tanya planetarium jakarta

  • gilang farah
    Message 1 of 9 , Jun 1, 2012
      hai, gw gilang...
      salam kenal buatsemua
      gw baru banget nii...
      mau tanya info ttg planetarium jakarta
      apakah alat yang rusak sudah diperbaiki sesuai dengan pertanyaan anggota yang lalu?
      lalu apakah yang bisa kita liat di planetarium jakarta?
      thanks infonya..

      Intan Gilang Cempaka

      BPTP Jawa Tengah
      Bukit Tegalepek Kotak Pos 101
      Ungaran, Jawa Tengah 50501

      Message 2 of 9 , Jun 1, 2012
        Untuk transit Venus (dan mungkin juga gerhana Bulan) ada tim ke Atambua (NTT) dan Ambon.

        Budi

        gerhana bulan dan transit venus tinggal beberapa hari lagi. adakah yang sudah punya rencana pengamatan (khususnya yang dilengkapi dengan teleskop)? mohon dibagi infonya, pengamatannya di mana saja. terima kasih

        <*> Your email settings:
            Individual Email | Traditional

        <*> To change settings online go to:
            (Yahoo! ID required)

        <*> To change settings via email:
            astronomi_indonesia-digest@yahoogroups.com
            astronomi_indonesia-fullfeatured@yahoogroups.com

            http://docs.yahoo.com/info/terms/

      • Hanief Trihantoro
        Message 3 of 9 , Jun 1, 2012
          apakah yang rusak sudah diperbaiki? maaf, saya tidak tahu :D saya akan sedikit menjawab pertanyaan yang berikutnya:

          apa yang bisa kita lihat dari sebuah planetarium? secara sederhana, planetarium adalah bioskop langit. perbedaannya adalah planetarium memiliki layar berbentuk kulit setengah bola dan terletak di atas kepala penonton. jadi kita melihatnya harus agak mencondongkan badan ke belakang. yang kita lihat adalah simulasi langit lengkap dengan bintang-bintang, matahari, bulan, dll.

          kalau selama ini kita tinggal di sebuah kota besar, yang lingkungannya sangat terang oleh lampu-lampu penduduk dan gedung serta polusi udara yang parah, maka kita akan sulit melihat banyak bintang di langit. jadi kalau ingin tahu bagaimana keadaan langit kalau tanpa polusi udara dan polusi cahaya, datanglah ke planetarium dan saksikan simulasinya

          ------------------------------

          Message 4 of 9 , Jun 1, 2012
            terima kasih pak. bagaimana dengan yang di jakarta, jogja, solo, dan lainnya, ada yang punya infonya?

            ------------------------------

          • Mutoha
            Message 5 of 9 , Jun 2, 2012
              Rencana Pengamatan di Jogja :
              Jogja Astro Club (JAC)

              GBS 4 Juni 2012 :
              Tempat : Alun-alun Utara Yogyakarta
              Waktu : 17.00-19.00 WIB
              Teleskop : 4 Unit
              Binokuler : 2 Unit
              Free Public Observation

              Transit Venus 6 Juni 2012
              Tempat : Kompleks Markas JAC
              Waktu : 09.00-12.00 WIB
              Teleskop : 5 Unit (3 solar filter + 2 projection) (1 imaging, 4 viewing)
              Binokuler : 2 unit (solar filter+projection)
              Eclipse Shaders (kacamata) : 20 unit
              Free Public Viewing

              Demikian sekilas info.

              Salam,
              Mutoha Arkanuddin

> [...]

              On Fri, Jun 1, 2012 3:16 PM SGT Budi Dermawan wrote:

              >Untuk transit Venus (dan mungkin juga gerhana Bulan) ada tim ke Atambua (NTT) dan Ambon.

            • Amanda Nizami
              Message 6 of 9 , Jun 3, 2012
                Yang pengamatan di Jakarta dan sekitarnya ada dimana ya? Apa ada rencana ngumpul di pLanetarium jakarta?

                Message 7 of 9 , Jun 4, 2012
                  temans terima kasih informasinya..
                  mau tanya lagi.planetarium hari libur atau minggu buka

                • USMAN SETIYANTO
                  Message 8 of 9 , Jun 5, 2012
                    apa betul ada hubungan gerhana bulan dgn gempa di Sukabumi?

                    Dari: Amanda Nizami <amanda17imhoet@...>
                    Kepada: "astronomi_indonesia@yahoogroups.com" <astronomi_indonesia@yahoogroups.com>
                    Dikirim: Senin, 4 Juni 2012 9:18
                    Judul: Re: [astronomi_indonesia] pengamatan gerhana bulan dan transit venus