Re: [astronomi_indonesia] lebih cepat dari cahaya

  • Iggy Budiman
    Message 1 of 15 , Oct 4, 2011
      On 09/29/2011 01:10 PM, Amanda Nizami wrote:
      11 dimensi?? wow..pak Anton bisa tolong kasih tau apa saja itu? seru nih ngebahas yg gini
      salam
      AndreCNCrouter - bandung

      Numpang jawab, setelah ambil kesimpulan dari pendapat2 Dr. Michio Kaku, Max Tegmark, Brian Greene, Stephen Hawking & Edward Wilten :
       Dimensi tidak hanya 4 - 11, bisa lebih sesuai "mengembangnya" alam dalam teori big bang (seperti kulit bawang, berlapis)

      Tergantung juga, menganut aliran mana, string theory? 10 dimensi (super symmetry), m-theory? 11d. Quantum physics? infinite dimensions. Masih ada aliran-aliran lain.

      IMHO:

      Kalau yang diceritakan bahwa neutrino tersebut menyebrangi dimensi lain yang memotong jarak sehingga mempersingkat waktu, sepertinya dia melewati fold dimension (dimensi ke-6). Tapi menurut saya kemungkinan itu sulit terjadi karena kemungkinan neutrino tsb bisa menyeberang (mendapatkan) kembali ke dimensi yang sama dia berasal belum bisa terjadi. Karena harus ada kontrol lalu lintas dimensi untuk memastikan dia bisa mendapatkan dimensi yang sama dengan asalnya. Lah mau ke dimensi lain saja masih dipertanyakan, mau mengembalikan neutrino-nya balik ke dimensi kita apa sudah bisa?

      Kalau dia neutrino tersebut menyeberangi dimensi spacetime (waktu & tempat) (4) yang masih sifatnya masih serial, itu sepertinya masih lebih memungkinkan, karena dia hanya potong jalan melewati entah waktu atau tempatnya. Tapi masih dilakukan kita (entity) yang sama.

      Tapi kalau dia memang secara fisik bergerak melebihi kecepatan cahaya, kalau menurut Einstein maka partikel itu akan berusia lebih muda dari yang seharusnya.

      salam
      -iggy
    • satriyo

        Message 3 of 15 , Oct 5, 2011
> [...]
          >
          > Tapi kalau dia memang secara fisik bergerak melebihi kecepatan cahaya,
          > kalau menurut Einstein maka partikel itu akan berusia lebih muda dari

          IMHO lagi, tambahan lagi :
          Kalau neutrino tersebut menyeberangi waktu, maka neutrino tersebut malah lebih tua dari neutrino yang dilepaskan karena yang kembali adalah neutrino yang dilepaskan sebelum kejadiannya, dan neutrino yang kita kirimkan akan muncul pada vektor dimensi 4 yang akan datang.

          Tapi kalau kejadiannya neutrino menembus dimensi 4, bisa jadi secara fisik dia tidak secepat yang diperkirakan, hanya tiba lebih awal, potong waktu.

          Kalau ternyata neutrino tersebut bergerak secara fisik dalam dimensi yang sama, dan perhitungannya ternyata (nantinya) benar, maka neutrino tersebut memang bergerak malampaui cahaya, dan berumur lebih muda dari seharusnya.

          salam
          -iggy
        • Amanda Nizami
          Message 4 of 15 , Oct 5, 2011

[...]
            anton wiliam wrote :
            Neutrino gak ada hubungan dengan graviton. Trus kalau bener neutrino melintas lebih cepat daripada cahaya maka dipastikan partikel ini melanggar teori relativitas khusus yang menepis kemungkinan partikel bisa melampaui kecepatan cahaya.

            Mau jawab ah : (mengutip salah satu blog -- mohon maaf saya lupa namanya )

            Teori string mengalami kendala besar, yaitu terdapat anomali pada perhitungan atau persamaan matematisnya. pertama teori string melibatkan sebuah partikel bermassa nol dan partikel tachyon, yaitu partikel yang bergerak lebih cepat dari kecepatan cahaya. (Dan persamaan dengan neutrino) bahwa teori relativitas tidak membenarkan adanya obyek yang bergerak melebihi kecepatan cahaya. Teori string turun pamor.

            Michael B. Green dari Cambridge University bergabung dengan Schwarz untuk mengkaji dan membedah persamaan matematis teori string ini lebih dalam. Di tahun 1984 mereka berhasil meniadakan anomali tersebut. Mereka menemukan partikel aneh yang menjadi momok teori ini. Dalam hal ini mereka meyebutkan bahwa partikel aneh ini adalah graviton yaitu partikel forsa gravitasi.

            Jadi saya tambah bingung kalo graviton dibilang gak ada hubungan sama neutrino. Padahal mereka mempunyai kemiripan, yaitu bergerak melebihi kecepatan cahaya.

            Selain itu graviton adalah satu-satunya partikel saat itu yang diyakini bebas bergerak ke membrane/dimensi lain. Sebelum ditemukan neutrino.

            sumber :
            www.mkaku.org
            www.sciam.com

            Mohon penjelasan atas ketidak pahaman saya. Terima kasih

          • Edwards
            Message 5 of 15 , Oct 5, 2011
              Graviton, seperti halnya tachyon, sifatnya hipotetis. Aneh kalau di kutipan itu ditulisnya "mereka menemukan partikel bla bla". Kalaupun graviton ada, dia adalah partikel "pembawa" gravitasi. Tentu saja tak ada kaitannya dengan neutrino, sebab ia berbeda sama sekali dengan neutrino. boleh saja sama2 melebih kec. cahaya, tapi ibarat istilah mobil bertenaga 10 HP (horse power), kan gak ada hubungan antara mobil itu dengan kuda.

              _

              --
              The hardest part was letting go not taking part
              Coldplay - The Hardest Part

              Edwards Taufiqurrahman
              http://www.edskywalker.co.cc