Posisi Matahari

  • snypyo
    Message 1 of 3 , Aug 4 2:00 AM
      Hi semua, apa kabar? Saya mau tanya nih pada anda semua.
      Apakah ada software yang dapat digunakan untuk menentukan arah
      pergerakan matahari pada bulan - bulan tertentu sebesar berapa
      derajat ? (Mengingat posisi matahari terhadap bumi berubah - ubah,
      dari 23,5 derajat LU sampai 23,5 derajat LS)
      Misalnya, saya berada di Jakarta. Saat ini bulan Agustus.
      Karena ada perubahan posisi matahari terhadap bumi dari waktu ke
      waktu, maka matahari ketika terbit tidak persis berada di Timur.
      Demikian juga saat tenggelam, tidak persis di sebelah Barat. Nah yang
      ingin saya tahu, berapa derajat pergeseran tersebut.
      Jika tidak ada softwarenya, apakah ada yang tahu cara perhitungan
      manualnya ?
      Thanks sebelumnya. Saya tunggu jawaban nya jika ada yang berkenan
      menjawab.
    • Hazarry Haji Ali Ahmad
      Message 2 of 3 , Aug 5 4:26 AM
        Snypyo,

        Matahari akan terbit dari arah Timur (90°) dan terbenam di Barat
        (270°) hanya sewaktu spring atau autumn equinox (kira-kira 21 Mac &
        22 September). Matahari akan terbit ke arah paling utara sewaktu
        summer solstice (21 June) dan paling selatan sewaktu winter soltice
        21 Dec. Ketika solstice matahari akan terbit dengan beza +/-23.5
        darjah dari Timur kerana paksi bumi condong dari satah ekliptik
        dengan sudut 23.5°.

        Bagi Jakarta, Indonesia (6° 10' 0" S, 106° 48' 0" E), mahatari terbit
        tepat dari arah Timur dan terbenam di Barat pada 21 Mac.

        Kemudian posisinya terbit dan terbenam akan berubah semakin ke utara
        dan menjelang 21 Jun matahari akan terbit pada sudut minimum bearing
        90-23.5=66.5° atau 23.5 darjah dari Timur ke Utara dan terbenam
        dengan bearing 270 + 23.5 = 293.5°.

        Selepas itu posisi terbit dan terbenam berundur semula dan ketika
        sekitar 23 Sep matahari akan terbit pada timur (90°) dan terbenam
        arah barat (270°).

        Kemudian matahari terbit dan terbenam semakin ke arah selatan dan
        pada 22 Dec, ia akan terbit pada sudut maksima bearing 90+23.5 =
        113.5° dan terbenam dengan bearing 270-23.5= 246.5°.

        Jawapannya pergeseran sebanyak 47° berlaku.

        Sekarang ni banyak software astronomi yang boleh diguna. Software
        astronomi yang berunsur charta & planetarium mungkin dapat membantu
        untuk simulasi keadaan langit dari tempat anda. Boleh download
        freeware ini:

        http://astrosurf.com/alphacentaure/
        http://www.fourmilab.ch/homeplanet/
        http://stellarium.free.fr/

        Sekian
        Hazarry HAA
        Brunei Darussalam.

        --- In astronomi_indonesia@yahoogroups.com, "snypyo" <snypyo@y...>
      • Ferry M. Simatupang
        Message 3 of 3 , Aug 5 4:55 AM
          --- snypyo <snypyo@...> wrote:

> [...]
          > Demikian juga saat tenggelam, tidak persis di
          > sebelah Barat. Nah yang
          > ingin saya tahu, berapa derajat pergeseran tersebut.

          kalo software sih, hampir semua software astronomi
          (terutama yang bersifat planetarium) memberikan info
          posisi matahari dari waktu ke waktu. ambil aja yang
          gratisan banyak kok di internet.

          > Jika tidak ada softwarenya, apakah ada yang tahu
          > cara perhitungan manualnya ?

          aku ada tulisan/artikel tentang ini. cuma masih dalam
          bentuk draft, belum sempat ngedit lagi. besok kalo
          sempat aku coba upload ke websiteku...

          =====
          salam,

          ferry m simatupang
          The Universe is My Home
          .::Ferry's Astronomy Page::.
          http://www.as.itb.ac.id/~ferry/
          http://ferry.degromiest.nl/

          Take Yahoo! Mail with you! Get it on your mobile phone.
          http://mobile.yahoo.com/maildemo