Re: Benda Asing di Orbit Bumi....

  • anugerah_sentot_sudono
    Message 1 of 5 , May 1, 2002
      --- In beta-ufo@y..., "nu3l" <nu3l@y...> wrote:
      > Guys,
      > Hari ini baru lihat berita cukup menarik di sini:
      > http://www.tmgnow.com/repository/cometary/76P_phobos1.html
      >
      > Isinya cukup teknis, tapi intinya tentang keberadaan "benda2 asing"
      > di orbit
      > bumi, yg berasal dari Mars.
      >
      > Tanggapan ditunggu, thx.

      Beritanya cukup banyak yang saya baca di www.tmgnow.com ...
      thanks atas URL-nya :D

      Antara lain bahwa :
      1.Sebuah Comet (76P) telah menabrak planet Mars
      2.Akibatnya satelit mars (Phobos & mungkin Deimos) terlontar dari
      orbitnya menuju Bumi
      3.Satelit Mars tersebut sekarang berada di orbit bumi ....
      4.Itu berarti kita punya 3 satelit :D .... Bulan ... Phobos ...
      Deimos ...
      5.Namun ukuran satelit2 Mars tersebut relatif sangat kecil bila
      dibanding bulan, ukuran nya sebanding dengan ukuran asteroid ...
      6.Nampaknya info mengenai kemungkinan adanya peradaban jaman dahulu
      di Mars sulit untuk diungkapkan akibat tabrakan oleh Comet 76P
      tersebut ... :( ...

      (Anehnya saya merasa ada kejanggalan ... dulu waktu foto The Face
      pada planet Mars diambil oleh NASA (tahun 1998/9) nampaknya The Face
      seperti habis dinuklir .... bila dibandingkan dengan fotonya yang
      diambil di tahun 70-an ... sekarang Mars dihantam Comet sehingga
      mungkin sekarang The Face sudah porak poranda ....... mungkin ini
      bukan kebetulan ? )
    • Lawrence Eka
      Message 2 of 5 , May 1, 2002
        Hmmm saya juga membaca ada beberapa kejanggalan.

        1. Jika phobos dan deimos benar-benar sudah berada di
        dekat bumi, bagaimana keduanya menimbulkan disturbance
        di lapisan awan bumi? Lapisan awan bumi kan berada di
        bawah ketinggian terbang pesawat komersial, jadi
        seharusnya keduanya itu pasti keliahatan dari pesawat,
        dan kalo keduanya sudah cukup rendah sehingga bisa
        menimbulkan gangguan di lapisan awan, kecepatan phobos
        dan deimos pasti sudah terlalu rendah untuk
        mempertahankan orbitnya, karena mereka sudah masuk ke
        lapisan atmosfir.

        2. Bagaimana mungkin benda seukuran komet (yang tidak
        lebih besar daripada ukuran mars) bisa menimbulkan
        gejolak demikian besar di matahari? Kalo ukuran komet
        tersebut cukup besar untuk menimbulkan gejolak di
        matahari, pasti mars sudah hilang dari peredaran saat
        ini.

        Sekali lagi, cmiiw

        Kalo saya ada yang salah tangkap, tolong dikoreksi

        --- anugerah_sentot_sudono <nugy@...>
        wrote:

> [...]
        > diambil di tahun 70-an ... sekarang Mars dihantam
        > Comet sehingga
        > mungkin sekarang The Face sudah porak poranda

        Yahoo! Health - your guide to health and wellness
        http://health.yahoo.com
      • nu3l
        Message 3 of 5 , May 2, 2002
          Hmm....artikelnya panjang dan agak kompleks yak?
          Setelah dilihat, ditelaah, dibawa mimpi, dibaca lagi, dan mencari
          referensi lainnya, saya mungkin bisa memperjelas isinya untuk
          pertanyaan:

> [...]
          > dan deimos pasti sudah terlalu rendah untuk
          > mempertahankan orbitnya, karena mereka sudah masuk ke

          Di artikel ditulis mengapa 2 benda tsb (Phobos & Deimos) tdk terlihat
          dari bumi. Ada penjelasan teknisnya di salah satu paragraph - mungkin
          ada
          yg bisa bantu jelaskan dlm bhs Indonesia yg baik & benar :-P -
          sayaambil
          bagian akhirnya:
          "....Thus the small comets would be dimmer than the threshold of the
          naked
          eye by V=3.3, or a factor of about 20 in light intensity. The naked
          eye simply
          cannot detect the small comets at a range of 1000km (650 miles)."

          Selain itu 2 benda tsb adalah benda yg sangat gelap. Jgn lupa, bulan
          itu juga sangat gelap, dia nampak bercahaya karena memantulkan cahaya
          matahari (demikian juga benda2 langit lainnya selain bintang...).
          Disebutkan kalau benda2 tsb berada di orbit bumi, alias di atas
          lapisan awan. Jadi ya ndak keliatan lah dari pesawat (kecuali pesawat
          ulang-
          alik?:->).

> [...]
          > tersebut cukup besar untuk menimbulkan gejolak di
          > matahari, pasti mars sudah hilang dari peredaran saat

          Nah, untuk yg satu ini, penjelasannya ada di salah satu paragraph.
          'Terdakwa' komet 76P memasuki wilayah diwana terjadi perubahan
          energi, seperti tertulis di sini:
          "As 76P approached Mars it began to enter the ecliptic. Remember the
          ecliptic is that plane that the planets pass through around the sun.
          It's not
          imaginary at all, but rather it is a demarcation of change of
          electrical charge
          from positive to negative or visa versa, depending upon the direction
          that
          you are."

          Paragraph berikut menjelaskan bagaimana kejadiannya:
          "For any of you who have had to use battery cables to get a car
          started and accidentally switched the cables, putting the positive on
          the
          negative pole or visa versa, you know the violent reaction you get!
          It can
          blow up the batteries and/or ruin your car! The charge that we are
          speaking
          of in the ecliptic, is virtually millions of times more powerful.
          When you add
          the charge of the comet - BOOM! Sometimes, even often, it will tear
          the comet
          into pieces. It used to be about a third of the comets that passed
          through
          the ecliptic broke up - today it is an even higher number."

          Paragraph berikut menjelaskan kesimpulan akhir, apa yg 'mungkin'
          telah terjadi:
          "In the past astronomers have mistakenly believed that the
          destruction of comets was due to tidal or gravitational effects.
          WRONG! The
          amount of energy that gravity places upon a comet pales to this
          energy. We
          believe that the astronauts aboard the shuttle were watching the
          comet
          approach Mars and witnessed one of these tremendous events. Several
          million miles before 76P reached Mars (approximately 6.25 million
          miles) it hit
          the ecliptic, broke apart and then the sun burst forth an extremely
          powerful
          flare toward the event."

          Wuahhh....kira2 begitu :->

          Ditunggu lagi tanggapan rekan2 terutama yg bisa membantu 'mencerna'
          isi artikel ini menjadi bhs yg lebih mudah dimengerti. Kalau ditemukan
          info2 lain yg bisa memberi perpsektif baru, sgt ditunggu, thx!

          ---nu3l---