Re: [BALInux] Digest Number 656

  • Ronald Kuwawi
    Message 1 of 9 , Jan 1, 2004
      Hehe sorii nanyanya kurang jelas, gini kan aku sering nyoba2
      operating system (download ISO, burn, install) spt Linux, FreeBSD,
      OpenBSD, tapi di PC cuman ada 1 hard disk, jadi terpaksa pake
      dual boot deh -- ato utk sementara Windows XP-nya di-wipe dulu
      dan diganti Linux.

      Nah biar cepet nge-restore Windowsnya lagi, aku pake Norton Ghost,
      jauh lebih cepet, kalo nginstall Win XP kira2 40 menit, kalo
      restore disk image pake Norton Ghost kira2 cuman 10 menit
      (Windows XP fresh install, nggak ditambahin program apa apa)

      Jadi hard disk di komputerku kan 40 GB, aku partisi jadi 2,
      masing- masing 20 GB.
      (jadi ada 2 drive, C & D)

      1) Install fresh Windows XP, di-Ghost ke D:

      2) Krn udah ada ghost imagenya, jadi skr yg partisi C:
      bisa dipake buat install & eksperimen dgn Linux, FreeBSD, dll

      3) Kalo mau balik ke Windows lagi, tinggal boot pake Norton
      Ghost boot disk dan tinggal restore disk image yg di D:
      ke C:

      4) Done! -- nah ini tapinya --setelah restoring disk image,
      reboot PC, pasti keluar error message:
      "Error, operating system not found"

      atau: LILO / Grub muncul, tapi jelas nggak bisa boot
      soalnya kan partisi Linux-nya udah diapus

      5) Jadi kesimpulannya Norton Ghost meng-image partisi, tapi
      nggak sekalian MBR-nya? Bener nggak?

      Gimana caranya? biar Norton Ghost-nya juga mem-backup
      MBR-nya, jadi pas restore disk image, langsung cespleng :)

      ps: Nah ini ada anomali lagi, pernah aku meng-image
      Windows XP-nya bukan ke C: tapi di-burn ke CD-R
      (Norton Ghost 7 support CD burning)
      nah pas aku restore dari CD-R ini ternyata MBR-nya
      bisa ke-restore juga! aneh nggak? ada yg pernah
      ngalamin kejadian serupa?

      Nah pasti ada yg bilang -- kenapa kalo gitu nggak tiap
      kali di-image ke CD-R aja? Masalahnya, over time kan
      aku install program2 Windows, jadi kalo tiap kali restore-nya
      dari disk image yg fresh install WIndows XP -- kan harus
      re-install program2 Windowsnya itu yg lumayan ngabisin
      waktu juga.

      ps2: aku juga udah nyobain 3rd party disk utilities
      yg katanya bisa backup & restore MBR - tapi semuanya gagal :(

      Any suggestion fellow Balinuxers?

      Ronald

      Happy New Year, 2004 :-)
    • Ronald Kuwawi
      Message 2 of 9 , Jan 1, 2004
        > Date: Wed, 31 Dec 2003 23:57:59 +0800
        > From: darmayasa <reservation@...>
        > Subject: Re: Re: Oy, belajar Linux di Bali dimana?

        > tapi sayang program video capture, scanner, camera dan sync pda gua
        > masih pake windows, jadi tetap harus kerja di windows juga, maunya sih

        huee semuanya pada punya PDA skr.. :) Tdy PDAnya yg mana?
        Aku lagi pengen beli Palm Zire 21 nih, baca2 reviews di internet
        kebanyakan positif, kekurangannya cuman nggak ada backlightnya doang....
        ada yg udah pernah nyobain?

        > win buat main main kaya main game misalnya, mesti tunggu dulu deh full
        > linuxnya.... hehehhehe ada aja kurangnya ya.....8D

        Kalo maen game gak mau repot mah paling enak di PS2, Tdy - lebih gampang
        lagi dari Windows tinggal power on & masukin CD-nya hehehe ;-)
      • rito
        Message 3 of 9 , Jan 1, 2004
          Kalo gak salah winXP kan mendukung dual boot. maka otomatis winXP akan
          menulis file boot di mbr hard disk. nah mungkin pas di ghost itu gak
          kebuat file boot-nya jadi winP beranggapan gak ada OS.
          coba abis ngegost lalu masuk ke dos promt (pake disk boot) ketik fdisk
          /mbr, moga-moga bisa . kalo bisa baru edit lilo-nya

          moga-moga ngebantu
          ^_^
        • reservation
          Message 4 of 9 , Jan 1, 2004

> [...]
            > Aku lagi pengen beli Palm Zire 21 nih, baca2 reviews di internet
            > kebanyakan positif, kekurangannya cuman nggak ada backlightnya doang....

            aku pake jornada 548 dan fujitsu loox 600, dua duanya pocket pc, program
            sync belum ada di linux (pake wine mungkin bisa), kalo palm bisa os kalo
            gak salah namanya palmsync (suse7.3)

            zire 21 yg mana ya , kalo yg pake kamera ada kok backlight-nya. kamu lebih
            baik beli tungsten aja deh dari pada zire, ato sekalian yg linux base.

            > Kalo maen game gak mau repot mah paling enak di PS2, Tdy - lebih gampang
            > lagi dari Windows tinggal power on & masukin CD-nya hehehe ;-)

            2,5 jt pak mending gua pake buat beli cpu baru....hehhehe

            tdy
          • reservation
            Message 5 of 9 , Jan 1, 2004

> [...]
              > dari disk image yg fresh install WIndows XP -- kan harus
              > re-install program2 Windowsnya itu yg lumayan ngabisin

              masalahnya terjadi waktu kamu buat image ato restorenya, kalo kamu
              restoore ke harddisk yang bessar partisinya beda, maka partisinnya dan mbr
              tidak akan direstore secara indentik. dengan kata lain hanya isi
              partisinya yang akan direstore. kalo kamu restore dengan kapasitas partisi
              yg sama maka akan disalin indentik (paartisi waktu backup = partisi waktu
              restore). waktu restore kan ditanya mau restore penuh (indentik) ato
              diretore ke kapasitas hdd yg berdeba. kagak pake fdisk /mbr si ghost itu.
              ato coba fdisk /mbr secara manual kali si winxp mau boot. linux di boot
              via disket ato loadlin dulu, baru kemuadian grub ato lilo di install
              ulang.

              tapi ingat dual boot winxp bisa nggak boot partisi linux ?????
              kalo grub ato lilo pasti bisa.

              tdy
            • reservation
              Message 6 of 9 , Jan 1, 2004

> [...]

                ulang.

                tapi ingat dual boot winxp bisa nggak boot partisi linux ?????

              • Wayan Wandira
                Message 7 of 9 , Jan 2, 2004
                  --- In balinux@yahoogroups.com, reservation <reservation@d...> wrote:

> [...]

                  Wah pada mainin PDA semua nih , kalo saya mah kanggoang Personal
                  Dicatat Assistant alias "buku saku", no battery included :)

                  > aku pake jornada 548 dan fujitsu loox 600, dua duanya pocket pc,
                  program
                  > sync belum ada di linux (pake wine mungkin bisa), kalo palm bisa os kalo

                  Jangan banyak banyak dong boss , hibahkan satu buat saya :)

                  > 2,5 jt pak mending gua pake buat beli cpu baru....hehhehe

                  Atau beli xbox , pasangin linux :) , kalo rela kasi saya buat uang
                  muka motor :)

                  IWWandira
                • darmayasa
                  Message 8 of 9 , Jan 5, 2004
                    apa gak salah nih..........8D

                    tdy

                    Wayan Wandira wrote:

> [...]
                    >
                    >To visit your group on the web, go to:
                    >
                    >To unsubscribe from this group, send an email to:
                    >
                    >Your use of Yahoo! Groups is subject to:

                  • Wayan Wandira
                    Message 9 of 9 , Jan 5, 2004
                      Apanya yang salah boss ??

                      IWWandira