Bintang Semu

  • lhaw-lhaw Casuta
    Message 1 of 4 , Sep 2, 2010
      mo naxk ne.. bntang yg qta lhat i2 bner g lok da lwat brjuta2 thun yg lalu... lok bner truz pra ilmwant yg mlakukant pnelitiant bntang i2 brati yg d tliti hanya bntang smu ja dunk??

    • astronomi_indonesia-owner@yahoogroups.com
      Message 2 of 4 , Sep 3, 2010
        terjemahan bebas moderator: mau nanya nih. bintang yang kita lihat itu
        bener ga kalau sudah lewat berjuta-juta tahun yang lalu? kalau bener,
        terus para ilmuwan yang melakukan penelitian bintang itu berarti yang di
        teliti hanya bintang semu aja dong?

        pengingat dari moderator, terutama untuk anggota yang baru masuk milis:
        dalam menyampaikan pesan, tolong gunakan bahasa yang mudah dimengerti
        bagi semua orang. harap diingat bahwa tidak semua member milis ini
        mengerti gaya bahasa tulisan seperti itu. gaya tulisan yang sulit
        dimengerti hanya akan menghambat munculnya respon dari anggota yang
        lain.

        --- In astronomi_indonesia@yahoogroups.com, lhaw-lhaw Casuta
        <lhaw_lhaw_casuta@...> wrote:

        > mo naxk ne.. bntang yg qta lhat i2 bner g lok da lwat brjuta2 thun yg
        lalu... lok bner truz pra ilmwant yg mlakukant pnelitiant bntang i2
        brati yg d tliti hanya bntang smu ja dunk??

      • yohanes rachmadi
        Message 3 of 4 , Sep 5, 2010
          setuju pak Moderator..dan jangan bosan2 mengingatkan kita semua di sini.
          dan juga hal hal yg sangat ilmiah bila perlu dibahasakan dlm bentuk awam saja,
          agar  dari kalangan non akademis sperti saya bisa lebih menikmati bidang asronomi.
          trima kasih.

          Dari: astronomi_indonesia-owner@yahoogroups.com <astronomi_indonesia-owner@yahoogroups.com>
          Judul: [astronomi_indonesia] Re: Bintang Semu
          Kepada: astronomi_indonesia@yahoogroups.com
          Tanggal: Jumat, 3 September, 2010, 10:34 PM

          <lhaw_lhaw_casuta@...> wrote:

          > mo naxk ne.. bntang yg qta lhat i2 bner g lok da lwat brjuta2 thun yg
          lalu... lok bner truz pra ilmwant yg mlakukant pnelitiant bntang i2
          brati yg d tliti hanya bntang smu ja dunk??

        • Tri Laksmana
          Message 4 of 4 , Sep 9, 2010
            Berhubung sudah ada terjemahannya, saya pikir saya memahami pertanyaannya.

            Pertanyaannya menarik dan sebenarnya ini adalah konsekuensi dari penempatan kecepatan cahaya (dalam ruang hampa) sebagai sebuah besaran invarian, i.e. tidak berubah nilainya dilihat dari kerangka acuan manapun. Prinsip relativitas juga mengatakan bahwa objek apapun tidak boleh bergerak lebih cepat dari kecepatan cahaya (di ruang hampa) kalau tidak kausalitas akan dilanggar.

            Cahaya bergerak dengan kecepatan cahaya, kira-kira 30 cm dalam waktu sepersemilyar detik. Namun ruang antar bintang sangat besar. Jarak menuju bintang paling dekat, misalnya, adalah 40 trilyun kilometer. Berkas cahaya dari bintang paling dekat ini butuh waktu kira-kira 4 tahun 3 bulan untuk mencapai matahari.

            Dengan demikian, bila kita mengamati bintang ini dengan teleskop, maka informasi yang kita peroleh adalah informasi 4 tahun 3 bulan lalu.

            Hal ini terjadi pula untuk objek-objek yang jauh. Cahaya dari Galaksi Andromeda butuh waktu kira-kira 2 juta tahun untuk mencapai Bumi kita. Jadi apa yang kita amati sekarang sebenarnya adalah kejadian 2 juta tahun lalu.

            Itulah sebabnya banyak dikembangkan teleskop yang peka cahaya untuk mengamati objek-objek terjauh (e.g. jarak Milyaran tahun cahaya) sehingga kita tahu apa yang terjadi di masa lalu.

            Salam,
            -tri-