Mars

  • goteng
    Message 1 of 7 , Aug 5, 2003
      Halo teman2 yg di Indo, gimana nih observasi Marsnya?
      Tanggal 3 Agustus yg lalu, saya sempat mengambil foto Mars melalui
      teleskop 5 inch dan camera computer saya. Kira2 setiap 5-10 menit
      dlm jangka waktu total 1 jam saya mengambil foto Mars, lalu hasilnya
      saya buat animasi.

      Animasinya dapat dilihat "Files" section milis kita (nama filenya
      animation.gif), atau di link ini:
      http://tinyurl.com/j1cz

      Daerah permukaan Mars yg memanjang dari kiri ke tengah2 kalah tidak
      salah namanya adalah Sinus Sabaeus dan Sinus Meridiani. Dan Tentu
      saja yg sangat menarik adalah daerah kutub selatan (di bagian atas
      dari sudut pandang kita).

      Bagi yg tertarik utk mengidentifikasi daerah2 di permukaan Mars,
      silahkan lihat ke link dibawah ini:

      http://mars.jpl.nasa.gov/MPF/mpf/marswatch/marsnom.html

      clear skies,

      Jeff
    • Ferry M. Simatupang
      Message 2 of 7 , Aug 5, 2003
> [...]
        > teleskop 5 inch dan camera computer saya. Kira2
        > setiap 5-10 menit
        > dlm jangka waktu total 1 jam saya mengambil foto

        keren euy. itu ngmbilnya pake webcam?

        =====
        salam,

        ferry m simatupang
        http://sitebuilder.yahoo.com
      • goteng
        Message 3 of 7 , Aug 5, 2003
          Makasih Mas Ferry,

          Iya tuh fotonya diambil pake webcam. Lumayan murah meriah dan webcam
          punya kelebihan atas CCD camera profesional, soalnya dgn webcam,
          kita bisa merekam banyak foto per detik, lumayan efektif utk
          mengatasi masalah atmospheric turbulence.

          Jeff

          --- In astro_indonesia@yahoogroups.com, "Ferry M. Simatupang"

        • Miyamoto Musashi
          Message 4 of 7 , Aug 6, 2003
            Beberapa hari yang lalu saya ikut motret Mars dengan menggunakan astrovid di Zeis & hasilnya wah cantik.
            Saya kira lebih cantik dibanding dengan image yang dihasilkan ST-6 yang memang sering dipakai di Zeis.
            Waktu itu saya sama Mas Irfan motret selama 10 detik, padahal 1 detik ada sekitar 25 frame,
            25 frame ini ditumpuk menghasilkan citra yang jernih, lebih jernih dari yang dihasilkan ST-6 yang pernah saya potret.
            Waktu seminar Report Awal Mars di Bosscha, memang untuk amatir disarankan menggunakan webbcam yang murah meriah tapi bisa
            menghasilkan citra yang cukup jernih, saya sendiri pengen tahu hasilnya, tapi koq gak bisa ngeling sih :)
            Mars

            <fmsimatupang@y...> wrote:

            > keren euy. itu ngmbilnya pake webcam?
            >
            > =====
            > salam,
            >
            > ferry m simatupang

            Get advanced SPAM filtering on Webmail or POP Mail ... Get Lycos Mail!
            Login To Lycos Mail
          • Ferry M. Simatupang
            Message 5 of 7 , Aug 6, 2003
              > Beberapa hari yang lalu saya ikut motret Mars dengan
              > menggunakan astrovid di Zeis & hasilnya wah cantik.
              > Saya kira lebih cantik dibanding dengan image yang
              > dihasilkan ST-6 yang memang sering dipakai di Zeis.

              ikutan pengamatan mars di bosscha ya? trus astrovidnya
              itu yang punya-nya pak dhani?

              bisa bagi-bagi contoh hasil pemotretannya?

              =====
              salam,

              ferry m simatupang
              http://sitebuilder.yahoo.com
            • Miyamoto Musashi
              Message 6 of 7 , Aug 6, 2003

                eh.. bang Feri lagi On Line yach? Bener astrovidnya Pak dhani. wah sayang tuh saya gak sempat ngopi. minta ke mas Irfan langsung aja kali ya :-). Tapi aku coba minta ke Mas Hendro deh, kali aja beliaunya lagi OL juga

                Mars

                Message 7 of 7 , Aug 6, 2003
                  Yup, sebenernya kelebihan webcam itu kemampuan utk merekam banyak
                  frame di waktu yg singkat, makanya ada istilah "kemampuan utk
                  mengalahkan kondisi atmosfir yg jelek", soalnya dari sekian banyak
                  frame yg kita rekam (biasanya saya rekam 900 frames dlm 1 menit)
                  kita bisa memilih bbrp ratus yg menampilkan figur/detail yg jelas.

                  Itu animasi Mars saya terdiri dari 11 individual frame, dan masing2
                  individual frame nya hasil dari kira2x 250 frames ditumpuk menjadi
                  satu. Dgn menumpuk banyak frame kita akan mengurangi SNR (signal to
                  noise) ratio, jadi quality foto nya akan menjadi lebih bagus
                  (fotonya akan lebih tahan banting alias bisa diproses lebih dalam).
                  Kira2 2 atau 3 menit tidak akan menampilkan efek rotasi Mars di
                  fotonya.

                  Setelah ditumpuk, saya proses fotonya memakai fitur2 di Adobe
                  Photoshop utk menampilkan detail di permukaan Mars.

                  Ngomong2, maaf nih, "ngeling" itu apa ya? hehehe.. :)
                  Saya juga tertarik utk melihat foto2 Mars hasil observasi dari
                  Bosscha nih.

                  Jeff

                  --- In astro_indonesia@yahoogroups.com, "Miyamoto Musashi" <simmen-
                  munisai@l...> wrote:
> [...]
                  > menghasilkan citra yang cukup jernih, saya sendiri pengen tahu
                  hasilnya, tapi koq gak bisa ngeling sih :)

                  Service.