Kisah pemilik kebun

  • Faidzin Firdhaus
    Message 1 of 1 , Aug 4, 2011
      Saya lagi baca-baca arsip-arsip lama milis. Menarik juga membaca penjelasan ilmiah mengenai kejadian atau mukjizat keagamaan. Seperti misalnya penghancuran tentara gajah oleh batu-batu api, bulan terbelah dan lain sebagainya.

      Namun saya melihat sepertinya belum ada penjelasan ilmiah mengenai suatu peristiwa yang juga tercatat dalam Al Qur'an, yaitu Kisah Pemilik Kebun. Kisah ini tercatat di Surat Al Qolam ayat 17 sampai 33. Intinya adalah kisah pemilik kebun yang melupakan hak fakir miskin atas hasil kebun mereka. Pada suatu pagi mereka hendak memanen hasil kebun mereka. Tapi ternyata kebun mereka telah musnah dalam satu malam, meninggalkan jejak hitam (arang?) yang gelap seperti malam gulita.
      Al Qur'an menyebut malapetaka itu sebagai "Malapetaka dari Tuhanmu".

      Apakah ada yang bisa memberi alternatif penjelasan ilmiah apa saja yang mungkin bisa menjelaskan peristiwa hancurnya kebun tersebut? Apakah bisa disamakan dengan peristiwa Tunguska namun dalam skala lebih kecil?

      Pak Ma'rufin, nih, yang biasanya rajin memberikan penjelasannya. Tapi yang lain juga silakan.

      Faidzin