event bulan oktober

  • aMeL
    Message 1 of 18 , Sep 4, 2004
      hello all...
      mau numpang tanya ajah...untuk waktu dekat2 ini, ada event khusus apa
      ga??

      tengkiu all..
      aMeL
    • Agus L Amsa
      Message 2 of 18 , Sep 5, 2004
        Ikut nimbrung dan met kenal semua.

        Saya juga ingin tahu event bulan Oktober. Sekalian pengen tahu, apakah sudah
        ada kepastian siapa yang akan dikirim ke Olimpiade Astronomi tingkat
        Internasional, di Ukraina siapa ya?

        Sekalian kalau boleh, nanya kontak person deputy leader atau observer yang
        akan ikut ke sana.
        Terima kasih banyak

        Agus

        astronomi_indonesia-subscribe@egroups.com
        astronomi_indonesia-unsubscribe@egroups.com

        > Yahoo! Groups Links

      • Tri Laksmana
        Message 3 of 18 , Sep 5, 2004
          --- Agus L Amsa <agus@...> wrote:
          > Sekalian kalau boleh, nanya kontak person deputy
          > leader atau observer yang
          > akan ikut ke sana.
          > Terima kasih banyak

          Bung Agus, untuk informasi lebih lengkap tentang
          kepesertaan Indonesia dalam Olimpiade Astronomi
          Internasional, dapat dihubungi Bapak Chatief Kunjaya
          (kunjaya@...) dan Bapak Suhardja D.
          Wiramihardja (suhardja@...), keduanya adalah
          pimpinan tim Olimpiade jadi pasti mereka bisa
          memberikan banyak informasi.

          =====
          Tri Laksmana
          ------------------

          "Seorang terpelajar harus berlaku adil sudah sejak dalam pikiran."
          -Pramoedya Ananta Toer, Bumi Manusia

          Win 1 of 4,000 free domain names from Yahoo! Enter now.
          http://promotions.yahoo.com/goldrush
        • YUDI HANDOKO
          Message 4 of 18 , Sep 18, 2007
            Salam Kenal
            Buat teman2 milis, aku pemula dan peminat didunia astronomi,aku ingin membeli telescope Celestron Omni XLT 120,aku belum tahu kelebihan dan kekurangan telescope itu,jadi aku minta informasinya dari teman2

            Terima Kasih

            Bergabunglah dengan orang-orang yang berwawasan, di bidang Anda di Yahoo! Answers
          • Jefferson Teng
            Message 5 of 18 , Sep 18, 2007
              halo semua, ini ada berita terbaru dari Peru.

              ringkasan:

              Sebuah meteorit telah jatuh di sebuah desa yg terletak
              di bagian selatan Peru menciptakan kawah yg kira2
              lebarnya 10meter dgn kedalaman 5meter. Penduduk di
              sekitar desa diberitakan mengeluh karena sakit kepala
              dan mual/muntah2 setelah mencium bau aneh yg tersebar
              di sekeliling lokasi jatuhnya meteorit ini.

              sumber:

              (dgn foto)
              http://www.guardian.co.uk/space/article/0,,2171920,00.html

              http://news.yahoo.com/s/afp/20070918/sc_afp/peruhealthoffbeat;_ylt=Anu88KNGhbjuBZ2ewUzWKYys0NUE

              Don't let your dream ride pass you by. Make it a reality with Yahoo! Autos.
              http://autos.yahoo.com/index.html
            • Jefferson Teng
              Message 6 of 18 , Sep 18, 2007
                Hi Handoko, salam kenal dan met gabung.

                Setelah saya lihat situs celestron, Omni XLT 120
                adalah sebuah refraktor akromat dengan dudukan
                equatorial CG-4. Diameter 120mm atau 12cm atau
                4.7"(inchi).

                http://www.celestron.com/c2/product.php?ProdID=431#specs

                kelebihan:

                - Refraktor cenderung menyediakan hasil pengamatan yg
                lebih tajam.

                - Fokuser.
                Sepertinya fokuser teleskopnya merupakan tipe
                Crayford. Fokuser ini sangat halus dan sangat nyaman
                untuk digunakan dibandingkan dgn tipe R&P (Rack and
                Pinion) [ps: ini sbnrnya tergantung standard quality
                control].

                - Setup ini dibagi 3, yaitu (tripod, dudukan, dan
                teleskop). Set Omni 120 XLT ini masih lumayan
                "portable" atau mudah dibawa kemana2. Dari pengalaman
                saya, saya pernah mengangkat 1 set ke halaman depan
                tanpa harus mencopot masing2 komponen. (PS: harus
                berhati2 lho)

                - Diameter lensa cukup besar, sehingga pengumpulan
                cahaya oleh lensa 12cm ini cukup lumayan dan akan
                memperbolehkan anda untuk melihat banyak deep sky
                objects.

                - Planet2 spt jupiter / saturnus akan terlihat
                menakjubkan dgn perbesaran dari 250-300x. Saya sendiri
                pernah mendorong perbesaran sampai 330x-400x dgn
                teleskop tipe ini (tp kondisi atmosfirnya cukup bagus)

                - Coating/pelapisan pada lensa memakai XLT coating
                (trademark Celestron) yg cukup terkenal dgn transmisi
                cahaya cukup bagus.

                - tripod stainless nya sepertinya terlihat cukup kuat
                dan stabil. (semoga getaran akan di-nol-kan dlm waktu
                yg singkat (dampening time)).

                kekurangan:

                - Refraktor ini merupakan refraktor akromatik dimana
                tidak semua spektrum cahaya akan terfokus dengan
                sempurna pada tingkat magnifikasi yang tinggi.

                Karena hal tsb, obyek terang yg diamati akan
                menampilkan warna yg salah (false color, biasanya
                ungu) yg disebabkan oleh abrasi kromatik. Semakin
                tinggi tingkat magnifikasi, semakin jelas abrasi
                kromatik yg terlihat.
                Hal ini dpt mengurangi kenyamanan pengamatan karena
                detail yg terlihat juga sedikit berkurang. Abrasi
                kromatik dpt diatasi (sebagian) dengan menggunakan
                filter yg mengurangi spectrum violet yg masuk.

                - kalau bisa, dapatkan sistem pergerakan motor untuk
                CG-4nya (untuk RA dan DEC axis, atau RA saja juga
                cukup kalau budgetnya ketat). Hal ini akan sangat
                membantu kenyamanan pengamatan.

                semoga membantu,

                jeff

                Need a vacation? Get great deals
                to amazing places on Yahoo! Travel.
                http://travel.yahoo.com/
              • Emanuel Sungging
                Message 7 of 18 , Sep 18, 2007
                  Wah, teleskop edisi khusus tuh, udah komplit, lengkap
                  pake german equatorial mounting+berkomputer (janjinya
                  ada database dari 10ribu obyek), optis berkwalitas
                  tinggi, gak rugi deh .. kl emang ada budget sih beli
                  aja ..

                  kekurangannya? tergantung dan terlalu rumit, tp untuk
                  pemula, sudah lebih dari cukup. berlebihan malah,
                  sehingga, kekurangannya adalah: yang lagi belajar jadi
                  males mempelajari dasar2 teleskop .. :D

                  tabik,

                  Want ideas for reducing your carbon footprint? Visit Yahoo! For Good http://uk.promotions.yahoo.com/forgood/environment.html
                • Adi Nugroho
                  Message 8 of 18 , Sep 18, 2007
                    Salam kenal juga Yudi Handoko,

                    Celestron Omni XLT 120? Teleskop ini punya spek sebagai berikut:
                    Aperture: 120mm (4.7")
                    Refractor
                    Focal Length: 1000mm f/8.3
                    Std Eyepiece: 25mm (40x)
                    Finderscope: 6x30
                    Weight: 46 lbs (21 kg)
                    Mounting: German-Equatorial

                    Kalau melihat spek demikian, saya rasa cocok sekali untuk astronom amatir yg mau serius. mounting german-equatorial sangat cocok digunakan untuk astrofotografi dengan syarat polar alignment yg baik. Aperture yg besar 120mm menghasilkan cahaya yg melimpah ruah sehingga cukup lumayan untuk mencari DSO (Deep Sky Object) dan refractor menghasilkan gambar yg sangat tajam.

                    Planet utk perbesaran sekian sudah mulai bisa terlihat, apalagi kalau eyepiecenya diganti yg lebih kecil dari 25mm focal lengthnya.

                    Kekurangannya kalau menurut saya mungkin pada beratnya yg sampai 21kg menjadikannya agak kurang praktis dibawa ke mana2. Juga pada polar alignment, kalau tinggal di selatan ekuator anda tidak bisa lihat bintang Polaris sebagai patokan, patokan hanya didasarkan pada Kompas yg utk daerah Jakarta bisa melenceng sekitar 1º.

                    German-equatorial mount juga agak bermasalah kalau digunakan di daerah ekuator kalau objeknya berada sekitar horizon, karena bandulnya bisa bertabrakan dengan tripodnya. Namun hal ini bisa diakali dengan menambah alat khusus di atas tripodnya.

                    Kalau tertarik dengan Celestron, dan anda adalah pemula yg tidak terlalu serius dengan astronomi saya sarankan mulailah dengan Celestron AstroMaster series yg memang didesain utk first time buyer. Tapi kalau mau agak lebih serius dan nggak mau susah dengan polar alignment atau berat yg tinggi saya sarankan utk pakai Celestron NexStar SLT yg merupakan GoTo telescope (tinggal masukkan benda langit yg ingin anda tuju dan teleskopnya akan mengarahkan sendiri).

                    Kalau perlu informasi yg lebih detail tentang Celestron silakan hubungi saya setelah jam kantor di 08161131371.

                    salam astronomi,

                    Adi Nugroho

[...]

                    Catch up on fall's hot new shows on Yahoo! TV. Watch previews, get listings, and more!
                  • Adi Nugroho
                    Message 9 of 18 , Sep 19, 2007
                      kaya kolam yah. mestinya bisa diambil trus diteliti tuh

[...]

                      <*> Your email settings:
                          Individual Email | Traditional

                      <*> To change settings online go to:
                          (Yahoo! ID required)

                      <*> To change settings via email:
                          mailto:astronomi_indonesia-digest@yahoogroups.com
                          mailto:astronomi_indonesia-fullfeatured@yahoogroups.com

                          http://docs.yahoo.com/info/terms/

                      Tonight's top picks. What will you watch tonight? Preview the hottest shows on Yahoo! TV.
                    • Lolita Panggabean
                      Message 10 of 18 , Sep 19, 2007

                        Jadi ingat kejadian waktu Kuningan, Jakarta, dibom.
                        Pasca bom, banyak yang mengeluh sakit kepala, bahkan ada yang sampai meninggal akibat stress berkepanjangan.
                        Apa bisa dikaitkan penduduk di sekitar lokasi kejadian di Peru juga stress, jadi tanpa sadar, tubuh mereka 'sakit' tanpa sebab, padahal sebenarnya tidak apa? Kira-kira kemungkinan bau aneh akibat adanya proses pembakaran yang bisa terjadi pada saat meteor jatuh.

                        Bz rgds,
                        Lita

                        Jefferson Teng <goteng@...> wrote:
[...]

                        Boardwalk for $500? In 2007? Ha!
                        Play Monopoly Here and Now (it's updated for today's economy) at Yahoo! Games.

                      • Jefferson Teng
                        Message 11 of 18 , Sep 24, 2007
                          akhirnya misteri terjawab:

                          http://news.nationalgeographic.com/news/2007/09/070921-meteor-peru.html

                          Penyakit misterius itu disebabkan oleh gas arsenik yg
                          muncul ke permukaan setelah meteorit yg panas bertemu
                          dengan sumber air tanah yg tercemar arsenik.

                          http://searchmarketing.yahoo.com/
                        • network_pirates
                          Message 12 of 18 , Oct 4, 2007
                            Untung gak kena sumur tinja :D, bisa darurat nasional tuh

                            --- In astronomi_indonesia@yahoogroups.com, Jefferson Teng
                            <goteng@...> wrote:

> [...]
                            > Pinpoint customers who are looking for what you sell.

                          • gatet.prasojo
                            Message 13 of 18 , Apr 6, 2011
                              Salam semua, saya newbie disini.

                              Maaf ganggu, saya hanya ingin tahu informasi jika ada yang dapat membantu mohon bantuannya:

                              Telescope apa yang kira2 bagus dan mudah dipakai serta jangkauannya lumayan jauh, katakanlah untuk melihat mars atau merkurius lumayan terlihat planetnya,,
                              atau bisa melihat saturnus.

                              Jika ada apa saja spesifikasi telescope, merek, dsb, serta kira2 belinya dimana ya?

                              terima kasih atas infonya, salam Sejahtera... Gatet
                            • --{@Run$}--
                              Message 14 of 18 , Apr 8, 2011
                                Posisi dimana pak ?

                                kalo di jakarta banyak banget tu toko yg jual teleskop, mereka juga bisa untuk dimintai review singkatnya untuk pemula mana yang cocok dgn keinginan, dgn budget murah tentunya. Telpon aja kru tokonya sebelum melihat langsung barangya di toko agar lebih hemat bensin :)

                                diantara nya :

                                http://v3technology.net/

                                http://gpsmurah.com ==> kemaren ane beli disini, harga agak miring :)

                                http://www.prominencescope.com/

                                Sebenarnya byk lagi, cuma 3 toko diatas yang kemaren ane tanya2.

                                  Message 16 of 18 , Apr 9, 2011
                                    Kl mau beli Celestron skrg plg lengkap di ACE Hardware di Living World Alam Sutera

                                    Sent from my BlackBerry®
                                    powered by Sinyal Kuat INDOSAT

                                    From: avivah yamani <avivahy@...>
                                    Sender: astronomi_indonesia@yahoogroups.com
                                    Date: Sat, 9 Apr 2011 14:37:40 +0700
                                    To: <astronomi_indonesia@yahoogroups.com>
                                    ReplyTo: astronomi_indonesia@yahoogroups.com
                                    Subject: Re: [astronomi_indonesia] Telescope

                                    Message 17 of 18 , Apr 9, 2011
                                      Saya beli di tokoteleskop.com, kayaknya pa hendro setyanto member milis juga.

                                      Alhamdulillah dpt harga bagus, dibanding beli di agen celestron plaza senayan. Untuk celestron, saran saya refraktor 90mm, cukuplah buat pemula kayak saya. kalo 70 mm nanggung.