Re: [BALInux] Digest Number 454

  • tony nyot hadisiswanto
    Message 1 of 9 , Apr 3, 2003
      salam balinuxer
      saya setuju dgn diadakannya training linux, saya juga setuju training linux dimulai dari yg paling dasar bgt, maklum saya juga 'newbie'.Trus kalo bisa training diadakan secara 'continue', sebulan sekali atau 2 bulan sekali, buat nambah wawasan per-linux-an. Juga diajarin gimana migrasi dari windows ke linux, ok. Btw kapan rencana training linux???Mohon dikonfirmasi ke pihak yg berwenang...:)
      Trus saya jg mo nanya apa masih ada pertemuan rutin KPLI??Dan apa boleh anggota jg ikut dateng???
      Gmn ttg status keanggotaan saya??Waktu pameran saya daftar dari Balisoft, sampe sekarang blom ada konfirmasi lg,mohon dijelaskan,ok!!
      funk_ynot
      --

      On 30 Mar 2003 14:45:37 -000
      balinux wrote:

> [...]
      >Yahoo! Platinum - Watch CBS' NCAA March Madness, live on your desktop!
      >http://platinum.yahoo.com
      >

      >________________________________________________________________________
      >________________________________________________________________________
      >
      >Message: 9
      > Date: Sun, 30 Mar 2003 22:11:12 +1000
      > From: Ronald Kuwawi <ron4ld@...>
      >Subject: Re: OpenOffice Virus
      >
      >hmm aku lagi pake OpenOffice di Windows nih :)
      >kalo virus macro di Linux kayaknya nggak pernah denger ya,
      >tapi kalo ELF virus emang udah ada dari '97 kalo nggak salah

      Need a new email address that people can remember
      Check out the new EudoraMail at
      http://www.eudoramail.com
    • I Wayan Warmada
      Message 2 of 9 , Apr 3, 2003
        On Thu, 3 Apr 2003, tony nyot hadisiswanto wrote:

[...]

        Nah, ini salah satu contoh permintaan dari users yang paling mendesak.
        Jadi gak perlu diberikan yang serem-serem, yang penting (IMHO):

        - bagaimana migrasi dari windows ke linux, ini tidak mengharuskan semua
        hal linux diberikan. Bagi user biasa, tidak membutuhkan pengetahuan
        windows yang banyak di dunia windows. Linux sekarang kan tidak perlu
        memakai perintah commandline toh? Sudah persis kayak Windows,
        drag-en-drop (apalagi pakai KDE3.1 malah jauh lebih keren dari Windows).

        - software2 yang paling banyak dipakai (biasanya sih aplikasi perkantoran)
        baca di websitenya IMW ada tulisan mengenai aplikasi perkantoran di
        linux, bisa dijadikan referensi.

        - software2 yang berhubungan dengan penyusunan skripsi atau laporan
        mahasiswa (kalau pesertanya dari kalangan mahasiswa).

        pada step berikutnya baru untuk kelas advanced user, misalnya ada yang
        pengin jadi sistem administrator, programmer database, ngehack, dll (nggak
        tahu kalau di dunia ini...:).

        Kalau saran saya lebih condong ke user centered daripada pakar/ahli linux
        centered, he..he... Pakai filosofinya film Drunken Masternya Jacky Chan,
        "guru yang baik adalah guru yang bisa membuat muridnya lebih pintar dari
        gurunya..." jadi bukan guru nakut-nakutin murid...:).

        % Trus saya jg mo nanya apa masih ada pertemuan rutin KPLI?? Dan apa boleh
        % anggota jg ikut dateng???

        asal mau bayar... [becanda]

        IWW
      • grindcomank
        Message 3 of 9 , Apr 4, 2003
          --- I Wayan Warmada
          <warmada@...-bielefeld.de> wrote: >
          > - bagaimana migrasi dari windows ke linux, ini tidak
          > mengharuskan semua

          Memang untuk neewbie, migrasi inilah yang paling
          mendesak.

          Sekedar cerita (alias pengalaman jalanin installfest
          LINUX door to door), dari 10 komputer teman yang udah
          terjangkit Linux, memberikan gambaran bahwa 8 dari 10
          tersebut memberikan hasil yang lumanyan gregetnya. dan
          2-nya mandeg, dan pingin dirobah lagi jangan pake
          linux :)
          Nah yang dua ini, hehe saya coba pada kalangan yang
          memang penggunaan komputernya hanya pada kepntingan
          pekerjaan rumah (PR) doank plus memiliki
          ketregantungan pada program2 under windows yang belum
          (saya yang belum tahu) ada di linux (kayak : AUTOcad,
          games yg dewasa ini makin hari makin banyak makan
          hardisk Serta isi kantong untuk hardware baru yang
          kompatibel ....:< )

          Dari 8 ini juga ada yang macem2, ada yg memang seneng
          otak-atik comp, ampe anak seorang guru SMA... :)
          ada hal yg menarik disini, dimana ortu nich anak (guru
          SMA) jadi pingin belajar juga... yach mudah2an ini
          bisa ngebantu nyebarin linux di kalangan SMA... I
          hope..:)

          Saya pake indikator kemajuan/greget kemajuan semenjak
          diistall pertama kali :
          - ada kebutuhan/permintaan software word prosessor
          yang lebih dari sekedar KWord (kebetulan saya punya
          SOToffice, OpenOfiice, dll yang saya dapat dari
          majalah Linux jadi itu yang saya kasi).

          - ada kebutuhan/permintaan software2 games (ini yang
          belum bisa saya layani)

          - udah bisa install sendiri Linux. Kebetulan ada temen
          yang datang kekost, terus ngambil CD Mandrake saya
          dengan secarik surat bertuliskan "saya pinjem CD-nya,
          mau install ulang" keesokannya saya kesana dan
          alhasil, Mandrakenya jalan....:)

          tapi itu cuman cerita kilas balik dari pengalaman
          saya.

          Namun ada kekurangan dari teknik Instllfest Door to
          Door, yakni :
          1. payah
          2. Payah
          3. PAYAH...
          jadi butuh energi extra, untuk datang dari satu rumah
          ke rumah lainnya....

          Dari situ sudah terbayang, berapa orang udah install
          LINUX?

          Oh yaa... tolong donk rekan TONY cerita dikit masalah
          pooling linux kemaren yang ada di
          kampus....(hasilnya)?

          Tapi cerita diatas bakalan basi, kalau udah pernah
          ikut installfest linuxnya BOCOR dan Citra CC atau
          memang udah pernah nginstall linux sebelumnya.

> [...]
          > "guru yang baik adalah guru yang bisa membuat
          > muridnya lebih pintar dari
          > gurunya..." jadi bukan guru nakut-nakutin

          TP sekarang masih ada juga guru yang mabookkkk,,,,,
          jadi muridnya ikut mabokkk juga,,,, hik,,,,,,

          ada baiknya sering nonton film ya.... :)
          [becanda juga, hehe biar awet, buktinya orang gila di
          pasar itu tetap aja idup walaupun jarang liat makan,
          lain dengan saya baru telat dikit aja makan udah
          dibilang maag-lah, kurang gizi, dll]

          Yahoo! Plus
          For a better Internet experience
          http://www.yahoo.co.uk/btoffer
        • Ronald Kuwawi
          Message 4 of 9 , Apr 4, 2003
            haloo komank, lama gak kedengeran suaranya di milis :)

            grindcomank wrote:
            > Saya pake indikator kemajuan/greget kemajuan semenjak
            > diistall pertama kali :
            > - ada kebutuhan/permintaan software2 games (ini yang
            > belum bisa saya layani)

            udah ada bbrp games terkenal yg available di Linux:
            Counter Strike, Unreal Tournament & Neverwinter Nights

> [...]
            > 2. Payah
            > 3. PAYAH...
            > jadi butuh energi extra, untuk datang dari satu rumah

            nah makanya perlu ngadain Balinux Installfest :)
          • Ronald Kuwawi
            Message 5 of 9 , Apr 4, 2003
              >he-eh benerr, bbrp argumen supporter Debian bilang yg penting
              dalemnya ok (kernelnya stabil dll), nah tapi buat tipe sekretaris
              gini nih yg walaupun dirayu Leonardo Dicaprio :-D juga nggak bakalan
              kebujuk pake distro macem Debian atau Slackware (bukan berarti
              Debian/Slackware jelek, tapi buat orang awan kurang UI (user interface)
              nya kurang user-friendly.

              I Wayan Warmada wrote:
              > ini khusus untuk user yang punya rasa curiousity yang tinggi plus punya
              > waktu untuk kutak-katik, he..he... Kalau gak punya waktu, kayak sekretaris
              > misalnya. Di kantor mereka sudah ditumplek oleh pekerjaan, pulang kantor
              > mereka ditumplek pekerjaan keluarganya, he..he... kapan suruh kutak-katik?

              >nah bisa dikasi topik yg keren misalnya "Ada Apa Dengan Linux"
              terus kasi graphic design yg 'gaul' - pasti ok deh! :)

              > ganti topik, jangan instalasi dong...:)
            • I Wayan Warmada
              Message 6 of 9 , Apr 4, 2003
                On Fri, 4 Apr 2003, [iso-8859-1] grindcomank wrote:

[...]

                jadi kebutuhan dasarnya masih untuk penyelesaian tugas sehari-hari, i.e.
                migrasi dari Windows ke Linux. Bukan memberi yang sama sekali baru, kapan
                mereka akan bekerja? Ini saya list program pengganti di Linux:

                Windows Linux
                MSOffice OpenOffice/SOToffice/KOffice
                AutoCAD Qcad/Xfig (2D) dan Octree (3D)
                CorelDRAW* Sketch
                PhotoShop GIMP/CorelPhotoPaint**

                Games gak tahu...
                *) juga jalan di Linux tapi mesti bayar...:)
                **) CorelPhotoPaint yang di Linux free...

                Program-program ini yang paling sering dipakai untuk membuat PR, jadi
                kalau mau memindahkan konsentrasi user dari yang numplek di Windows ke
                Linux, ya mesti memberikan program yang bisa mereka pergunakan segera.
                Selain itu saya tidak tahu...

[...]

                memang lebih mudah mengompori anak-anak dibandingkan orang-orang yang
                sudah berumur, apalagi yang sudah banyak PR. Untuk belajar dari nol lagi
                akan buang2 waktu bagi mereka, maka memberi yang instant akan lebih tepat.

[...]

                instalfestnya di tempat ramai aja... kan jadi banyak yang nonton,
                he..he...

[...]

                muridnya harus bisa lebih mabuk dari gurunya. Guru minum alkohol 12.5 %
                murid harus bisa minum sampai yang 35% he..he...

                % ada baiknya sering nonton film ya...:)

                kadang film yang bagus bisa dijadikan cerminan dari hidup, apa salahnya
                ditonton. Filem india banyak membawa pesan semacam ini...

                % [becanda juga, hehe biar awet, buktinya orang gila di pasar itu tetap
                % aja idup walaupun jarang liat makan, lain dengan saya baru telat dikit
                % aja makan udah dibilang maag-lah, kurang gizi, dll]

                masih lumayan ada yang merhatiin...

                IWW
              • I Wayan Warmada
                Message 7 of 9 , Apr 4, 2003
                  On Sat, 5 Apr 2003, Ronald Kuwawi wrote:

[...]

                  soalnya mereka diburu pekerjaan, kalau suruh mikir kapan selesainya
                  pekerjaannya itu. Jadi mereka butuh program yang bisa digunakan dengan
                  pendekatan intuitif (gua dulu sempat ikut debat tentang ini di milis
                  TeXmacs sama beberapa developernya). Kalau di LyX penambahan feature
                  tergantung users, jadi didiskusiin dulu di milis LyX-Users (ada sekitar
                  10-an developer aktif di situ). LyX yang sekarang jadi lebih mudah
                  dibandingkan MSWord, hik...

                  % nah bisa dikasi topik yg keren misalnya "Ada Apa Dengan Linux" terus
                  % kasi graphic design yg 'gaul' - pasti ok deh! :)

                  kasih the power of Linux (ber-GUI tentunya). Gua pernah ngasih kompor
                  tentang "the power of LyX" di milis yang banyak sekretarisnya, malah pada
                  minta diinstalkan. Padahal instal LyX di Windows bisa setengah mateng
                  (males coba lagi...).

                  IWW
                • eka pratama
                  Message 8 of 9 , Apr 7, 2003
                    hallo rekan rekan sekalian.
                    tolong dibantu donk, kemarin saya beli majalah info linux edisi bulan april, nah di sana ada artikel soal update kde menjadi kde 3.1.
                    langkah demi langkah yang ada di majalah sudah saya ikuti, tapi setelah install kde nya malah keluar error message " failed depedencies " dan ada beberapa file yang harus diinstall lagi karena diperlukan oleh kde.
                    trus setelah saya instal semua yang dibutuhkan, tapi setelah saya jalankan rpm nya kde dan berhasil di install, malah sekarang saya tidak bisa masuk ke x window, sempat masuk beberapa saat ke kde, tapi saat kde akan di load malah x window nya shutdown sendiri.
                    tolong donk bagi rekan rekan yang bisa memberi pencerahan
                    trim's sebelumnya

                  • Belog Polos
                    Message 9 of 9 , Apr 7, 2003
                      --- eka pratama <dauth2003@...> wrote:

> [...]
                      > kde akan di load malah x window nya shutdown
                      > sendiri.
                      > tolong donk bagi rekan rekan yang bisa memberi

                      ada pesan errornya nggak....?????
                      jika ada apa pesan errornya...????

                      atau lihat log nya.
                      atau lihat di /var/log/messages

                      ok, demikian dulu semoga membantu

                      salam

                      =====
                      ++ BeLOG ++

                      Yahoo! Tax Center - File online, calculators, forms, and more
                      http://tax.yahoo.com