Tanya Soal Astronomi

  • Rifqi Dewangga
    Message 1 of 4 , Mar 31, 2011
      Assalamualaikum, sebelumnya salam kenal saya anggota baru di milis ini,
      saya mau menanyakan penyelesaian dari soal ini

      20. Callisto yang merupakan bulannya planet jupiter. mengedari planet jupiter pada jarak 1,88 juta km dan dengan periode 16,7 hari. apabila masa callisto diabaikan, karena jauh lebih kecil daripada masa jupiter. maka masa planet jupiter adalah ?
      a. 10,35 x 10^-4 massa matahari
      b. 9,35 x 10^-4 massa matahari
      c. 8,35 x 10^-4 massa matahari
      d. 7,35 x 10^-4 massa matahari
      e. 6,35 x 10^-4 massa matahari

      soal itu didapat dari soal seleksi olimpiade astronomi kota/kabupaten tahun 2009

      mohon pencerahannya
      wassalamualaikum.
    • Mariano Nathanael
      Message 2 of 4 , Apr 1, 2011

        Pake rumus v orbital aja :

        V orb = 2.pi.R/T = akar(G.M/R)

        Message 3 of 4 , Apr 10, 2011
          bisa di jelasin agak detail ga bro ? kalo pake rumus ini ?

          --- In astronomi_indonesia@yahoogroups.com, "Mariano Nathanael" <mariano_nathanael@...> wrote:

          > Pake rumus v orbital aja :
          >

          > V orb = 2.pi.R/T = akar(G.M/R)

        • Mariano Nathanael
          Message 4 of 4 , Apr 11, 2011

            Rumus v orbital adalah rumus untuk menentukan kecepatan benda yang mengorbit benda lain, dimana benda yang mengorbit tersebut massanya jauh lebih kecil dibandingkan massa benda yang diorbit. Rumus ini sebenarnya dalah penurunan dari rumus Hukum Kepler III yang diterangkan oleh Mas Sunkar sebelumnya.

            Coba deh otak-atik rumus kepler 3 dengan menghilangkan M2 (maksudnya massa benda yang mengorbit diabaikan) dan kecepatan orbit benda dianggap lingkaran sehingga v = 2.pi.R/T dengan R adalah jarak benda yang mengorbit ke pusat lingkaran dan T adalah periode orbit. Pasti rumus v orbitalnya bisa ketemu