ko astronomi indonesia kurang bersaing??

  • Muthiya Doank
    Message 1 of 7 , Apr 2, 2005
      saya pengen naya, kenapa sih astronom di indonesia ga pada terkenal dengan penemuan2 nya??? ko kebanyakan dari luarnegri mulu yah?? apa emg kualitas astronomi di indonesia ga sebagus dan sefungsional di negara lain?? kecewa aja.. harapan aku sih astronomi indonesia tetep bisa bersaing yah??/ eh.. tar dulu, apa mungkin juga letak geografis yang mempengaruhi?? mohon bantuannya .. cuma penasaran aja gituh...
      thx

      Adi Nugroho <steveadinegoro@...> wrote:
      yup, sesederhana membedakan planet dgn bintang. misal galaksi andromeda, keliatan spt kabut elips kecil di rasi andromeda. atau pun nebula orion di "pedang orion", jelas beda daripada bintang. nanti kl sempet saya upload fotonya deh kl ga percaya

      Anugrah Andi <anugrahandi@...> wrote:
      Nah... ini mas mau nanya, kalau make mata telanjang bulat, lalu
      membedakan antara bintang, galaksi, nebula, dengan quasar gimana
      yah??? Apa mungkin sesederhana membedakan antara planet di tatasurya
      dengan bintang lainnya???

      salam,
      anu

      On Sun, 20 Mar 2005 23:12:07 -0800 (PST), Adi Nugroho
      wrote:

      > Sebenernya sih ya, terkadang yg namanya benda langit itu lbh enak tanpa teleskop ketimbang dgn teleskop, contoh aja utk melihat rasi2 bintang + bima sakti.

      Untuk mengikuti mailist ini kirim email kosong ke astronomi_indonesia-subscribe@egroups.com

      NOTE: Jangan mengirimkan spam karena Anda akan langsung kami ban dari milis ini
      Yahoo! Groups Links

      Untuk mengikuti mailist ini kirim email kosong ke astronomi_indonesia-subscribe@egroups.com

      NOTE: Jangan mengirimkan spam karena Anda akan langsung kami ban dari milis ini

    • Dudi Indrasetiadi
      Message 2 of 7 , Apr 3, 2005
        On Apr 2, 2005 4:19 PM, Muthiya Doank <muthia_faqoth23@...> wrote:

        > saya pengen naya, kenapa sih astronom di indonesia ga pada terkenal dengan penemuan2 nya??? ko kebanyakan dari luarnegri mulu yah?? apa emg kualitas astronomi di indonesia ga sebagus dan sefungsional di negara lain?? kecewa aja.. harapan aku sih astronomi indonesia tetep bisa bersaing yah??/ eh.. tar dulu, apa mungkin juga letak geografis yang mempengaruhi?? mohon bantuannya .. cuma penasaran aja gituh...
> [...]

        Wah, kenapa tuh ya? Udah nyobain nyari jurnal ilmiah ttg astronomi &
        astrofisika? Rasanya banyak nama Indonesia yang bisa ditemukan. Terus,
        kalo pengen banyak penemuan kenapa engga minta sama pemerintah supaya
        membiayai riset dan fasilitasnya? Kalo fasilitas dan biaya terpenuhi
        rasanya harapan anda juga akan terasa lebih realistis.

        --
        <idud>
      • Adi Nugroho
        Message 3 of 7 , Apr 6, 2005
          pemerintah Indonesia membiayai riset? ga mungkin!!! seenggaknya utk saat ini. yg diprioritaskan kan ngesubsidi BBM yg membumbung tinggi (udah gitu rakyatnya minta subsidi BBM ditambah), dana pendidikan dikorupsi dibeliin AC dan TV. selama ini kayanya kl ngobrol sama ilmuwan2 dari sana sini kayanya ga ada cerita tuh minta sama pemerintah.

          mending sebenernya kalo mau ya... dan jg yg saya cita2kan selama ini sekaligus menjadi alasan saya meninggalkan Fisika UI (pdhl dulunya pengen bgt jd ilmuwan) dan pindah ke Teknik Mesin UI (demi dapet koneksi di mana2). yaitu membangun suatu bisnis raksasa yg aliran dananya bisa menyokong suatu yayasan riset sains dan teknologi yg bisa menyokong riset sains dan teknologi Indonesia.

          -adi-

          Dudi Indrasetiadi <dudi.indrasetiadi@...> wrote:

          On Apr 2, 2005 4:19 PM, Muthiya Doank wrote:

> [...]

          NOTE: Jangan mengirimkan spam karena Anda akan langsung kami ban dari milis ini

        • Yon Eko Saputro
          Message 4 of 7 , Apr 6, 2005
            Sebenarnya menjadi tanggung jawab kita atas apa yang
            terjadi pada negeri yang kita cintai ini. Termasuk dalam
            bidang penelitian astronomi indonesia. Biaya yang di
            butuhkan untuk membangun sebuah penelitian memang tidak
            kecil.
            Tidak bijaksana juga jika kita hanya menyalahkan
            pemerintah, karena memang kita harus mengakui sedikit
            banyak kita punya andil dalam berbagi permasalahan yang di
            hadapi negeri ini.
            Saya rasa teman teman setuju, kalo salah satu penyebab
            dari kita menjadi bagsa yang konsumtif adalah karena di
            negeri kita masih sangt minim dengan yang namanya
            penelitian. dalm semua hal.
            Oleh karena itu kepada teman2 khususnya yang mendapatkan
            kesempatan lebih untuk menuntut ilmu, manfaatkan
            kesempatan dengan menyikapinya denagn sikap terbaik.
            Semoga

            Akses Internet TELKOMNet-Instan beri Diskon s.d. 50 % khusus untuk wilayah Jawa Timur.
            Informasi selengkapnya di www.telkomnetinstan.com atau hub 0800-1-INSTAN (467826)
          • Dudi Indrasetiadi
            Message 5 of 7 , Apr 7, 2005
              On Apr 7, 2005 1:22 PM, Yon Eko Saputro <yon_tm@...> wrote:
              --cut--
              > Oleh karena itu kepada teman2 khususnya yang mendapatkan
              > kesempatan lebih untuk menuntut ilmu, manfaatkan
              > kesempatan dengan menyikapinya denagn sikap terbaik.
              > Semoga

              Yeah, idealnya sih begitu. Tapi kalo coba dikerjain, eh larinya ke
              biaya juga. Jadi kalo gak ada duit sama aja bo'ong. CMIIW.

              --
              <idud>
            • dhany dewantara
              Message 6 of 7 , Apr 8, 2005
                Ternyata g cuma astronomi aja yg mengalami masalah penelitian ini. Elektro jg mengalami, dan mungkin bebrapa bidang juga mengalaminya. Sy pernah bincang2 sm org elektro, dan dia pernah dapet bocoran dari dosennya soal buruknya penelitian di Indonesia, apalagi akhir2 ini sedang diperbincangkan berkaitan dengan kemungkinan penyerangan negara lain akibat konflik.. dan yg dipermasalahkan adalah, teknologi perang kita masih sangat tertinggal beberapa abad dibandingkan negara lain!!

                Saya pikir ini cukup penting juga, tidak hanya untuk offensive tetapi defensif kita juga. Walopun kita tidak berniat untuk menyerang negara lain, ada baiknya kan kita meneliti untuk perkembangan teknologi kita. Ga sedikit teknologi yg skrg dipake oleh umum, pertama kali dipake oleh tentara2.. misal internet ini, dulu kan dipake sama tentara! tapi sekarang jd milik umum, dan dirasakan sangat berguna toh..

                Pernah beberapa tahun yg lalu dosen elektro itb mencoba mengajukan permohonan kepada pemerintah utk diberikan kewenangan mengutak ngatik beberapa alat perang Indonesia yg sekarang udah karatan dan disfungsi.. tetapi g ada balesannya! Yg masalah birokrasilah dll. Trus dari jman pak karno sbenernya dah ada riset2 yg cukup signifikan, tp pas ptengahan jaman suharto, karena dianggep negara dalam keadaan aman, berhenti deh.. jd g kedengeran lagi soal pengembangan.

                Klo ku pikir sih, teknologi yg sekarang ada di Indonesia, yg kebanyakan ciptaan org2 luar, kita kasih ke pihak kampus aja... yg pasti kampus yg cocok. Jgn ke kampus ekonomi.. mo diapain? jadiin duit?!! lol... :P
                Nah.. menyangkut astronomi, gmana klo teleskop2 di boscha, yah minimal ccdnya diteliti ama anak2 elektro ato tangan2 ahli lainnya, g ada salahnya to? Toh g bakal dibikin utk dijual lagi (alias dibajak). Klo bisa sih tenaga2 ahli ngebuat yg lebih superior dari teknologi yg dianalisa itu.

                Tapi ada hal yg lebih penting dari langkah tsb diatas.. Masyarakat Indonesia sendiri yg sadar dalam menyikapi penelitian ini masih sangat minor... Jangankan mneliti, memiliki kesadaran sains aja masih sedikit, kurang bgt masyarakat yg blum menge-set ilmiah ke dalam pikirannya. Walopun byk yg udah punya mind set teknologi, g banyak yg mau meneliti, maunya lgsg nyari kerja dgn gaji besar.. Emang sih ada juga yg rencana awalnya kerja dulu biar dapet duit trus neliti banyak2.. tapi ternyata rencana g sesuai sm kenyataan, g sedikit yg tejebak sm lingkaran "kerja sampe tua"...lupa deh sama hal meneliti2 dan mengembangkan bangsa..

                Wuih.. Edun.. banyak juga ya tulisannya. Sori dori mori ni... Sekian dulu dari saya, lain kali disambung.. klo g bosen sm tulisan saya.. Bosen ga?

                dhany dewantara
                dhandwarf@...
                above all shadows rides the sun
                Menerima kerjasama : Membuat CD Interaktif, Animasi, Picture, Web Design ,etc.
                (2D or 3D design or maybe 5D?)

[...]

              • r_a_deadpoetssociety
                Message 7 of 7 , May 12 3:45 AM
                  walah...perang dan teknologi... dari dulu memang selalu erat
                  kaitannya. saya ingat dulu pernah membaca kalau astronomi radio mulai
                  berkembang setelah perang dunia ii, karena teleskop radio dibangun
                  dengan menggunakan teknologi radar. radar sendiri dikembangkan oleh
                  sekutu sewaktu perang dunia ii.

                  memang negara-negara yang saat ini teknologinya maju, bisa seperti
                  sekarang ini karena dulunya mereka gak pernah absen dari perang
                  besar. amerika, inggris, jepang, jerman, semuanya sudah mengamali
                  peristiwa berdarah dalam sejarah bangsa mereka.

                  tapi apa kita ini perlu perang, misalnya dengan malaysia, baru kita
                  bisa maju? atau ini hanya persoalan mental bangsa makanya kita enggak
                  maju-maju?

                  rita

                  --- In astronomi_indonesia@yahoogroups.com, "dhany dewantara"