Cuaca

  • Zaini
    Message 1 of 7 , Dec 1, 2004
      Di milis ini ada kajian tentang cuaca nggak nih? belakangan cuaca
      diwarnai mendung dan hujan yang berkepanjangan kontras sekala dengan
      cucaca beberapa minggu sebelumnya

      apakah memagn mulai tanda tanda bahwa ada badai diwilayah indonesia
      akibat perubahan cuaca global ?
    • Satriyo Pranoto
      Message 2 of 7 , Dec 1, 2004
        Saya sempat explore software2 astronomi yang ada di internet..dan sangat
        surprised ternyata banyak dan keren2 tampilan grafis-nya. Terutama gratis
        lagi...Nah dari sekian banyak software itu, mana yang teman2 paling
        rekomendasikan..terutama buat beginner macam saya.. Kebetulan S1 saya bukan
        astronomi nih...jadi mesti memeras ingatan geografi SMA jaman dulu bagaimana
        cara membaca koordinat bintang di langit....

        Salam,

        satriyo

      • Ferry M. Simatupang
        Message 3 of 7 , Dec 2, 2004
          --- Satriyo Pranoto <satriyopranoto@...> wrote:

> [...]
          > lagi...Nah dari sekian banyak software itu, mana
          > yang teman2 paling
          > rekomendasikan..terutama buat beginner macam saya..

          software-software gratis yang tampilan grafisnya
          bagus, tapi belum tentu menampilkan hal data yang
          akurat. dan juga kadang navigasinya agak njelimet.
          coba baca-baca review dari majalah astronomi deh,
          tentang software-software astronoi gratisan yang
          bagus.

          kalo aku sendiri, di komputerku aku ada skychart iii
          (demo version), skymap (evaluation version), halo
          northern sky / hnsky (freeware), dan celestia
          (freeware). dua yang pertama yang paling sering aku
          pake, tipenya software planetarium, dengan data-data
          yang lengkap, dan akurasi yang tinggi. hnsky belom
          banyak dipake, karena sebenarnya semuanya udah
          di-cover sama skymap dan skychart iii. celestia
          kupakai untuk menjelajah sampai keluar angkasa.
          melihat sistem-sistem bintang dari dekat / dari luar
          bumi. grafis 3d-nya bagus banget.

          kalo aku usulkan, coba skychart iii dulu deh. bagus
          tampilannya, datanya akurat, gratis (ambil yang demo
          version aja). berikutnya baru nyoba skymap (tapi kalo
          nggak salah, pada versi terbarunya, nggak ada versi
          evaluationnya lagi...). yang hnsky juga banyak yang
          merekomendasikan. cuma aku belum banyak pake, jadi
          belum bisa beri komentar...
          semoga membantu

          =====
          salam,

          ferry m simatupang
          -----------------------------------
          The Universe is My Home
          .::Ferry's Astronomy Page::.
          http://www.as.itb.ac.id/~ferry/
          http://ferry.degromiest.nl/

          http://promotions.yahoo.com/new_mail
        • Jeff T
          Message 4 of 7 , Dec 3, 2004
            http://www.stargazing.net/astropc/

            Coba Cartes du ciel, gratis dan banyak "packages" nya.
          • Dudi Indrasetiadi
            Message 5 of 7 , Dec 6, 2004
              On Fri, 03 Dec 2004 12:18:57 -0000, Jeff T <goteng@...> wrote:

              > http://www.stargazing.net/astropc/
              >
              > Coba Cartes du ciel, gratis dan banyak "packages" nya.

              Betul, lagipula Cartes du Ciel tersedia juga buat GNU/Linux. Btw,
              Kstars dari KDE data-nya valid engga ya, Pak Ferry?

              --
              <idud>
            • satriyopranoto
              Message 6 of 7 , Dec 8, 2004
                Terimakasihhhh buat om Jeff dan om Dudi..kereeeen abissssss....
                Asyiknya jakarta, bandung, medan dah dimasukkan dalam data base
                tuh...Biasanya mulut jadi manyun karena Indonesia pasti dilewat dalam
                database location software astronomi yg lain.

                salam,
                Satriyo
                --- In astronomi_indonesia@yahoogroups.com, Dudi Indrasetiadi

              • Satriyo Pranoto
                Message 7 of 7 , Dec 13, 2004
                  Terima kasih mas..iya yang skymap dah nggak ada evaluationnya..sementara
                  saya install Cartes du ciel. Tampaknya lumayan tuh....belum check ke langit
                  sih karena masih sering mendung, jadi belum tahu akurasinya.

                  Terus mau nanya lagi sama om-om nih...(sorry nanya mulu). Di sini alat
                  pendukung selain teleskop apa ya yang om-om suka pakai..apakah perlu busur
                  derajad dan kompas untuk ngukur azimut-nya dan arah 3 angkanya? Atau pake
                  feeling saja..?

                  Maklum teleskop kacangan saya gak dilengkapi itu...

                  Terus untuk arah 3 angka itu apakah 0 derajad itu sama dengan arah utara
                  kompas magnet kita...jadi berpatokan pada magnet bumi....Seingat saya arah
                  utara magnet bumi kan tidak tepat sama dengan kutub utara selatan kita...

                  Terimakasih dan moga2 gak bosen dengan silly questions dari saya..

                  Satriyo

> [...]

                  evaluationnya lagi...). yang hnsky juga banyak yang
                  merekomendasikan. cuma aku belum banyak pake, jadi

                  Yahoo! Groups Sponsor

                  <http://us.ard.yahoo.com/SIG=129m6pp5g/M=298184.5639630.6699735.3001176/D=gr
                  oups/S=1705082806:HM/EXP=1102085518/A=2434971/R=0/SIG=11eeoolb0/*http:/www.n
                  etflix.com/Default?mqso=60185400> click here

                  <http://us.adserver.yahoo.com/l?M=298184.5639630.6699735.3001176/D=groups/S=
                  :HM/A=2434971/rand=725896707>

                  _____

                  Yahoo! Groups Links

                  * Your use of Yahoo! Groups is subject to the Yahoo! Terms of Service
                  <http://docs.yahoo.com/info/terms/> .