Loading ...
Sorry, an error occurred while loading the content.
 

Re: [astronomi_indonesia] Re: Boleh nanya Ga???

Expand Messages
  • Yahoo Star
    Mengenai OZON kompas.co.id Tgl 1 Maret 2005 (soal ada makluk hidup bisa hidup di es Mars) menulis kayak gini : Temuan yang terjadi setahun setelah wahana
    Message 1 of 16 , Mar 2, 2005
      Mengenai OZON kompas.co.id Tgl 1 Maret 2005 (soal ada makluk hidup bisa hidup di es Mars) menulis kayak gini :

      Temuan yang terjadi setahun setelah wahana Eropa itu diluncurkan untuk mengorbit Mars juga memberi peringatan pada kita bahwa planet itu tidak memiliki lapisan pelindung ozon sehingga permukaannya secara langsung terkena gempuran badai Matahari dan cahaya ultraviolet.
      Uap air telah menghancurkan lapisan ozon di Mars, dan peningkatan uap air di stratosfer Bumi bisa pula menjadi ancaman serius pada lapisan pelindung kita, kata ilmuwan Jean-Loup Bertaux yang menyoroti pula masalah pemanasan global terkait dengan lapisan ozon ini.

      - Apa bener UAP AIR juga merupakan salah satu faktor bolongnya lapisan Ozon?
      - Ada nggak korelasi GLOBAL WARMING (=Bumi makin panas?) dgn Bolongnya Ozon?
      - Anehnya 2 berita paradox :
      1. Di Kashmir terjadi badai salju terburuk selama belasan tahun.
      2. Dikabarkan Balok Es Antartika mulai mencair dan para ahli menyatakan 2004 tahun paling panas yg pernah terjadi.
      (Amerika aja segan teken protokol Kyoto soal beginian)

      Lee

      ----- Original Message -----
      From: "dewa the dwarf" <d_dewa84@...>
      To: <astronomi_indonesia@yahoogroups.com>
      Sent: Tuesday, March 01, 2005 5:59 AM
      Subject: [astronomi_indonesia] Re: Boleh nanya Ga???


      >
      >
      > Halo frend... (tadinya mau fren, tapi biar g disangka iklan jadi
      > ditambahin d)
      >
      > nick saya dhandwarf, saya salah satu mahasiswa astronomi ITB 2002.
      > Nama asli, dateng aja ke ITB.. :P ato liat di centaurusonline.com,
      > mudah2an udah ada..
      > Oiya, soal atmosfer bumi yg makin tipis, sebenernya itu cukup
      > menguntungkan untuk astronomer, krn informasi yg dikirim dari langit
      > g ada yg halangin lagi, jd ga bikin repot.. :P
      > Hehe...bcanda kok.. soal atmosfer yg makin tipis, itu mungkin gara2
      > kebanyakan org yg buang gas sembarangan, buang gas lewat knalpot sm
      > saluran pembuangan lainnya.. makanya, jagalah saluran pembuangan
      > anda.. Untuk perbaikan ozon, mudah2an para ahli bisa neliti lebih
      > lanjut, mungkin dibikinin sebuah sumpalan untuk nutupin yg bolong2?!
      >
      > Selanjutnya, sy serahkan kepada sdr Tri dan mas Ferry... Good Luck
      >
      > regard,
      > > > kl soal ozon, makanya dukunglah kenaikan BBM! spy org ga banyak
      > make BBM dan ozonnya utuh tahan lama.

      > dhandwarf
      > dhandwarf@...
      > dhandwarf@...



      ------------------------------------------------------------------------------------------------
      You can verify the authenticity of this message within 7 days since delivery date at
      http://public-smtp.idc.plasa.com/mail_user/verify_message.php?username=starnebula1999@...&message_id6Ppb-000646-RK
      ------------------------------------------------------------------------------------------------


      [Non-text portions of this message have been removed]
    • Adi Nugroho
      dhandwarf... jadi inget gandalf... LOTR. btw, mo nanya dong sama pengurus2nya centaurusonline, ktnya dulu mo bikin majalahnya beneran. jadi ga tuh? dari sejak
      Message 2 of 16 , Mar 2, 2005
        dhandwarf... jadi inget gandalf... LOTR.

        btw, mo nanya dong sama pengurus2nya centaurusonline, ktnya dulu mo bikin majalahnya beneran. jadi ga tuh? dari sejak dulu itu impian gw bikin majalah astro indo

        dewa the dwarf <d_dewa84@...> wrote:


        Halo frend... (tadinya mau fren, tapi biar g disangka iklan jadi
        ditambahin d)

        nick saya dhandwarf, saya salah satu mahasiswa astronomi ITB 2002.
        Nama asli, dateng aja ke ITB.. :P ato liat di centaurusonline.com,
        mudah2an udah ada..

        Soal suara udah di jawab sm mas adi ya? Sy cuma mau tambahin soal
        pertanyaan astro dr ms/mrs (maybe) muthiya. Soal Titans, sebenernya
        byk bgt artikel dari luar yg ngebahas masalah ini, tapi kalo mau
        liat versi lokalnya, ada di http://www.centaurusonline.com/ trus
        disitu juga ada soal Huygens dkk.. biar jelasnya liat sendiri
        dech... situs itu dibikin sama para astro'ers (pemula,agak2 ahli n
        ada yg ahli juga - dosen juga ada lho - ), yg kbykn berlatar belakg
        astronomi.

        Nah.. soal masuk Astronomi ITB, yg penting pelajarin aja deh Fisika
        sama Matematik.. trus sama bahasa Inggris (Standar bgt ya...?).
        Sebenernya sih cukup sulit juga untuk masuk sini, bayangin aja, dari
        500 yg diterima cuma 25 (angka pastinya lupa, tapi kira2 segitu
        deh.. ). Tapi kalo emang niat masuk astronomi dan bersedia senang2
        di dalam, ga ada salahnya berjuang. Kalo muthiya dah masuk
        astronomi, pasti dibantu sama temen2 yg udah berpengalman, g ada
        senioritas di sini.. semuanya bersahaja, dan bersedia membantu
        apalagi Himpunan Astronominya.

        Soal biaya dan embel2 lainnya, kita bisa sambil cari pengalaman
        kerja sama para alumni kok... tinggal dikorek2 aja alumninya..
        hehe.. (maaf alumni... bukan mxd). Ga ada salahnya ngembangin hobi
        astronomi di ITB, soal duit & kerja ato lain2nya.. Dimana ada
        Kemauan, pasti ada Jalan.. betul nteu? Contoh dari pengalaman
        sendiri, saya kuliah sambil cari2 proyek desain web n grafis bareng
        temen2.. it's OK asal bisa ngatur waktu aja..

        Masalah yg dihadapi bukanlah Masalah yg sebenarnya, masalah yg
        sebenarnya adalah bagaimana kita menyikapi masalah yg dihadapi.. (
        mudah2an g terlalu ngejelimet <-- bahasa apa tu? mxdnya ga terlalu
        bikin pusing ).

        Oiya, soal atmosfer bumi yg makin tipis, sebenernya itu cukup
        menguntungkan untuk astronomer, krn informasi yg dikirim dari langit
        g ada yg halangin lagi, jd ga bikin repot.. :P
        Hehe...bcanda kok.. soal atmosfer yg makin tipis, itu mungkin gara2
        kebanyakan org yg buang gas sembarangan, buang gas lewat knalpot sm
        saluran pembuangan lainnya.. makanya, jagalah saluran pembuangan
        anda.. Untuk perbaikan ozon, mudah2an para ahli bisa neliti lebih
        lanjut, mungkin dibikinin sebuah sumpalan untuk nutupin yg bolong2?!

        Selanjutnya, sy serahkan kepada sdr Tri dan mas Ferry... Good Luck

        regard,

        dhandwarf
        dhandwarf@...
        dhandwarf@...


        --- In astronomi_indonesia@yahoogroups.com, Adi Nugroho
        wrote:
        > halo muthiya doang,
        >
        > namanya bunyi itu ya getaran, nah bisa kedengeran kita kl
        frekuensinya antara 20-20000 Hz kira2 (meski kayanya sampe di bawah
        20 Hz pun bisa didenger soale headphone yg gw beli jangkauan
        frekuensinya 16-22000 Hz merek Sony dan bassnya ciamik gitu pula
        treblenya very clear).
        >
        > yg namanya getaran itu merambat kl ada medium (bisa udara, air,
        benda padat, tp ga bisa via ruang hampa), the most important thing
        pokoke ada molekul2 yg saling bersentuhan yg bisa mentransmisikan
        getaran. perihal ngumpul di atmosfer bisa jadi, tp secara bertahap
        pst teredam (krn energinya kian lama kian hilang).
        >
        > kl tertarik sama astronomi ada 2 pilihan: mo jadi 1. praktisi ato
        2. ilmuwan, maksudnya kl praktisi, astronomi itu lbh ke arah hobi &
        ga ada niatan utk bikin publikasi & csnya ato mengembangkan ilmu lbh
        lanjut. kl mo jd ilmuwan ya berarti ada niatan utk mendalami.
        > kl lbh ke arah hobi, mending cari fakultas yg bisa menghasilkan
        duit banyak, semisal ekonomi, komputer, atau bangun bisnis besar.
        serius nih, soale peralatannya byk makan duit.
        >
        > btw kl mo jd astronom amatir spt gini, sebenernya ga menutup
        kemungkinan ikut mengembangkan ilmu astronomi, terbukti dari
        banyaknya penemuan2 astronomis yg dilakukan oleh para amatir
        astronom (misal komet Hale-Bopp, kl di film Deep Impact ada yg
        namanya komet Wolf-Biedermann). satu keuntungan lg, astronom amatir
        itu jauh lbh bebas, bisa belajar Kalkulus, boleh juga gak.
        >
        > nah, kl mo serius, ikutlah Tri Laks masuk astronomi ITB. satu2nya
        di Indo cm di ITB (ya berharap ajalah 10thnan lg ada di univ lain,
        yg mendirikan gw ;p). nah, konsekuensi dari masuk astronomi ITB bisa
        ditanyakan kepada sodara Tri Laks, yaitu wajib kalkulus, belajar
        serius, dll. dan btw agak ga bebas krn terpaut kpd institusi yg ada.
        plus lulusannya biasanya kerjanya jauh dari astronomi (gw bicara
        gini soale ngeliat sepupu jauh gw ya, dia jadi guru Geografi, trus
        ada jg Ninok Leksono yg akhirnya jd jurnalis), meski ga jarang jg yg
        memang berkiprah beneran di ladang astronomi (spt halnya mas Ferry
        Simatupang, salut euy!, Tri Laks jg gak?).
        >
        > soal Titan, ga bisa banyak comment, takut kualat sama ahli2nya di
        sini.
        >
        > kl soal ozon, makanya dukunglah kenaikan BBM! spy org ga banyak
        make BBM dan ozonnya utuh tahan lama.
        >
        > yups kayanya abis ya e-mailnya. gimana nih Tri & mas Ferry, ato yg
        lain, any comment?
        >
        > -B. Adi Nugroho-
        > mahasiswa semester 8 Teknik Mesin Universitas Indonesia
        > anggota Himpunan Astronomi Amatir Jakarta
        >
        > Muthiya Doank wrote:
        >
        > hai..hai... gabung nieh...
        > cuman pengen tanya2 aja, sharing yuuuk..
        > sedikit menyimpang dari tatanan antariksa perbintangan oke?? tapi,
        kayanya anak2 astro mungkin bisa bantu aku ya..!
        >
        > setiap bunyi mengeluarkan getaran kan..?? btw, mnrt sebuah buku
        yang aku baca ,katanya suaran kita itu tidak hilang alias emang
        berkumpul di atmosfer.. mmm.. bener ga sih ya??
        >
        > cocoknya sih emg anak2 fisika nie.. tapi..thx bgt klo mo bantuin
        aku cari jawaban ini!!
        >
        > trus.. yang agak kena nih.. aku tertarik bgt ma astronomi nih..
        apa bener yang spesifiknya tuh cuman di ITB doang?? btw, passing
        grade masuk astro berapa sih...?? pengeeen deh!
        >
        > euh.. kalian ngikutin perkembangan dari satelit terbesarnya
        saturnus (titans) gak?? gmn tuh.. berita lanjutnya..?? bukannya
        atmosfer titan sekarang ampir mirip atmosfer bumi dahulu kala??
        >
        > euh.. aku juga suka bgt amatin pekembangan atmosfer nih...
        bgaimana nih ttg penipisan lapisan ozon yang makin hari makin
        menjadi2 gitu..... bantu in yah.........
        >
        > amanda17imhoet wrote:
        >
        > hi....tertarik banget sama astronomi. Planetarium kok sepi yah?!?!
        > Perasaan setiap kesana yang diputer itu-itu mulu, nggak ada yang
        > lain apa. soalnya ngikutin dari NASA, selalu ada penemuan galaxi,
        > gugusan bintang or planet-planet baru. Kok di Planetarium nggak up
        > to date apdahal banyak lho yang bisa ditampilkan.
        >
        >






        Untuk mengikuti mailist ini kirim email kosong ke astronomi_indonesia-subscribe@egroups.com
        Untuk berhenti kirim email kosong ke astronomi_indonesia-unsubscribe@egroups.com

        Yahoo! Groups Links









        ---------------------------------
        Celebrate Yahoo!'s 10th Birthday!
        Yahoo! Netrospective: 100 Moments of the Web

        [Non-text portions of this message have been removed]
      • Anugrah Andi
        Haloo Mailist! Sekalian salam kenal, saya baru ajah masuk.... gini, sekalian ada yang mau ditanyain: Pertama-tama, jangan ketawa dulu, yah.... inget! jangan
        Message 3 of 16 , Mar 3, 2005
          Haloo Mailist! Sekalian salam kenal, saya baru ajah masuk.... gini,
          sekalian ada yang mau ditanyain:

          Pertama-tama, jangan ketawa dulu, yah.... inget! jangan ketawa, abis
          mungkin apa yang saya utarakan ini mungkin agak konyol bagi rekan
          semua yang lebih berilmu.....
          GIni, di rumah aku ada alat yang namanya : Imarflex Ozonizer. Alat itu
          di spek bungkusnya bisa membuat ozon (O3) dengan cara "memberi
          listrik" 02.... Nah.... saya baru ajah kepikir.... gimana kalo kita
          buat mesin seperti itu yang besar dengan kapasitas produksi yang besar
          pula.... Bisakah menambal ozon yang udah bolong???? (harus dibuat
          mesin yang besar, soalnya mesin saya itu cuman sekitar 250mg per
          jam... kecil banget kalo buat nambal mah... :). Tentunya untuk masalah
          biaya, untuk negara┬▓ manu g-7 macam jepang, jerman, dll mah gak ada
          artinya....?!!!!

          Gimana menurut pendapat teman-teman?????

          NB: Sekalian nanya, kalo mau donlot program "Starry Night" versi lama
          di mana yah??? Ato punya saran program simulasi angkasa yang lebih
          bagus?????

          > dewa the dwarf <d_dewa84@...> wrote:

          > Oiya, soal atmosfer bumi yg makin tipis, sebenernya itu cukup
          > menguntungkan untuk astronomer, krn informasi yg dikirim dari langit
          > g ada yg halangin lagi, jd ga bikin repot.. :P
          > Hehe...bcanda kok.. soal atmosfer yg makin tipis, itu mungkin gara2
          > kebanyakan org yg buang gas sembarangan, buang gas lewat knalpot sm
          > saluran pembuangan lainnya.. makanya, jagalah saluran pembuangan
          > anda.. Untuk perbaikan ozon, mudah2an para ahli bisa neliti lebih
          > lanjut, mungkin dibikinin sebuah sumpalan untuk nutupin yg bolong2?!
        • Dhany Dewantara
          Wah.. tepat sasaran... memang itu maksud nama dhandwarf.. gandalf .. LOTR.. hehe.. :P Nah,.... iya ni majalah astronomi... majalah Centaurus.. Pemred..
          Message 4 of 16 , Mar 4, 2005
            Wah.. tepat sasaran... memang itu maksud nama dhandwarf.. gandalf .. LOTR.. hehe.. :P

            Nah,.... iya ni majalah astronomi... majalah Centaurus.. Pemred.. Editor... Redaksi? Kan pengurus2 inti pada numplek disini semua.. ada yg mau jawab?

            Bgini ni sedikit informasi dari eik... sampai saat ini, Centaurus'ers sedang mengusahakan segenap jiwa dan raganya untuk merealisir majalah astronomi ini.. Dari mengumpulkan berita, mengumpulkan staf.. sampe mengumpulkan modal buat cetak majalah.. Jadi... tunggu aja tanggal mainnya...

            Mungkin bapak2 & ibu2 pengurus inti mau menambahkan info lebih lanjut perihal majalah centaurus?


            ----- Original Message -----
            From: Adi Nugroho
            To: astronomi_indonesia@yahoogroups.com
            Sent: Thursday, March 03, 2005 11:53 AM
            Subject: Re: [astronomi_indonesia] Re: Boleh nanya Ga???


            dhandwarf... jadi inget gandalf... LOTR.

            btw, mo nanya dong sama pengurus2nya centaurusonline, ktnya dulu mo bikin majalahnya beneran. jadi ga tuh? dari sejak dulu itu impian gw bikin majalah astro indo

            dewa the dwarf <d_dewa84@...> wrote:


            Halo frend... (tadinya mau fren, tapi biar g disangka iklan jadi
            ditambahin d)

            nick saya dhandwarf, saya salah satu mahasiswa astronomi ITB 2002.
            Nama asli, dateng aja ke ITB.. :P ato liat di centaurusonline.com,
            mudah2an udah ada..

            Soal suara udah di jawab sm mas adi ya? Sy cuma mau tambahin soal
            pertanyaan astro dr ms/mrs (maybe) muthiya. Soal Titans, sebenernya
            byk bgt artikel dari luar yg ngebahas masalah ini, tapi kalo mau
            liat versi lokalnya, ada di http://www.centaurusonline.com/ trus
            disitu juga ada soal Huygens dkk.. biar jelasnya liat sendiri
            dech... situs itu dibikin sama para astro'ers (pemula,agak2 ahli n
            ada yg ahli juga - dosen juga ada lho - ), yg kbykn berlatar belakg
            astronomi.

            Nah.. soal masuk Astronomi ITB, yg penting pelajarin aja deh Fisika
            sama Matematik.. trus sama bahasa Inggris (Standar bgt ya...?).
            Sebenernya sih cukup sulit juga untuk masuk sini, bayangin aja, dari
            500 yg diterima cuma 25 (angka pastinya lupa, tapi kira2 segitu
            deh.. ). Tapi kalo emang niat masuk astronomi dan bersedia senang2
            di dalam, ga ada salahnya berjuang. Kalo muthiya dah masuk
            astronomi, pasti dibantu sama temen2 yg udah berpengalman, g ada
            senioritas di sini.. semuanya bersahaja, dan bersedia membantu
            apalagi Himpunan Astronominya.

            Soal biaya dan embel2 lainnya, kita bisa sambil cari pengalaman
            kerja sama para alumni kok... tinggal dikorek2 aja alumninya..
            hehe.. (maaf alumni... bukan mxd). Ga ada salahnya ngembangin hobi
            astronomi di ITB, soal duit & kerja ato lain2nya.. Dimana ada
            Kemauan, pasti ada Jalan.. betul nteu? Contoh dari pengalaman
            sendiri, saya kuliah sambil cari2 proyek desain web n grafis bareng
            temen2.. it's OK asal bisa ngatur waktu aja..

            Masalah yg dihadapi bukanlah Masalah yg sebenarnya, masalah yg
            sebenarnya adalah bagaimana kita menyikapi masalah yg dihadapi.. (
            mudah2an g terlalu ngejelimet <-- bahasa apa tu? mxdnya ga terlalu
            bikin pusing ).

            Oiya, soal atmosfer bumi yg makin tipis, sebenernya itu cukup
            menguntungkan untuk astronomer, krn informasi yg dikirim dari langit
            g ada yg halangin lagi, jd ga bikin repot.. :P
            Hehe...bcanda kok.. soal atmosfer yg makin tipis, itu mungkin gara2
            kebanyakan org yg buang gas sembarangan, buang gas lewat knalpot sm
            saluran pembuangan lainnya.. makanya, jagalah saluran pembuangan
            anda.. Untuk perbaikan ozon, mudah2an para ahli bisa neliti lebih
            lanjut, mungkin dibikinin sebuah sumpalan untuk nutupin yg bolong2?!

            Selanjutnya, sy serahkan kepada sdr Tri dan mas Ferry... Good Luck

            regard,

            dhandwarf
            dhandwarf@...
            dhandwarf@...


            --- In astronomi_indonesia@yahoogroups.com, Adi Nugroho
            wrote:
            > halo muthiya doang,
            >
            > namanya bunyi itu ya getaran, nah bisa kedengeran kita kl
            frekuensinya antara 20-20000 Hz kira2 (meski kayanya sampe di bawah
            20 Hz pun bisa didenger soale headphone yg gw beli jangkauan
            frekuensinya 16-22000 Hz merek Sony dan bassnya ciamik gitu pula
            treblenya very clear).
            >
            > yg namanya getaran itu merambat kl ada medium (bisa udara, air,
            benda padat, tp ga bisa via ruang hampa), the most important thing
            pokoke ada molekul2 yg saling bersentuhan yg bisa mentransmisikan
            getaran. perihal ngumpul di atmosfer bisa jadi, tp secara bertahap
            pst teredam (krn energinya kian lama kian hilang).
            >
            > kl tertarik sama astronomi ada 2 pilihan: mo jadi 1. praktisi ato
            2. ilmuwan, maksudnya kl praktisi, astronomi itu lbh ke arah hobi &
            ga ada niatan utk bikin publikasi & csnya ato mengembangkan ilmu lbh
            lanjut. kl mo jd ilmuwan ya berarti ada niatan utk mendalami.
            > kl lbh ke arah hobi, mending cari fakultas yg bisa menghasilkan
            duit banyak, semisal ekonomi, komputer, atau bangun bisnis besar.
            serius nih, soale peralatannya byk makan duit.
            >
            > btw kl mo jd astronom amatir spt gini, sebenernya ga menutup
            kemungkinan ikut mengembangkan ilmu astronomi, terbukti dari
            banyaknya penemuan2 astronomis yg dilakukan oleh para amatir
            astronom (misal komet Hale-Bopp, kl di film Deep Impact ada yg
            namanya komet Wolf-Biedermann). satu keuntungan lg, astronom amatir
            itu jauh lbh bebas, bisa belajar Kalkulus, boleh juga gak.
            >
            > nah, kl mo serius, ikutlah Tri Laks masuk astronomi ITB. satu2nya
            di Indo cm di ITB (ya berharap ajalah 10thnan lg ada di univ lain,
            yg mendirikan gw ;p). nah, konsekuensi dari masuk astronomi ITB bisa
            ditanyakan kepada sodara Tri Laks, yaitu wajib kalkulus, belajar
            serius, dll. dan btw agak ga bebas krn terpaut kpd institusi yg ada.
            plus lulusannya biasanya kerjanya jauh dari astronomi (gw bicara
            gini soale ngeliat sepupu jauh gw ya, dia jadi guru Geografi, trus
            ada jg Ninok Leksono yg akhirnya jd jurnalis), meski ga jarang jg yg
            memang berkiprah beneran di ladang astronomi (spt halnya mas Ferry
            Simatupang, salut euy!, Tri Laks jg gak?).
            >
            > soal Titan, ga bisa banyak comment, takut kualat sama ahli2nya di
            sini.
            >
            > kl soal ozon, makanya dukunglah kenaikan BBM! spy org ga banyak
            make BBM dan ozonnya utuh tahan lama.
            >
            > yups kayanya abis ya e-mailnya. gimana nih Tri & mas Ferry, ato yg
            lain, any comment?
            >
            > -B. Adi Nugroho-
            > mahasiswa semester 8 Teknik Mesin Universitas Indonesia
            > anggota Himpunan Astronomi Amatir Jakarta
            >
            > Muthiya Doank wrote:
            >
            > hai..hai... gabung nieh...
            > cuman pengen tanya2 aja, sharing yuuuk..
            > sedikit menyimpang dari tatanan antariksa perbintangan oke?? tapi,
            kayanya anak2 astro mungkin bisa bantu aku ya..!
            >
            > setiap bunyi mengeluarkan getaran kan..?? btw, mnrt sebuah buku
            yang aku baca ,katanya suaran kita itu tidak hilang alias emang
            berkumpul di atmosfer.. mmm.. bener ga sih ya??
            >
            > cocoknya sih emg anak2 fisika nie.. tapi..thx bgt klo mo bantuin
            aku cari jawaban ini!!
            >
            > trus.. yang agak kena nih.. aku tertarik bgt ma astronomi nih..
            apa bener yang spesifiknya tuh cuman di ITB doang?? btw, passing
            grade masuk astro berapa sih...?? pengeeen deh!
            >
            > euh.. kalian ngikutin perkembangan dari satelit terbesarnya
            saturnus (titans) gak?? gmn tuh.. berita lanjutnya..?? bukannya
            atmosfer titan sekarang ampir mirip atmosfer bumi dahulu kala??
            >
            > euh.. aku juga suka bgt amatin pekembangan atmosfer nih...
            bgaimana nih ttg penipisan lapisan ozon yang makin hari makin
            menjadi2 gitu..... bantu in yah.........
            >
            > amanda17imhoet wrote:
            >
            > hi....tertarik banget sama astronomi. Planetarium kok sepi yah?!?!
            > Perasaan setiap kesana yang diputer itu-itu mulu, nggak ada yang
            > lain apa. soalnya ngikutin dari NASA, selalu ada penemuan galaxi,
            > gugusan bintang or planet-planet baru. Kok di Planetarium nggak up
            > to date apdahal banyak lho yang bisa ditampilkan.
            >
            >


            ---------------------------------
            Yahoo! Messenger - Communicate instantly..."Ping" your friends today! Download Messenger Now

            [Non-text portions of this message have been removed]
          • dewa the dwarf
            Hoho... tepat sasaran.. dhandwarf ... gandalf... the wand elf.. iya ni pengurus centaurus.. gmana tuh? btw, gw termasuk pengurus ya? Sekedar informasi dari sy,
            Message 5 of 16 , Mar 4, 2005
              Hoho... tepat sasaran.. dhandwarf ... gandalf... the wand elf..
              iya ni pengurus centaurus.. gmana tuh? btw, gw termasuk pengurus ya?
              Sekedar informasi dari sy, majalah sedang diramu.. tunggu aja tgl
              mainnya..


              --- In astronomi_indonesia@yahoogroups.com, Adi Nugroho
              <steveadinegoro@y...> wrote:
              > dhandwarf... jadi inget gandalf... LOTR.
              >
              > btw, mo nanya dong sama pengurus2nya centaurusonline, ktnya dulu mo
              bikin majalahnya beneran. jadi ga tuh? dari sejak dulu itu impian gw
              bikin majalah astro indo
              >
              > dewa the dwarf <d_dewa84@y...> wrote:
              >
              >
              > Halo frend... (tadinya mau fren, tapi biar g disangka iklan jadi
              > ditambahin d)
              >
              > nick saya dhandwarf, saya salah satu mahasiswa astronomi ITB 2002.
              > Nama asli, dateng aja ke ITB.. :P ato liat di centaurusonline.com,
              > mudah2an udah ada..
              >
              > Soal suara udah di jawab sm mas adi ya? Sy cuma mau tambahin soal
              > pertanyaan astro dr ms/mrs (maybe) muthiya. Soal Titans, sebenernya
              > byk bgt artikel dari luar yg ngebahas masalah ini, tapi kalo mau
              > liat versi lokalnya, ada di http://www.centaurusonline.com/ trus
              > disitu juga ada soal Huygens dkk.. biar jelasnya liat sendiri
              > dech... situs itu dibikin sama para astro'ers (pemula,agak2 ahli n
              > ada yg ahli juga - dosen juga ada lho - ), yg kbykn berlatar belakg
              > astronomi.
              >
              > Nah.. soal masuk Astronomi ITB, yg penting pelajarin aja deh Fisika
              > sama Matematik.. trus sama bahasa Inggris (Standar bgt ya...?).
              > Sebenernya sih cukup sulit juga untuk masuk sini, bayangin aja, dari
              > 500 yg diterima cuma 25 (angka pastinya lupa, tapi kira2 segitu
              > deh.. ). Tapi kalo emang niat masuk astronomi dan bersedia senang2
              > di dalam, ga ada salahnya berjuang. Kalo muthiya dah masuk
              > astronomi, pasti dibantu sama temen2 yg udah berpengalman, g ada
              > senioritas di sini.. semuanya bersahaja, dan bersedia membantu
              > apalagi Himpunan Astronominya.
              >
              > Soal biaya dan embel2 lainnya, kita bisa sambil cari pengalaman
              > kerja sama para alumni kok... tinggal dikorek2 aja alumninya..
              > hehe.. (maaf alumni... bukan mxd). Ga ada salahnya ngembangin hobi
              > astronomi di ITB, soal duit & kerja ato lain2nya.. Dimana ada
              > Kemauan, pasti ada Jalan.. betul nteu? Contoh dari pengalaman
              > sendiri, saya kuliah sambil cari2 proyek desain web n grafis bareng
              > temen2.. it's OK asal bisa ngatur waktu aja..
              >
              > Masalah yg dihadapi bukanlah Masalah yg sebenarnya, masalah yg
              > sebenarnya adalah bagaimana kita menyikapi masalah yg dihadapi.. (
              > mudah2an g terlalu ngejelimet <-- bahasa apa tu? mxdnya ga terlalu
              > bikin pusing ).
              >
              > Oiya, soal atmosfer bumi yg makin tipis, sebenernya itu cukup
              > menguntungkan untuk astronomer, krn informasi yg dikirim dari langit
              > g ada yg halangin lagi, jd ga bikin repot.. :P
              > Hehe...bcanda kok.. soal atmosfer yg makin tipis, itu mungkin gara2
              > kebanyakan org yg buang gas sembarangan, buang gas lewat knalpot sm
              > saluran pembuangan lainnya.. makanya, jagalah saluran pembuangan
              > anda.. Untuk perbaikan ozon, mudah2an para ahli bisa neliti lebih
              > lanjut, mungkin dibikinin sebuah sumpalan untuk nutupin yg bolong2?!
              >
              > Selanjutnya, sy serahkan kepada sdr Tri dan mas Ferry... Good Luck
              >
              > regard,
              >
              > dhandwarf
              > dhandwarf@c...
              > dhandwarf@g...
              >
              >
              > --- In astronomi_indonesia@yahoogroups.com, Adi Nugroho
              > wrote:
              > > halo muthiya doang,
              > >
              > > namanya bunyi itu ya getaran, nah bisa kedengeran kita kl
              > frekuensinya antara 20-20000 Hz kira2 (meski kayanya sampe di bawah
              > 20 Hz pun bisa didenger soale headphone yg gw beli jangkauan
              > frekuensinya 16-22000 Hz merek Sony dan bassnya ciamik gitu pula
              > treblenya very clear).
              > >
              > > yg namanya getaran itu merambat kl ada medium (bisa udara, air,
              > benda padat, tp ga bisa via ruang hampa), the most important thing
              > pokoke ada molekul2 yg saling bersentuhan yg bisa mentransmisikan
              > getaran. perihal ngumpul di atmosfer bisa jadi, tp secara bertahap
              > pst teredam (krn energinya kian lama kian hilang).
              > >
              > > kl tertarik sama astronomi ada 2 pilihan: mo jadi 1. praktisi ato
              > 2. ilmuwan, maksudnya kl praktisi, astronomi itu lbh ke arah hobi &
              > ga ada niatan utk bikin publikasi & csnya ato mengembangkan ilmu lbh
              > lanjut. kl mo jd ilmuwan ya berarti ada niatan utk mendalami.
              > > kl lbh ke arah hobi, mending cari fakultas yg bisa menghasilkan
              > duit banyak, semisal ekonomi, komputer, atau bangun bisnis besar.
              > serius nih, soale peralatannya byk makan duit.
              > >
              > > btw kl mo jd astronom amatir spt gini, sebenernya ga menutup
              > kemungkinan ikut mengembangkan ilmu astronomi, terbukti dari
              > banyaknya penemuan2 astronomis yg dilakukan oleh para amatir
              > astronom (misal komet Hale-Bopp, kl di film Deep Impact ada yg
              > namanya komet Wolf-Biedermann). satu keuntungan lg, astronom amatir
              > itu jauh lbh bebas, bisa belajar Kalkulus, boleh juga gak.
              > >
              > > nah, kl mo serius, ikutlah Tri Laks masuk astronomi ITB. satu2nya
              > di Indo cm di ITB (ya berharap ajalah 10thnan lg ada di univ lain,
              > yg mendirikan gw ;p). nah, konsekuensi dari masuk astronomi ITB bisa
              > ditanyakan kepada sodara Tri Laks, yaitu wajib kalkulus, belajar
              > serius, dll. dan btw agak ga bebas krn terpaut kpd institusi yg ada.
              > plus lulusannya biasanya kerjanya jauh dari astronomi (gw bicara
              > gini soale ngeliat sepupu jauh gw ya, dia jadi guru Geografi, trus
              > ada jg Ninok Leksono yg akhirnya jd jurnalis), meski ga jarang jg yg
              > memang berkiprah beneran di ladang astronomi (spt halnya mas Ferry
              > Simatupang, salut euy!, Tri Laks jg gak?).
              > >
              > > soal Titan, ga bisa banyak comment, takut kualat sama ahli2nya di
              > sini.
              > >
              > > kl soal ozon, makanya dukunglah kenaikan BBM! spy org ga banyak
              > make BBM dan ozonnya utuh tahan lama.
              > >
              > > yups kayanya abis ya e-mailnya. gimana nih Tri & mas Ferry, ato yg
              > lain, any comment?
              > >
              > > -B. Adi Nugroho-
              > > mahasiswa semester 8 Teknik Mesin Universitas Indonesia
              > > anggota Himpunan Astronomi Amatir Jakarta
              > >
              > > Muthiya Doank wrote:
              > >
              > > hai..hai... gabung nieh...
              > > cuman pengen tanya2 aja, sharing yuuuk..
              > > sedikit menyimpang dari tatanan antariksa perbintangan oke?? tapi,
              > kayanya anak2 astro mungkin bisa bantu aku ya..!
              > >
              > > setiap bunyi mengeluarkan getaran kan..?? btw, mnrt sebuah buku
              > yang aku baca ,katanya suaran kita itu tidak hilang alias emang
              > berkumpul di atmosfer.. mmm.. bener ga sih ya??
              > >
              > > cocoknya sih emg anak2 fisika nie.. tapi..thx bgt klo mo bantuin
              > aku cari jawaban ini!!
              > >
              > > trus.. yang agak kena nih.. aku tertarik bgt ma astronomi nih..
              > apa bener yang spesifiknya tuh cuman di ITB doang?? btw, passing
              > grade masuk astro berapa sih...?? pengeeen deh!
              > >
              > > euh.. kalian ngikutin perkembangan dari satelit terbesarnya
              > saturnus (titans) gak?? gmn tuh.. berita lanjutnya..?? bukannya
              > atmosfer titan sekarang ampir mirip atmosfer bumi dahulu kala??
              > >
              > > euh.. aku juga suka bgt amatin pekembangan atmosfer nih...
              > bgaimana nih ttg penipisan lapisan ozon yang makin hari makin
              > menjadi2 gitu..... bantu in yah.........
              > >
              > > amanda17imhoet wrote:
              > >
              > > hi....tertarik banget sama astronomi. Planetarium kok sepi yah?!?!
              > > Perasaan setiap kesana yang diputer itu-itu mulu, nggak ada yang
              > > lain apa. soalnya ngikutin dari NASA, selalu ada penemuan galaxi,
              > > gugusan bintang or planet-planet baru. Kok di Planetarium nggak up
              > > to date apdahal banyak lho yang bisa ditampilkan.
              > >
              > >
            • Adi Nugroho
              halo anugrah andi, salam kenal juga... kl bisa nambal apa nggak no comment. yg jelas asal tau aja ozon dalam jumlah banyak itu sama dengan racun bagi makhluk
              Message 6 of 16 , Mar 7, 2005
                halo anugrah andi, salam kenal juga...

                kl bisa nambal apa nggak no comment. yg jelas asal tau aja ozon dalam jumlah banyak itu sama dengan racun bagi makhluk hidup (makanya letaknya di atas). gimana ni ada ahli kimia ga di sini? kayanya kl yg namanya ozon itu kan berat jenisnya lebih tinggi dari O2, bisa naik ga ya?

                soal biaya, kayanya itu masalah bagi negara2 gede. maksudnya: masalah politik. bisa jadi mereka ga mau membiayai krn itu adl politik dagang spy suatu hari ntar bisa jualan ozon tp bisa jg mereka lbh prioritas ke teknologi tepat guna dibanding ngurusin ozon di kutub, bisa jg blm mampu.

                kl mo skymap yg bagus, mending coba SkyMap aja, emang ga bisa mencitrakan simulasi langit sebagus Starry Night atau pun Redshift sih, tp sangat user-friendly dan informatif plus ada freewarenya. Coba aja www.skymap.com. kl ga bisa juga cari bajakannya di glodok: Redshift 4 (ga tau apa versi 5nya udah beredar). ada jg software yg lumayan bagus yg setipe sama SkyMap: TheSky, kl ga salah inget namanya. dulu saya pernah mainin program ini brg pak Widya Sawitar- Planetarium, wuih... bintangnya kumplit.

                Anugrah Andi <anugrahandi@...> wrote:

                Haloo Mailist! Sekalian salam kenal, saya baru ajah masuk.... gini,
                sekalian ada yang mau ditanyain:

                Pertama-tama, jangan ketawa dulu, yah.... inget! jangan ketawa, abis
                mungkin apa yang saya utarakan ini mungkin agak konyol bagi rekan
                semua yang lebih berilmu.....
                GIni, di rumah aku ada alat yang namanya : Imarflex Ozonizer. Alat itu
                di spek bungkusnya bisa membuat ozon (O3) dengan cara "memberi
                listrik" 02.... Nah.... saya baru ajah kepikir.... gimana kalo kita
                buat mesin seperti itu yang besar dengan kapasitas produksi yang besar
                pula.... Bisakah menambal ozon yang udah bolong???? (harus dibuat
                mesin yang besar, soalnya mesin saya itu cuman sekitar 250mg per
                jam... kecil banget kalo buat nambal mah... :). Tentunya untuk masalah
                biaya, untuk negara´┐Ż manu g-7 macam jepang, jerman, dll mah gak ada
                artinya....?!!!!

                Gimana menurut pendapat teman-teman?????

                NB: Sekalian nanya, kalo mau donlot program "Starry Night" versi lama
                di mana yah??? Ato punya saran program simulasi angkasa yang lebih
                bagus?????

                > dewa the dwarf wrote:

                > Oiya, soal atmosfer bumi yg makin tipis, sebenernya itu cukup
                > menguntungkan untuk astronomer, krn informasi yg dikirim dari langit
                > g ada yg halangin lagi, jd ga bikin repot.. :P
                > Hehe...bcanda kok.. soal atmosfer yg makin tipis, itu mungkin gara2
                > kebanyakan org yg buang gas sembarangan, buang gas lewat knalpot sm
                > saluran pembuangan lainnya.. makanya, jagalah saluran pembuangan
                > anda.. Untuk perbaikan ozon, mudah2an para ahli bisa neliti lebih
                > lanjut, mungkin dibikinin sebuah sumpalan untuk nutupin yg bolong2?!



                Untuk mengikuti mailist ini kirim email kosong ke astronomi_indonesia-subscribe@egroups.com
                Untuk berhenti kirim email kosong ke astronomi_indonesia-unsubscribe@egroups.com

                Yahoo! Groups Links









                ---------------------------------
                Celebrate Yahoo!'s 10th Birthday!
                Yahoo! Netrospective: 100 Moments of the Web

                [Non-text portions of this message have been removed]
              • Anugrah Andi
                On Mon, 7 Mar 2005 23:44:26 -0800 (PST), Adi Nugroho ... anu emgh.... memang mungkin lebih berat daripada 02... (soalnya khan o-nya ada 3 , menurut logika
                Message 7 of 16 , Mar 8, 2005
                  On Mon, 7 Mar 2005 23:44:26 -0800 (PST), Adi Nugroho
                  <steveadinegoro@...> wrote:
                  > kl bisa nambal apa nggak no comment. yg jelas asal tau aja ozon dalam jumlah banyak itu sama dengan racun bagi makhluk hidup (makanya letaknya di atas). gimana ni ada ahli kimia ga di sini? kayanya kl yg namanya ozon itu kan berat jenisnya lebih tinggi dari O2, bisa naik ga ya?

                  anu > emgh.... memang mungkin lebih berat daripada 02... (soalnya khan
                  o-nya ada 3 , menurut logika mah.... :) nah.. yang ada di atmosfer itu
                  asalnya dari mana yah??? (emang harus orang T.Lingkungan yang
                  njawab.... hehe)

                  > soal biaya, kayanya itu masalah bagi negara2 gede. maksudnya: masalah politik. bisa jadi mereka ga mau membiayai krn itu adl politik dagang spy suatu hari ntar bisa jualan ozon tp bisa jg mereka <-cut->

                  anu > Waduh!!! njual ozon??? Iya yah.. kok aku gak kepikir sampe situ,
                  coba bayangkan.. berapa nambah lagi utang kita???? ckckckckckck...
                  trus, kalo udah gitu , mungkin suatu saat ada jual beli oksigen buat
                  hidup doank.... ngeri.....


                  > kl mo skymap yg bagus, mending coba SkyMap aja, emang ga bisa mencitrakan simulasi langit sebagus Starry Night atau pun Redshift sih, tp sangat user-friendly dan informatif plus ada freewarenya. Coba aja www.skymap.com. kl ga bisa juga cari bajakannya di glodok: Redshift 4 (ga tau apa versi 5nya udah beredar). ada jg software yg lumayan bagus yg setipe sama SkyMap: TheSky, kl ga salah inget namanya. dulu saya pernah mainin program ini brg pak Widya Sawitar- Planetarium, wuih... bintangnya kumplit.

                  anu > Woh... thanx... abis daripada beli teleskop mahal2, and
                  langitnya yang kena mendung + polusi cahaya.... mending beli s/w
                  simulasinya ajah... lebih hemat and lebih jelas,.... tapi memang untuk
                  kepuasan, cita-cita saya pengen bikin teleskop sendiri!!! (kayak film
                  "A Walk to Remember" ajah... :)
                • Adi Nugroho
                  soal yg ada di atmosfer dari mana... kl ga salah inget ya dan jg mungkin teori ini yg dipake... waktu saya ngambil kuliah Kimia Dasar dan Termodinamika, ada yg
                  Message 8 of 16 , Mar 14, 2005
                    soal yg ada di atmosfer dari mana... kl ga salah inget ya dan jg mungkin teori ini yg dipake... waktu saya ngambil kuliah Kimia Dasar dan Termodinamika, ada yg namanya kesetimbangan (apa gitu... lupa). nah, jadi begini, oksigen itu kan cuma 20% di seluruh atm kita. nah dari 20% itu, ada yg jadi O2, ada yg jadi O3, juga ada yg bereaksi dgn unsur lain, misal jadi COX, NOX, Fe2O3 (karat, meski kayanya bisa diabaikan kl urusannya sama atm), dll. nah, karena tekanan yg sekian, kerapatan sekian, temperatur sekian, maka ada kondisi di mana O2 jadi O3 dan sebaliknya. kebetulan yg memenuhi kondisi jadi O3 itu yg berada di kutub (mungkin karena gaya sentrifugal yg rendah sehingga tekanan jadi rendah didukung sinar matahari yg rendah sehingga suhu rendah, jadi deh O3. mungkin begitu ya... gimana nih komentar orang teknik lingkungan?

                    jual beli oksigen bisa jadi, lha wong sekarang aja utk minum kita bayar PAM ato Aqua ato Ades ato yg lainnya kan?

                    mendingan daripada beli simulasi yg mahal, cari aja skymap yg komplit (ga perlu tampak kaya beneran) yg diinstall di laptop (cari laptop murahan aja, P II ato P III juga udah cukup), trus dibawa ke tempat plg terpencil di Indonesia bawa teleskop murah juga cukup.
                    Anugrah Andi <anugrahandi@...> wrote:
                    anu > emgh.... memang mungkin lebih berat daripada 02... (soalnya khan
                    o-nya ada 3 , menurut logika mah.... :) nah.. yang ada di atmosfer itu
                    asalnya dari mana yah??? (emang harus orang T.Lingkungan yang
                    njawab.... hehe)

                    anu > Waduh!!! njual ozon??? Iya yah.. kok aku gak kepikir sampe situ,
                    coba bayangkan.. berapa nambah lagi utang kita???? ckckckckckck...
                    trus, kalo udah gitu , mungkin suatu saat ada jual beli oksigen buat
                    hidup doank.... ngeri.....

                    anu > Woh... thanx... abis daripada beli teleskop mahal2, and
                    langitnya yang kena mendung + polusi cahaya.... mending beli s/w
                    simulasinya ajah... lebih hemat and lebih jelas,.... tapi memang untuk
                    kepuasan, cita-cita saya pengen bikin teleskop sendiri!!! (kayak film
                    "A Walk to Remember" ajah... :)



                    Untuk mengikuti mailist ini kirim email kosong ke astronomi_indonesia-subscribe@egroups.com
                    Untuk berhenti kirim email kosong ke astronomi_indonesia-unsubscribe@egroups.com

                    Yahoo! Groups Links









                    ---------------------------------
                    Do you Yahoo!?
                    Make Yahoo! your home page

                    [Non-text portions of this message have been removed]
                  Your message has been successfully submitted and would be delivered to recipients shortly.