Re: [BALInux] help....

  • Mailing List
    Message 1 of 10 , Feb 28, 2003
      pastikan semua driver di loading oleh kernel
      seperti di ms-windows, driver dimasuk'in ke startup maupun autorun dari registry
      di mandrake, anda dapat memeriksa di menu control panel
      selamat mencoba

      Message 2 of 10 , Mar 3, 2003
        Perl adalah sebuah bahasa scripting yang sangat bagus
        dan fleksible.
        Perl pertama kali dibuat oleh Lerry Wall, salah
        seorang sistem admin NASA pada akhir tahun 1980
        Perl sangat populer dikalangan WEB Master, karena
        dengan Perl kita dapat membuat file *.cgi

        Dalam sistem linux, perl biasa sudah include disetiap
        distribusi dan biasanya ada di : /usr/local/bin/perl

        Membuat file dengan perl sangat mudah, kita dapat
        menggunakan editor apa saja dalam linux, dengan
        menambahkan header spt : #!/usr/bin/perl

        Berikut Contoh file perl, misal kita berinama belog.pl

        #!/usr/bin/perl
        print "Content-type: text/html\n\n";
        print "<HTML><HEAD>";
        print "<TITLE>CGI Test</TITLE>";
        print "</HEAD>";
        print "<BODY><H2>Tulisan BALINux ini menggunakan
        PERL!</H2>";
        print "</BODY></HTML>";

        contoh file perl, misal kita beri nama polos.pl

        #!/usr/local/bin/perl
        print "Halo, BALINuxer!\n";

        Cara menjalan file perl

        perl nama file
        misal kita ingin menjalankan file belog.pl
        perl belog.pl

        maka, hasilnya spt ini :
        Tulisan BALINux ini menggunakan PERL!

        jika kita jalan kan polos.pl,
        perl polos.pl maka hasilnya akan spt ini :
        Halo, BALINuxer!

        ok, demikian dulu
        semoga bermanfaat :))

        salam
        Belog

        =====
        ++ BeLOG ++

        Yahoo! Tax Center - forms, calculators, tips, more
        http://taxes.yahoo.com/
      • Belog Polos
        Message 3 of 10 , Mar 4, 2003
          dear, BALINuxer