Re: [BALInux] xwindow trouble

  • Belog Polos
    Message 1 of 20 , Mar 1, 2004
      agus...
      pertama saya asumsikan :
      agus sudah bisa masuk ke linux dengan text mode
      dan mempunyai akses sebagai root
      # (adalah ciri kalo sudah login sebagai root)
      oks kita mulai
      coba ketik diconsule
      #xf86config
      #xf86setup
      #xf86Cobfig
      #xf86Setup

      coba pilih salah satu
      jika mau dia akan tampil pesan spt ini :
      please enter to continue, or ctrl-c to abort

      jika udah muncul pesan itu, silahkan baca tuntunannya
      pas setting resolusi monitor, pilih yang kecil dulu

      Kalo mau coba coba, tanpa melakukan langkah diatas,
      silahkan edit file /etc/X11/XF86Config
      biasakan back-up dulu file yang lama :)

      demikian semoga membantu
      salam
      belog

      --- agus ajus <uzrox77@...> wrote:
      > Sudah saya coba pak....
      > tapi malahan command2 yang bapak sarankan sudah saya
      > coba, tapi bash: command tidak dikenal....apanya
      > yang kurang ya?????
      > kalo diinstall ulang gimana caranya pak???
      > mulainya darimana??? apa booting dari disket atau
      > dari CD???
      >
      > thanks

      Get better spam protection with Yahoo! Mail.
      http://antispam.yahoo.com/tools
    • agus ajus
      Message 2 of 20 , Mar 8, 2004
        Alo pak
        saya sudah coba tuh, tapi tetap juga ngga bisa ke xwindow, padahal settingnya udah minimal spt yg bapak sarankan
        apa penyebabnya ya???? apa cd linuxnya ngga bagus atau vga saya udah kuno (padahal udah kedetek sama linux) jadi bingung....
        kalau diinstal ulang gimana caranya pak?
        mohon pencerahannya

        suksma

        Belog Polos <baliview2002@...> wrote:
        sama sama
        saya juga baru belajar
        kita sama sama belajar
        jangan pernah takut untuk bertanya dalam proses
        pembelajaran

        oks
        dari pesan yang ada
        bahwa x server nya belom jalan tuh
        bisa diset dengan perintah (ketikan di consule) :
        #setup
        terus ikuti langkahnya (baca dengan seksama)

        atau
        #xfree86setup

        atau
        #xfree86config

        tinggal ikutin langkahnya
        pilih yang minimal dulu, trus beransur naik

        oks demikian
        semoga membantu

        salam
        belog

        Yahoo! Groups SponsorADVERTISEMENT
        Click Here

      • IMade SriArdana
        Message 3 of 20 , Mar 9, 2004
          Halo..
          Sorry saya tidak membaca postingan sebelumnya...
          Tapi saya tanya dulu, memory VGA Bapak berapa?
          soalnya saya juga pernah kayak gitu (pc teman)
          tak instal, tapi begitu selesai gak bisa masuk...
          ternyata memory vga kurang(8Mb) dan juga Onboard :(
          Mungkin kalau ternyata VGA kurang, bisa diganti aja VGAnya..

          Dexno.

        • Dwi Oktovianda
          Message 4 of 20 , Mar 9, 2004
            saya pernah pake sis6326 mb dengan resolusi 1024x768
            baek-2 aja. coba di cek kalo gak salah di mandrake
            kalo mau pake xwindow ada service yang namanya xdm
            atau apa ya.. maklum ga pake mandrake lagi. coba dgn :
            service xdm start

            lalu jalankan xwindow :
            startx

            --- IMade SriArdana <dexivo@...> wrote:
> [...]
            > xwindow, padahal settingnya udah minimal spt yg
            > bapak sarankan
            > atau vga saya udah kuno (padahal udah kedetek sama

            Yahoo! Search - Find what you�re looking for faster
            http://search.yahoo.com
          • IMade SriArdana
            Message 5 of 20 , Mar 9, 2004
              Wah ini...
              mungkin aja kali ya xdm-nya gak idup..
              coba dulu ahh..
              tapi masalahnya sekarang kompie-nya gak pake X.
              tak install lagi ahh... :)

              Oya hampir lupa, saya kemarin (agak lama sih)
              nginstal RH90 di notebook Acer 234FX dengan
              spek : celeron 2,2GB+256MB+64MB vga intel(kata windows, tapi
              kata linux cuman 16Mb kenapa ya??)
              tapi koq resolusinya gak bisa 800x600 keatas..?
              padahal udah tak ubek2 settinganya sampe ketiduran..
              tapi tetep mbandel.... :)

              Dexno.

            • Rito
              Message 6 of 20 , Mar 9, 2004
                wah makin menarik aja nih trouble vga card...

                mungkin saya bisa bantu...
                di bawah ini isi dari file XFree86 punya saya, mungkin
                bisa dijadikan acuan untuk ngedit
                sebagai tambahan vga card yang saya gunakan Geforce FX
                5200 (driver langsung dari reference nvidia). bagi
                rekan -rekan yang vga-nya laen supaya dicek dulu
                chipset vga-nya merek apa, sudah itu baru diedit
                XFree86-nya

                # XFree86 4 configuration created by
                redhat-config-xfree86

                Section "ServerLayout"

                #Kalo yang ini supaya bisa startx
                # Section "ServerLayout"
                #Screen 0 "Screen0" 0 0
                #InputDevice "Mouse0" "CorePointer"
                #InputDevice "Keyboard0" "CoreKeyboard"
                Identifier "AGP"
                Screen "Screen AGP" 0 0
                InputDevice "Mouse0" "CorePointer"
                InputDevice "Keyboard0" "CoreKeyboard"
                InputDevice "DevInputMice" "AlwaysCore"
                EndSection

                Section "Files"

                # RgbPath is the location of the RGB database. Note,
                this is the name of the
                # file minus the extension (like ".txt" or ".db").
                There is normally
                # no need to change the default.
                # Multiple FontPath entries are allowed (they are
                concatenated together)
                # By default, Red Hat 6.0 and later now use a font
                server independent of
                # the X server to render fonts.
                RgbPath "/usr/X11R6/lib/X11/rgb"
                FontPath "unix/:7100"
                EndSection

                Section "Module"
                Load "dbe"
                #Yang gak perlu di kasi tanda #
                Load "extmod"
                #Load "fbdevhw"
                Load "glx"
                #Load "record"
                Load "freetype"
                Load "type1"
                #Load "dri"
                EndSection

                Section "InputDevice"

                # Specify which keyboard LEDs can be user-controlled
                (eg, with xset(1))
                # Option "Xleds" "1 2 3"
                # To disable the XKEYBOARD extension, uncomment
                XkbDisable.
                # Option "XkbDisable"
                # To customise the XKB settings to suit your keyboard,
                modify the
                # lines below (which are the defaults). For example,
                for a non-U.S.
                # keyboard, you will probably want to use:
                # Option "XkbModel" "pc102"
                # If you have a US Microsoft Natural keyboard, you can
                use:
                # Option "XkbModel" "microsoft"
                #
                # Then to change the language, change the Layout
                setting.
                # For example, a german layout can be obtained with:
                # Option "XkbLayout" "de"
                # or:
                # Option "XkbLayout" "de"
                # Option "XkbVariant" "nodeadkeys"
                #
                # If you'd like to switch the positions of your
                capslock and
                # control keys, use:
                # Option "XkbOptions" "ctrl:swapcaps"
                # Or if you just want both to be control, use:
                # Option "XkbOptions" "ctrl:nocaps"
                #
                Identifier "Keyboard0"
                Driver "keyboard"
                Option "XkbRules" "xfree86"
                Option "XkbModel" "pc105"
                Option "XkbLayout" "us"
                #Baris berikut merupakan tambahan dari driver NVIDIA
                Option "AutoRepeat" "250 30"
                EndSection

                Section "InputDevice"
                Identifier "Mouse0"
                Driver "mouse"
                Option "Protocol" "IMPS/2"
                Option "Device" "/dev/psaux"
                Option "ZAxisMapping" "4 5"
                Option "Emulate3Buttons" "no"
                EndSection

                Section "InputDevice"

                # If the normal CorePointer mouse is not a USB mouse
                then
                # this input device can be used in AlwaysCore mode to
                let you
                # also use USB mice at the same time.
                Identifier "DevInputMice"
                Driver "mouse"
                Option "Protocol" "IMPS/2"
                Option "Device" "/dev/input/mice"
                Option "ZAxisMapping" "4 5"
                Option "Emulate3Buttons" "no"
                EndSection

                Section "Monitor"

                #Nama Monitorku
                #kalo kita gak tau monitornya apa, mending set
                pake yang ini
                Identifier "Monitor0"
                VendorName "SPC"
                ModelName "Generic Non-Interlaced SVGA, 1024x768 @
                60 Hz, 800x600 @ 72 Hz"
                HorizSync 31.5 - 48.5
                VertRefresh 50.0 - 70.0
                Option "dpms"
                EndSection

                Section "Device"

                #Kalo yang ini buat inisialisasi driver VGA
                Identifier "NV AGP"
                Driver "nvidia"
                VendorName "nvidia"
                BoardName "Pixel View"
                EndSection

                Section "Screen"
                Identifier "Screen AGP"
                Device "NV AGP"
                Monitor "Monitor0"
                DefaultDepth 16
                SubSection "Display"
                Depth 16
                Modes "1024x768" "800x600" "640x480"
                EndSubSection
                EndSection

                maap agak panjang .... semoga bisa ngebantu

                Yahoo! Search - Find what you�re looking for faster
                http://search.yahoo.com
              • askari
                Message 7 of 20 , Mar 9, 2004
                  Oh ya ikut nimbrung dikit.
                  Bagaimana yahh ngeset di Mail Server atau Gateway (shorewall) agar user
                  yang mobile tetap bisa menggunakan pop3 dan smtp.
                  Kemudian user tersebut dapat menggunakan aplikasi email pada pc atau
                  laptopnya untuk sending dan receive email dari mail server.

                  Skema Jaringan yang sudah ada :

                  Internet------------GW/FW----------mailserver/webserver

                  Thank's

                  ASKARI.
                • Pegalinu
                  Message 8 of 20 , Mar 9, 2004
                    /etc/shorewall/rules
                    ditambahkan ACCEPT utuk port 25 dan 110 dari alamat IP mobile

                    thanks
                    wayan kw

                  • askari
                    Message 9 of 20 , Mar 9, 2004
                      Setahu saya kalau IP dialup biasanya berubah2, bagaimana tuh?.
                      Yang dimaksud disini IP dari ISP-dialup atau IP pada laptopnya?.

> [...]

                      > tersebut dapat menggunakan aplikasi email pada pc atau laptopnya untuk

                      > sending dan receive email dari mail server.

                      Yahoo! Groups Links
                    • Tulalit
                      Message 10 of 20 , Mar 10, 2004
                        asalkan mailserver anda ada ip yg dikenalin di internet dan tetap..
                        client anda akan tetap bisa konek darimanapun....(meskipun pake dialup
                        ato yg laen)
                        tentunya pop & smtp client anda diarahin ke ip server mail anda...
                        jangan lupa tips dari om pegalinux untuk ACCEPT port smtp & pop

                        Salam

                        Klenx

                      • askari
                        Message 11 of 20 , Mar 10, 2004
                          Skema jaringan saya seperti ini :

                          Internet------------GW/FW------------SWITCH/HUB-------------emailserver/
                          webserver
                          (IP-ISP & 192.168.5.100) |
                          5.1

                          LAN (5.x)

                          Apakah dalam keadaan jaringan seperti ini, hal tersebut (seperti yang
                          dimaksudkan oleh saudara : klepon@...) bisa dilakukan.
                          Bukannya kata om pegalinux di SHOREWALL (GW/FW) di set accept POP3 dan
                          SMTP hanya untuk IP yang sudah ditentukan, dengan begitu dapat mencegah
                          kemungkinan penyusupan.
                          Aduhh gimana tuhh maksudnya, kok jadi tambah bigung?

                          askari wrote:

                          >Setahu saya kalau IP dialup biasanya berubah2, bagaimana tuh?. Yang
                          >dimaksud disini IP dari ISP-dialup atau IP pada laptopnya?.

                          Yahoo! Groups Links
                        • Tulalit
                          Message 12 of 20 , Mar 11, 2004
                            biar nggak tambah binggung ato mungkin tambah pusing.. skemanya mungkin
                            begini

                            Internet--------|-----GW/FW------| ip ISP & NAT ke network local
                            192.168.5.100 |-------Switch/Hub---- |------Network Local------
                            Webserver,Mailserver,Ftp..etc...

                            option2 yg biasanya dipakai
                            1. Anda dapat block ip dari ISP (ip publik) .. semua anda gunakan untuk
                            mesin2 mail dan web...
                            untuk yg begini client anda bisa langsung konek ke mesin tsb karena
                            mesin2 tsb memiliki ip publik yg bisa diakses darimanapun....

                            2. Memakai Bagan spt yg saya buat..
                            Skemanya.., Anda membuat mailserver dgn ip PRIVAT yg sudah dipetakan
                            dari GW/FW atau gampangnya ada bikin rule ato apa yg ada di GW/FW
                            untuk memforward request pop & smtp ke mesin mailserver di ip PRIVAT

                            3. kalau dari bagan yg anda buat, sepertinya anda mempunyai webserver
                            beserta email yg ada diluar (hosting mungkin).
                            setelah itu anda mempunyai mailserver yg berfungsi mengambil email2
                            dr hosting tsb.., kemungkinan maksud anda adalah bisakah
                            email2 yg ada dimail server local bisa diambil oleh client itu..???
                            bener nggak pak..??? :) (kl iya ..back to option 2)

                            4. Build & Configure web/email2 anda kemesin anda sendiri... toh juga
                            sudah punya ip PUBLIK

                            Salam

                            Klenx

                          • askari
                            Message 13 of 20 , Mar 11, 2004
[...]

                              ???-> webserver dan mailserver saat ini berada dalam satu mesin.
                              Kemudian untuk penjelasan no1 ini saya belum terlalu mudeng!.

[...]

                              ???-> Mungkin seperti ini ya : setiap ada permintaan untuk POP3 dan
                              SMTP, maka akan dilanjutkan ke mailserver gitu?.
                              Bagaimana kalau yang saya mau hanya permintaan dari IP tertentu saja?.
                              Kemudian bagaimana dengan laptop user yang mobile untuk dapat mengakses
                              POP dan SMTP di mailserver (menggunakan dialup)?

[...]

                              ???-> Tidak, emailserver dan webserver punya sendiri (tdk hosting), pake
                              mesin SUN-COBALT RaQ4i.

                              4. Build & Configure web/email2 anda kemesin anda sendiri... toh juga
                              sudah punya ip PUBLIK

                              ???-> Yah pasti. Cuman masalahnya untuk user yang mobile dan menggunakan
                              dialup connection, itu aja.

                              Salam

                              Klenx

                              Yahoo! Groups Links
                            • Tulalit
                              Message 14 of 20 , Mar 11, 2004
> [...]
                                >
                                >???-> webserver dan mailserver saat ini berada dalam satu mesin.
                                >Kemudian untuk penjelasan no1 ini saya belum terlalu mudeng!.

                                dari isp berapa buah..??
                                kalaupun banyak yaa dipasang satu2 dimesin mail ama web...
                                clientpun jg nggak punya masalah kl mau akses service ke mesin
                                tsb...
                                soalnya mesin tsb udah dikenal di internet...

> [...]

                                >Kemudian bagaimana dengan laptop user yang mobile untuk dapat mengakses
                                >POP dan SMTP di mailserver (menggunakan dialup)?

                                user/client dial up,
                                soalnya itu ip dialup pasti berubah..., kecuali anda pasang
                                dial in server ke network anda... :)
                                btw kenapa nggak listening aja port pop & smtpnya...??
                                saya rasa dimanapun untuk port2 tsb masih tetap listening,
                                klpun user pake dial up untuk mengakses email
                                kan tinggal diarahin ke pop&smtp server anda.(pop&smtp
                                dikasih ip publik anda aja...)

> [...]
                                >bener nggak pak..??? :) (kl iya ..back to option 2)
                                >
                                >???-> Tidak, emailserver dan webserver punya sendiri (tdk hosting), pake

                                publik ke mesin itu udah...
                                client anda pake dialup atopun pake ip2 yg laen yaa pasti
                                bisa nyambung...
                                tp asyik juga yah..., punya SUN-COBALT RaQ4i maennya
                                dibelakang GW/FW...
                                bukannya itu mesin udah komplit (firewall,mail,web...etc...)

                                >4. Build & Configure web/email2 anda kemesin anda sendiri... toh juga
                                >sudah punya ip PUBLIK
                                >
                                >???-> Yah pasti. Cuman masalahnya untuk user yang mobile dan menggunakan
                                >dialup connection, itu aja.

                                dari kompyutnya mereka masing2...
                                soalnya itu mail&web sudah dipublish keinternet.., dan
                                user dial up pasti bisa akses mailboxnya masing2...
                                sama halnya kalau anda akses mail telkomnet anda..., anda
                                dial trus send & receive keservernya mail telkom
                                pokok'e baca2 MAN-HOWTO forwarding port ipchains/iptable
                                (cobalt biasanya pake topi merah versi lama "7.3 ato 6.3")
                                kasus ini bila anda pakai GW/FW----->>>Mailsever

                                Semoga Bermanfaat
                                Salam

                                Klenx