Loading ...
Sorry, an error occurred while loading the content.
 

Bls: [astronomi_indonesia] Re: [ask] Pemikul altazimuth vs equatorial

Expand Messages
  • Emanuel Sungging
    Dalam bahasa yang lain, maksudnya bung Tri itu: 1. Sistem altazimuth lebih gampang, tinggal pasang di lokasi manapun, sepanjang kita tahu lokasi koordinat,
    Message 1 of 5 , Apr 1, 2013
      Dalam bahasa yang lain, maksudnya bung Tri itu:

      1. Sistem altazimuth lebih gampang, tinggal pasang di lokasi manapun, sepanjang kita tahu lokasi koordinat, (lebih mudah kalau sudah dilengkapi GPS), tinggal jalan tracking. Tapi bila tidak dilengkapi peralatan mesin (motorik), repot harus mengatur gerak teleskop karena kita harus mengubah dua sumbu, alih-alih malah menjadi lebih merepotkan.

      2. Sistem ekuatorial agak lebih rumit karena selain kita harus tahu posisi pengamat, kita juga harus atur arah utara-selatan-timur-barat teleskop, lebih presisi lebih baik; tapi bila itu sudah dikerjakan dengan baik, untuk mengikuti gerak benda langit akan menjadi jauh lebih mudah, ada atau tidak ada mesin, karena kita hanya bekerja pada satu sumbu teleskop.

      Btw, walaupun kedua teleskop tetap mempergunakan gerak kiri kanan atas bawah, tetapi sistem benda langit mempunyai sistem koordinat, yang memang secara teknis, lebih baik sistem ekuatorial yang memang dirancang berkesesuaian dengan gerak benda langit.

      Tambahan hal lain, untuk kegiatan astrofografi, lebih baik mempergunakan sistem ekuatorial, utamanya utk pemotretan lama.

      semoga membantu,

      salam
       
      =======================================
      \\\\@~}~@~}~\\\nggieng\\\~{~@~{~@\\\\
      . -----------------------------------.
      -mundus vult decipi, ergo decipiatur-
      =======================================


      Dari: goksplus <goksplus@...>
      Kepada: astronomi_indonesia@yahoogroups.com
      Dikirim: Senin, 1 April 2013 7:12
      Judul: [astronomi_indonesia] Re: [ask] Pemikul altazimuth vs equatorial

       
      Salah satunya http://www.youtube.com/watch?v=kVsG09M6QAU

      Ada satu lagi video sejenis yang menegaskan kalau seharusnya pilihan untuk peminat astronomi adalah EQ. Sedangkan AZ adalah pilihan untuk orang yang juga berniat menggunakan teleskopnya untuk pengamatan darat. Tapi video yang ini saya cari2 gak nemu lagi.

      Penjelasan seperti yang mas Tri tulis di bawah sulit dipahami orang yang belum pernah pegang teleskop. Saya yakin mereka gak kebayang kenapa AZ dibilang sulit mengikuti gerak bintang dan EQ mudah mengikuti gerak bintang kalo gak coba pegang langsung teleskop atau minimal lihat video prakteknya.

      Maksud mas Tri teknologi gerak motorik teleskop sudah lebih baik itu gimana ya? Bukannya AZ masih tetap gerak atas bawah kiri kanan aja?

      Kalau soal kalibrasi, menurut video yang gak nemu lagi itu sih katanya gak sulit. Setelah beberapa kali juga bakal terbiasa dan bisa ngelakuin dgn cepat.

      Tapi itu sih katanya ya, soalnya saya juga belum pernah pegang teleskop, baru mau beli :) Kalau pengalaman mas Tri gimana?

      --- In astronomi_indonesia@yahoogroups.com, "Tri L. ASTRAATMADJA" <tri@...> wrote:
      >
      > Halo Bung
      >
      > Kalau boleh, link video youtube-nya dishare di sini biar kita bisa sama2
      > belajar.
      >
      > Mengenai keuntungan pemikul alt-azimuth, setau saya pengoperasiannya cukup
      > sederhana karena gerakannya seperti meriam: atas--bawah dan putar
      > kiri--kanan. Kerugiannya adalah sulit mengikuti gerak bintang, namun
      > sekarang sepertinya sudah lebih mudah karena teknologi gerak motorik
      > teleskop sudah lebih baik.
      >
      > Keuntungan pemikul ekuatorial adalah kemudahan mengikuti gerak bintang
      > karena arah geraknya hanya satu sumbu saja yaitu sumbu sudut jam (hour
      > angle) sementara sumbu deklinasi bisa dikunci. Kerugiannya adalah kalibrasi
      > yang sulit karena teleskop harus diposisikan sedemikian rupa sehingga
      > sejajar dengan sumbu rotasi Bumi.
      >
      > Semoga membantu.
      >
      > Salam
      > -tri-
      >
      > 2013/3/31 goksplus <goksplus@...>
      >
      > > **
      > >
      > >
      > > Pak Kurnia, terima kasih atas tanggapannya.
      > >
      > > Soal pemikul ini ternyata agak susah dimengerti kalau hanya baca
      > > penjelasan. Tapi setelah lihat video di youtube saya sudah mengerti harus
      > > memilih yang mana :)
      > >
      > > Btw ini milis memang sunyi sepi ya..?
      > >
      > >
      > >
      > > --- In astronomi_indonesia@yahoogroups.com, kurnia.senohadi@ wrote:
      > > >
      > > > Di Indonesia ada toko khusus jualan teleskop di STC depan Sency
      > > > Nama tokonya Prominence Scope House
      > > > Mungkin ada bisa tanya-tanya juga ke pemiliknya Pak Winston krn beliau
      > > cukup mengerti mengenai teleskop
      > > > Sent from my BlackBerry®
      > > > powered by Sinyal Kuat INDOSAT
      > > >
      > > > -----Original Message-----
      > > > From: "goksplus" <goksplus@>
      > > > Sender: astronomi_indonesia@yahoogroups.com
      > > > Date: Thu, 28 Mar 2013 12:06:18
      > > > To: <astronomi_indonesia@yahoogroups.com>
      > > > Reply-To: astronomi_indonesia@yahoogroups.com
      > > > Subject: [astronomi_indonesia] [ask] Pemikul altazimuth vs equatorial
      > > >
      > > > Sebelumnya saya sudah baca uraian berjudul Panduan Memilih Teleskop di
      > > http://tech.groups.yahoo.com/group/astronomi_indonesia/message/939 tapi
      > > belum menjawab kebingungan saya tentang dua jenis pemikul tersebut.
      > > >
      > > > Mungkin teman2 ada yang bisa menjelaskan bagaimana perbedaan keduanya
      > > berdasar pengalaman di lapangan. Apa masalah/kerugian real yang akan kita
      > > alami kalau pakai altazimuth (dibandingkan pakai equatorial)? Juga
      > > sebaliknya apa masalah/kerugian real yang akan kita alami kalau pakai
      > > equatorial (dibandingkan pakai altazimuth)?
      > > >
      > > > Ditunggu share pengalamannya.. Thanks :)
      > > >
      > >
      > >
      > >
      >



    • goksplus
      Makasi atas tambahannya mas. Saya udah ngerti kok setelah kemarin itu lihat2 video di youtube.. saya cuma mau bilang kalau bagi orang awam penjelasan tertulis
      Message 2 of 5 , Apr 1, 2013
        Makasi atas tambahannya mas. Saya udah ngerti kok setelah kemarin itu lihat2 video di youtube.. saya cuma mau bilang kalau bagi orang awam penjelasan tertulis tentang AZ-EQ akan sulit dipahami kecuali pegang langsung atau nonton video.

        Ow, jadi yang dimaksud mas Tri itu pemikul AZ yang pakai motor ya? Ngeh deh saya maksudnya. Mudah karena tidak digerakkan secara manual ya..

        Salam


        --- In astronomi_indonesia@yahoogroups.com, Emanuel Sungging <nggieng@...> wrote:
        >
        > Dalam bahasa yang lain, maksudnya bung Tri itu:
        >
        > 1. Sistem altazimuth lebih gampang, tinggal pasang di lokasi manapun, sepanjang kita tahu lokasi koordinat, (lebih mudah kalau sudah dilengkapi GPS), tinggal jalan tracking. Tapi bila tidak dilengkapi peralatan mesin (motorik), repot harus mengatur gerak teleskop karena kita harus mengubah dua sumbu, alih-alih malah menjadi lebih merepotkan.
        >
        > 2. Sistem ekuatorial agak lebih rumit karena selain kita harus tahu posisi pengamat, kita juga harus atur arah utara-selatan-timur-barat teleskop, lebih presisi lebih baik; tapi bila itu sudah dikerjakan dengan baik, untuk mengikuti gerak benda langit akan menjadi jauh lebih mudah, ada atau tidak ada mesin, karena kita hanya bekerja pada satu sumbu teleskop.
        >
        > Btw, walaupun kedua teleskop tetap mempergunakan gerak kiri kanan atas bawah, tetapi sistem benda langit mempunyai sistem koordinat, yang memang secara teknis, lebih baik sistem ekuatorial yang memang dirancang berkesesuaian dengan gerak benda langit.
        >
        > Tambahan hal lain, untuk kegiatan astrofografi, lebih baik mempergunakan sistem ekuatorial, utamanya utk pemotretan lama.
        >
        > semoga membantu,
        >
        > salam
        >  
        > =======================================
        > \\\\@~}~@~}~\\\nggieng\\\~{~@~{~@\\\\
        > . -----------------------------------.
        > -mundus vult decipi, ergo decipiatur-
        > =======================================
        >
        >
        > ________________________________
        > Dari: goksplus <goksplus@...>
        > Kepada: astronomi_indonesia@yahoogroups.com
        > Dikirim: Senin, 1 April 2013 7:12
        > Judul: [astronomi_indonesia] Re: [ask] Pemikul altazimuth vs equatorial
        >
        >
        >  
        > Salah satunya http://www.youtube.com/watch?v=kVsG09M6QAU
        >
        > Ada satu lagi video sejenis yang menegaskan kalau seharusnya pilihan untuk peminat astronomi adalah EQ. Sedangkan AZ adalah pilihan untuk orang yang juga berniat menggunakan teleskopnya untuk pengamatan darat. Tapi video yang ini saya cari2 gak nemu lagi.
        >
        > Penjelasan seperti yang mas Tri tulis di bawah sulit dipahami orang yang belum pernah pegang teleskop. Saya yakin mereka gak kebayang kenapa AZ dibilang sulit mengikuti gerak bintang dan EQ mudah mengikuti gerak bintang kalo gak coba pegang langsung teleskop atau minimal lihat video prakteknya.
        >
        > Maksud mas Tri teknologi gerak motorik teleskop sudah lebih baik itu gimana ya? Bukannya AZ masih tetap gerak atas bawah kiri kanan aja?
        >
        > Kalau soal kalibrasi, menurut video yang gak nemu lagi itu sih katanya gak sulit. Setelah beberapa kali juga bakal terbiasa dan bisa ngelakuin dgn cepat.
        >
        > Tapi itu sih katanya ya, soalnya saya juga belum pernah pegang teleskop, baru mau beli :) Kalau pengalaman mas Tri gimana?
        >
        > --- In astronomi_indonesia@yahoogroups.com, "Tri L. ASTRAATMADJA" <tri@> wrote:
        > >
        > > Halo Bung
        > >
        > > Kalau boleh, link video youtube-nya dishare di sini biar kita bisa sama2
        > > belajar.
        > >
        > > Mengenai keuntungan pemikul alt-azimuth, setau saya pengoperasiannya cukup
        > > sederhana karena gerakannya seperti meriam: atas--bawah dan putar
        > > kiri--kanan. Kerugiannya adalah sulit mengikuti gerak bintang, namun
        > > sekarang sepertinya sudah lebih mudah karena teknologi gerak motorik
        > > teleskop sudah lebih baik.
        > >
        > > Keuntungan pemikul ekuatorial adalah kemudahan mengikuti gerak bintang
        > > karena arah geraknya hanya satu sumbu saja yaitu sumbu sudut jam (hour
        > > angle) sementara sumbu deklinasi bisa dikunci. Kerugiannya adalah kalibrasi
        > > yang sulit karena teleskop harus diposisikan sedemikian rupa sehingga
        > > sejajar dengan sumbu rotasi Bumi.
        > >
        > > Semoga membantu.
        > >
        > > Salam
        > > -tri-
        > >
        > > 2013/3/31 goksplus <goksplus@>
        > >
        > > > **
        > > >
        > > >
        > > > Pak Kurnia, terima kasih atas tanggapannya.
        > > >
        > > > Soal pemikul ini ternyata agak susah dimengerti kalau hanya baca
        > > > penjelasan. Tapi setelah lihat video di youtube saya sudah mengerti harus
        > > > memilih yang mana :)
        > > >
        > > > Btw ini milis memang sunyi sepi ya..?
        > > >
        > > >
        > > >
        > > > --- In astronomi_indonesia@yahoogroups.com, kurnia.senohadi@ wrote:
        > > > >
        > > > > Di Indonesia ada toko khusus jualan teleskop di STC depan Sency
        > > > > Nama tokonya Prominence Scope House
        > > > > Mungkin ada bisa tanya-tanya juga ke pemiliknya Pak Winston krn beliau
        > > > cukup mengerti mengenai teleskop
        > > > > Sent from my BlackBerry®
        > > > > powered by Sinyal Kuat INDOSAT
        > > > >
        > > > > -----Original Message-----
        > > > > From: "goksplus" <goksplus@>
        > > > > Sender: astronomi_indonesia@yahoogroups.com
        > > > > Date: Thu, 28 Mar 2013 12:06:18
        > > > > To: <astronomi_indonesia@yahoogroups.com>
        > > > > Reply-To: astronomi_indonesia@yahoogroups.com
        > > > > Subject: [astronomi_indonesia] [ask] Pemikul altazimuth vs equatorial
        > > > >
        > > > > Sebelumnya saya sudah baca uraian berjudul Panduan Memilih Teleskop di
        > > > http://tech.groups.yahoo.com/group/astronomi_indonesia/message/939 tapi
        > > > belum menjawab kebingungan saya tentang dua jenis pemikul tersebut.
        > > > >
        > > > > Mungkin teman2 ada yang bisa menjelaskan bagaimana perbedaan keduanya
        > > > berdasar pengalaman di lapangan. Apa masalah/kerugian real yang akan kita
        > > > alami kalau pakai altazimuth (dibandingkan pakai equatorial)? Juga
        > > > sebaliknya apa masalah/kerugian real yang akan kita alami kalau pakai
        > > > equatorial (dibandingkan pakai altazimuth)?
        > > > >
        > > > > Ditunggu share pengalamannya.. Thanks :)
        > > > >
        > > >
        > > >
        > > >
        > >
        >
      • Tri L. ASTRAATMADJA
        Ya harap maklum saja karena email itu ditulis pada tahun 2005, ketika YouTube baru sebulan berdiri dan kecepatan internet belum secepat sekarang. Cara terbaik
        Message 3 of 5 , May 3 4:51 AM
          Ya harap maklum saja karena email itu ditulis pada tahun 2005, ketika YouTube baru sebulan berdiri dan kecepatan internet belum secepat sekarang. Cara terbaik untuk menjelaskan konsep2 secara elektronik masih dalam wujud tulisan.

          Syukurlah sekarang YouTube memudahkan proses belajar seseorang. Bagus kalau dishare di sini supaya kitorang juga bisa lebih update.

          Jaman dulu motor penggerak teleskop untuk pemikul Alt-Azimuth belum sebaik sekarang. Sekarang teleskop komersil dengan pemikul Alt-Azimuth sudah punya motor penggerak yang baik dan bisa mengikuti gerak langit dengan lebih halus.

          Salam
          -tri-


          2013/4/2 goksplus <goksplus@...>
           

          Makasi atas tambahannya mas. Saya udah ngerti kok setelah kemarin itu lihat2 video di youtube.. saya cuma mau bilang kalau bagi orang awam penjelasan tertulis tentang AZ-EQ akan sulit dipahami kecuali pegang langsung atau nonton video.

          Ow, jadi yang dimaksud mas Tri itu pemikul AZ yang pakai motor ya? Ngeh deh saya maksudnya. Mudah karena tidak digerakkan secara manual ya..

          Salam




        Your message has been successfully submitted and would be delivered to recipients shortly.