Re: [astronomi_indonesia] Re: nanya2 film

  • Adi Nugroho
    Message 1 of 12 , Nov 1, 2004
      ISO 800 digicam? wah... pasti buteg bgt... lha wong yg ISO 200 digicam aja dibanding ISO 200 film msh bagusan film. gak tau jg ya, soale teknologi digicam kan msh relatif baru (kecuali kl mo beli yg SLR seharga US$7000, dgn 6.3 MegaPixel).

      sudahlah... ke pasar baru aja, ntar gw anterin deh.

      btw, kl msh maksa pake yg ISO rendah, bikin barn-door ato clock drive aja

      bisri hakim <b_b1s@...> wrote:

      Hehehe.... :� ceritanya lucu juga....seni dalam
      berburu....hihihi...

      kalo film iso 800 gak tau. soalnya aku pake digicam.
      mungkin adi bisa memberikan wejengan lagi.
      aku juga coba2 motret lagi. diset aperture f/2.8 dan
      shutter 3s, ternyata noisenya tinggi banget. hasilnya
      malah banyak bintik2 birunya. ;( jadi bingung itu
      bintang apa bukan.

    • Jeff T
      Message 2 of 12 , Nov 29, 2004
        halo, sori replynya telat (baru cek milis skg). Ttg film, iso 200
        dan 400 lumayan juga sih, coba cari yg merk kodak jenis
        elitechrome / ektachrome, respon terhadap spektrum warna merahnya
        lumayan tinggi jadinya hasilnya lebih bagus utk nebula.

        Ttg noise digital camera, sepertinya bisa dikurangi bintik2nya dgn
        teknik dark frame reduction. Stlh kamu berhasil memfoto 1 object,
        lensanya ditutup dan ambil 1 foto lagi dgn setting dan long exposure
        time yg sama. Hasilnya, yg terekam itu noisenya dan kamu akan dapat
        dark frame. Lalu, dgn memakai software image processing, bisa dicoba
        utk mengurangi noise di foto asli memakai darkframe itu.

        clear skies,

        jeff
        (sementara gak aktif astronomy lagi) :(
      • Tri Laksmana
        Message 3 of 12 , Nov 29, 2004
> [...]
          > elitechrome / ektachrome, respon terhadap spektrum
          > warna merahnya
          > lumayan tinggi jadinya hasilnya lebih bagus utk

          Ektachrome itu film slide bukan? Sekarang ini agak
          susah cari ektrachrome, adanya t-max yang biasa dijual
          di pasaran. Mungkin di toko2 profesional ada kali
          ya....

          Bagaimana dengan ISO 800? Bagus tidak? Kalau di
          Bandung harganya 30.000, beda 10 rebu dengan iso 400.

> [...]
          > dark frame. Lalu, dgn memakai software image
          > processing, bisa dicoba
          > utk mengurangi noise di foto asli memakai darkframe

          Ya.. tekniknya seperti reduksi citra untuk kamera CCD.
          Jgn lupa, waktu eksposur dari dark frame ini harus
          sama dengan waktu eksposur citra yang kita ambil.

          Kalau ada kesempatan mungkin bisa ngambil citra flat
          sekalian, hehehehehe.... sinari kertas dengan lampu
          inkandesen lalu ambil citra lampu dengan kamera dengan
          waktu eksposur yang sama, lalu citra bersih (image
          dikurangi dark) dengan citra flat tersebut.

          =====
          Tri Laksmana
          ------------------

          "Seorang terpelajar harus berlaku adil sudah sejak dalam pikiran."
          -Pramoedya Ananta Toer, Bumi Manusia

          Meet the all-new My Yahoo! - Try it today!
          http://my.yahoo.com
        • Jeff T
          Message 4 of 12 , Nov 29, 2004
            --- In astronomi_indonesia@yahoogroups.com, Tri Laksmana
            <tri_laksmana@y...> wrote:
> [...]
            > ya....
            >
            > Bagaimana dengan ISO 800? Bagus tidak? Kalau di
            > Bandung harganya 30.000, beda 10 rebu dengan iso 400.

            Iya Ektachrome itu slide film, harganya memang lebih mahal dan utk
            prosesnya lebih rumit tapi banyak astrophotographer yg suka memakai
            film ini karena karakteristiknya yg sensitif. T-Max itu merk Kodak
            yg tipe hitam putih? Saya rada kurang tahu ttg Tmax nih, sorry.

            ISO800 memang lebih sensitif daripada ISO yg lebih kecil, jadi bakal
            memerlukan waktu yg lebih pendek. Tapi, sesuai kata Mas Adi, makin
            tinggi ISO akan mempengaruhi kehalusan film (kualitas gambar akan
            berkurang karena "graininess" bertambah/tambah kasar).

            ini ada site yg compare bbrp film:
            http://www.robertreeves.com/filmtest.htm

> [...]
            > waktu eksposur yang sama, lalu citra bersih (image
            > dikurangi dark) dengan citra flat tersebut.

            Hehehe, yup, bisa tambah bagus kalau kita ambil citra flat (thx,
            saya tadinya tidak tahu istilah flat field di bhs indo). Saya masih
            kurang mengerti ttg citra flat, kalau tidak salah harus dibagi dari
            citra bersih, dan waktu utk citra flat tidak harus sama (soalnya
            kertasnya sudah terang).

            Kalau benar2 serius, fotonya harus di tempat yg bebas dari polusi
            cahaya dan memakai tracking system. Dijamin, hasilnya akan lebih
            memuaskan :D.

            clear skies,

            jeff