Re: [backpackerdunia] ATM CIMB? Di mana saja?

  • isrofillah@yahoo.com
    Message 1 of 15 , Sep 5, 2012
      Saya baru buka rekening cimb niaga dolar. Sejak juni lalu (juni apa juli gitu ya). Tidak dapat kartu atm dan memang tidak ada kartu atm untuk rekening dolar. Saya sudah minta, tidak ada kartu atm nya. Jadi ada aturan baru dari BI tidak boleh ada penarikkan dolar dari rekening indonesia. Hanya boleh rupiah. Aturan ini berlaku sejak 6 bulan lalu kalau tidak salah.

      Tapi saya mungkin atau bisa salah. Saran saya, coba cek ke bank yang bersangkutan. Make sure lagi bahwa bisa menarik atm di singapura dari rekening indonesia. Atm nya sih ada banyak tapi nggak bisa narik ke mata uang asing selain rupiah. Walau saya punya nya tabungan dolar.

      Semoga berguna
      Fir

      Powered by Telkomsel BlackBerry®

      From: Elok Dyah <elok.dyah@...>
      Sender: backpackerdunia@yahoogroups.com
      Date: Wed, 5 Sep 2012 23:40:47 +0800 (SGT)
      To: <backpackerdunia@yahoogroups.com>
      ReplyTo: backpackerdunia@yahoogroups.com
      Subject: [backpackerdunia] ATM CIMB? Di mana saja?

      Mas Edik,
      sekadar meluruskan, sebenarnya ATM CIMB ada buanyak:
      Singapore ada 6 ATM
      Malaysia ada 2.235 ATM
      Indonesia 1.827 ATM
      Thailand 522 ATM
      Cambodia 10 ATM

      Tapi dari pengalaman seorang member Backpacker Dunia mas Teddy Andri yang pernah diposting di group FB Backpacker Dunia: dia ambil uang di ATM CIMB memang tidak dicharged (free), tapi rate hari itu lebih mahal daripada tukar di money changer. Kadang-kadang ambil dari ATM rate-nya bagus, kadang lebih mahal.

      Mungkin bisa menjadi pertimbangan.
      terima kasih,
      elok

      Dari: isrofillah@... <isrofillah@...>
      Judul: Re: [backpackerdunia] tukar uang rupiah dengan dolar singapura
      Kepada: backpackerdunia@yahoogroups.com
      Tanggal: Rabu, 5 September, 2012, 9:31 AM

      Mas netron, coba cek. Saya juga nabung dolar di cimb niaga. Bank ini nggak punya atm. Baik di indonesia maupun singapure dan negara lainnya. Saran saya bawa cash saja. Saya sih biasanya bawa dolar us, tukar disana. Bukan tukar dengan rupiah. Hitungannya juga lebih untung.

      Atau biar aman, saya biasanya bawa uang lokal negara tujuan seperlunya hanya untuk ongkos keluar bandara disana. Beli disini kan pakai rupiah. Disana baru tuker jumlah banyak dari us dolar ke uang lokal. Jumlahnya ya sesuai kebutuhan. Contoh: ke bangkok, saya beli sekitar 250 baht. Buat makan dan ongkos keluar bandara saja. Sampai sana saya beli sampai sekitar 2000 baht dengan us dolar buat selama di bangkok.

      Semoga membantu.

      From: netron doank <netrondoank@...>
      Sender: backpackerdunia@yahoogroups.com
      Date: Wed, 5 Sep 2012 16:59:26 +0800 (SGT)
      To: <backpackerdunia@yahoogroups.com>
      ReplyTo: backpackerdunia@yahoogroups.com
      Subject: [backpackerdunia] tukar uang rupiah dengan dolar singapura

      Dear ipb,
      Saya baru pertama kali mau ke singapura... apakah saya harus menukar uang rupiah saya dengan dolar singapura di indonesia sebelum sampai disingapura atau saya bisa tarik uang dolar singapura langsung dari atm cimb niaga yang ada disingapura....
      Atau lebih enak mana ni tukar uang disingapura apakah ada? Tukar rupiah dgn dolar singapura

      Thanks tolong di jawab ya

      Regard
      edik

    • sunadityaa@gmail.com
      Message 2 of 15 , Sep 5, 2012
        Mau nambahin informasi aja.

        Peraturan Bank Indonesia yang dimaksud itu sudah ditandatangan sejak 6 bulan lalu dan mulai berlaku efektif per tanggal 1 september. Saya pakai HSBC untuk rekening dollar dan mulai 1 september sudah tidak boleh tarik tunai dollar di ATM tapi bisa melalui teller. Jadi masih bisa tarik tunai dollar melalui teller. Kebijakan di HSBC sendiri maksimum penarikan 1000 dollar, lebih dari itu kena potongan ± 30 dollar.

        Semoga membantu.

        Sun

        From: isrofillah@...
        Sender: backpackerdunia@yahoogroups.com
        Date: Wed, 5 Sep 2012 15:54:28 +0000
        To: <backpackerdunia@yahoogroups.com>
        ReplyTo: backpackerdunia@yahoogroups.com
        Subject: Re: [backpackerdunia] ATM CIMB? Di mana saja?

        Message 3 of 15 , Sep 5, 2012
          Saya juga bingung ya. Jadi gimana ya kalau kita butuh narik uang di luar negeri?? Entah apa maksud BI ini. Kalau butuhnya puluhan atau ratusan ribu dolar, kudu ditenteng aja gitu. Atau tiba tiba butuh tambahan uang. Mau minta kemana coba.

          Saya sampe ngotot ke mbak bank nya. "Mbak, mosok narik di singapur aja kagak boleh?? Deket aja sih". Mbak nya ya kekeuh "aturan BI mbak".

          Message 4 of 15 , Sep 5, 2012
            Mbak Fira,

            Coba cek deh Peraturan Bank Indonesia No. 14/2/PBI/2012 tentang Penyelenggaraan Kegiatan Alat Pembayaran dengan Menggunakan Kartu.

            Pasal 25
            Setiap perbuatan yang mempunyai tujuan pembayaran atau pemenuhan kewajiban yang dilakukan di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan menggunakan Kartu Kredit, Kartu ATM dan/atau Kartu Debet, wajib menggunakan rupiah.

            Sepengertian aku ini cuma berlaku buat transaksi di Indo deh mbak. Jadi cuma boleh transaksi pake rupiah. Kalo narik tunai diluar negeri pake mata uang lain masih boleh. Contoh: narik dollar sin di singapore. Gesek CC di luar negeri juga boleh.

            Monggo dikoreksi kalo salah dan di kroscek ke bank masing-masing. Tunjukin aja peraturannya. :D

            Sun

            Message 5 of 15 , Sep 5, 2012
              Saya awal agustus lalu ke KL, narik dari ATM CIMB (yg ada logo MEPS)
              malah dapat kurs RM-IDR yg bagus, justru lebih bagus dibanding waktu
              nukar uang di MC di BSD/Jakarta.
              Rekening saya di CIMB Niaga rekening Rupiah (maaf bukan promo bank ya,
              hanya sharing aja).

              salam,
              danung

            • Dessy
              Message 6 of 15 , Sep 5, 2012

                klo buka nya rekening dalam mata uang asing memang merujuk PBI tersebut tidak boleh mengambil uang melalui ATM. Tetapi, klo punya rekening rupiah, mau ambil dimana aja juga boleh (sekalipun itu dalam mata uang asing - di negara lain)

                Jadi bukannya gak boleh narik mata uang asing di luar negeri lho ya, jangan kebalik ngartiinnya. Tapi, rkening dalam mata uang asing yang tidak boleh menggunakan kartu. Sekiranya bisa ambil di counter teller di cabang bank tsb di luar negeri, saya rasa tetep bisa kok. Misalnya CIMB Niaga, kan pusatnya di Malaysia. Mungkin di sana ambil lewat counter teller diijinkan.

                Klo mata uang simpanannya dalam rupiah mah, mau ambil di mana aja silahkan wae....

                Regards,
                Dessy

                From: netron doank <netrondoank@...>
                Sender: backpackerdunia@yahoogroups.com
                Date: Wed, 5 Sep 2012 16:59:26 +0800 (SGT)
                To: <backpackerdunia@yahoogroups.com>
[...]

                PT. BANK ARTHA GRAHA INTERNASIONAL TBK. DISCLAIMER:

                This email and any files transmitted with it are confidential and
                intended solely for the use of the individual or entity to whom they
                are addressed. If you have received this email in error please notify
                the system manager. This message contains confidential information
                and is intended only for the individual named. If you are not the
                named addressee you should not disseminate, distribute or copy this
                e-mail. Please notify the sender immediately by e-mail if you have
                received this e-mail by mistake and delete this e-mail from your
                system. If you are not the intended recipient you are notified that
                disclosing, copying, distributing or taking any action in reliance on
                the contents of this information is strictly prohibited.
              • Backpacker Dunia
                Message 7 of 15 , Sep 5, 2012
                  Mas Edik itu menanyakan, kalo CIMB Niaga apakah bisa tarik uang melalui ATM di Singapore. Tentu saja bisa.

                  Mbak Fir menjawab lain lagi dengan mengatakan bahwa mbak Fir membuka rekening Niaga DOLLAR dan tidak ada ATM-nya. Ya memang kalau rekening dollar tidak ada ATMnya.

                  Tapi yang ditanyakan mas Edik itu, saya asumsikan rekening CIMB Niaga dalam rupiah, jadi jawabnya BISA ambil di ATM CIMB di negara-negara yang sudah saya sebut. Di Singapore ada 6 ATM. Meskipun kita menabungnya rupiah, kita bisa ambil uang di ATM di Singapore dan nanti keluar $Sin, kalau ambil di ATM Malaysia nanti keluar uangnya Ringgit Malaysia, begitu pula saat di Thailand ambil dari ATM maka yang akan keluar Bath Thailand. Kurs pertukaran rupiahnya akan disesuaikan kurs saat transaksi ATM terjadi.

                  Soal tukar uang, kalau hanya $Sin, langsung saja beli dari Rupiah ke $Sin akan lebih praktis (perkirakan berapa keperluan perjalanannya). Kalau anda membawa $US lalu ditukar lagi ke $Sin, sudah pasti akan rugi karena dari Rupiah ditukar ke $US, lalu $US ke $Sin--saat kita beli $US tentu harganya di harga beli (kita yang beli, lebih tinggi harganya), namun saat dari $US ke $Sin (itu artinya kita jual $US--harganya harga terendah, dan kita beli $Sin di harga jual mereka--lebih tinggi). Rugi kurs dua kali.

                  Membawa $US atau Euro itu jika TERPAKSA, jika memang mata uang negara yang akan kita kunjungi tidak bisa kita dapatkan di money changer di Indonesia. Misal mata uang Vietnam DONG, Polandia, Lithuania, Latvia, nah kalau begitu memang lebih baik bawa $US atau Euro. Kalau uang $Sin sangat mudah kita dapatkan di Indonesia, langsung beli $Sin di sini saja agar tidak rugi kurs dua kali.

                  Ini sekadar masukan saja.

                  salam,
                  elok

                  Message 8 of 15 , Sep 5, 2012
                    Mbak Fir,
                    saya pikir kalau keperluannya puluhan bahkan ratusan ribu dollar tentu transaksinya tidak menggunakan ATM karena memang tidak mungkin ambil uang di ATM sebesar itu. Membawa dana cash ke luar negeri pun maksimum $US 10.000.

                    Jadi kalau keperluannya besar, tentu akan menulis dalam bentuk CHEQUE atau transfer.
                    Kalau anda kepepet perlu uang di luar negeri, ambil dari ATM saja. Nabung Rupiah di berbagai bank di Indonesia, dan begitu di luar negeri kita temukan tanda Cirrus dan Master, kita bisa mengambil uang di ATM itu dan uang yang keluar tentu saja mata uang negara tersebut. Nantinya tabungan kita akan terpotong sudah dikurs ke rupiah. Misal anda nabung di BCA, ambil uang di ATM di Belanda Euro 2.000, maka akan terpotong di rekening tabungan anda sekitar Rp 12 jutaan (sudah dalam rupiah).

                    salam,
                    elok

                    Message 9 of 15 , Sep 5, 2012
                      Maaf koreksi,
                      jika kita menarik uang di ATM sebesar Euro 1.000, maka akan terpotong di rekening kita dalam rupiah Rp 12 jutaan.