungkinan untuk ditolong menjadi sangat kecil, apapun yang dilakukan
      oleh tenaga kesehatan.

      Jadi, walaupun gejala dari demam berdarah bisa ringan dan bisa sembuh
      tanpa diobati, lebih baik kita waspada agar penyakitnya jangan berlanjut
      ke rute yang lebih berat.

      Sekian dulu, mudah-mudahan nggak kepanjangan. O, ya... di milis ini juga
      ada dokter lain yang spesialis anak dan sering bergaul dengan demam
      berdarah. Please CMIIW.

      Salam,
      Hian